Jangan Sembarangan, Ini Dia Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Traveling ke Singapura

Singapura merupakan salah satu destinasi wisata favorit wisatawan Indonesia. Negara yang terkenal dengan patung Merlion tersebut juga kerap menjadi pilihan orang Indonesia yang baru pertama kali traveling ke luar negeri. Selain jaraknya yang dekat, untuk bisa pergi ke Singapura juga hanya perlu membawa paspor.

Sebagai destinasi wisata populer, ternyata Singapura juga dikenal sebagai salah satu negara yang banyak aturan lho! Apabila kamu perhatikan, banyak larangan yang menurut kamu aneh untuk diterapkan di Singapura. Tujuannya untuk menjaga Singapura agar tetap bersih dan tertib.

Penasaran dengan larangan-larangan yang diterapkan di Singapura? Mari simak beberapa hal berikut yang tidak boleh dilakukan saat traveling ke Singapura.

Dilarang Meludah Sembarangan

article image

Image source: phinemo.com

Di Indonesia kamu mungkin sering melihat orang meludah di pinggir jalan atau di tempat umum. Nah, lain halnya di Singapura di mana sebaiknya jangan coba-coba meludah sembarangan saat berada di negara tersebut.

Di Singapura terdapat larangan untuk meludah sembarangan. Apabila ketahuan, seorang pelanggar akan dikenakan denda hingga SGD 1000 atau setara dengan Rp 10 juta. Wow, mahal juga ya?

Tidak Menyiram Toilet? Siap-Siap Kena Denda

article image

Image source: republika.co.id

Saat memakai toilet umum di Singapura, jangan lupa untuk menyiram toilet ya! Ingatlah untuk selalu menyiram toilet. Kalau sampai lupa kamu akan dikenakan denda hingga SGD 500 lho. Kamu enggak mau kan harus bayar denda hanya gara-gara lupa menyiram toilet?

Jangan Asal Menyeberang Jalan

article image

Image source: yuniarinukti.com

Di Indonesia mungkin kita cenderung bebas menyeberang jalan di mana saja. Nah kalau di Singapura, kita harus menyeberang di zebra cross dengan cara menekan lampu penyeberang jalan. Tunggulah sampai lampu hijau menyala, barulah boleh kita menyeberang.

Kita bisa saja menyeberang saat tidak ada kendaraan yang lewat sama sekali. Namun kalau ketahuan, kita bisa dikenakan denda sebesar SGD 500 lho. Jadi walaupun jalanan sepi, kita harus tetap mengikuti aturan menyeberang jalan.

Dilarang Mengunyah Permen Karet

article image

Image source: kawaiibeautyjapan.com

Apakah kamu suka mengunyah permen karet? Jika iya, tolong diingat bahwa kamu tidak boleh mengunyah permen karet saat berada di Singapura. Ternyata permen karet dilarang di Singapura, seseorang tidak boleh menjual, membuat, mengimpor dan mengonsumsi permen karet.

Larangan ini diterapkan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Kamu hanya akan menemukan permen karet kesehatan di apotik di Singapura. Kalau nekat mengunyah permen karet siap-siap deh kena denda SGD 100 atau setara Rp 1 juta.

Hati-Hati Menggunakan WIFI dari Koneksi Tak Dikenal

article image

Image source: sultrakini.com

Apabila kamu tidak sengaja menangkap koneksi internet tak dikenal saat berada di Singapura jangan senang dulu, apalagi buru-buru menyambungkannya ke perangkat kamu. Tahukah kamu bahwa tindakan tersebut dianggap sebagai tindakan hacking di Singapura.

Dengan kata lain kamu bisa dituduh mencuri WIFI. Kalau ketahuan dendanya juga tidak tanggung-tanggung, kamu harus membayar sebesar SGD 1000!

Dilarang Memberi Makan Merpati

article image

Image source: guideku.com

Di beberapa spot di Singapura kamu bisa melihat merpati liat yang berkumpul. Kalau kebetulan melihatnya, jangan sekali-sekali memberikan kumpulan merpati itu makan ya!
Di Singapura terdapat larangan untuk memberi makan merpati. Kalau ketahuan memberi makan, seseorang bisa dikenakan denda sebesar SGD 500. Jadi cukup dinikmati saja ya pemandangan sekumpulan merpati cantik ini.

Aturan ini juga berlaku untuk hewan lainnya seperti tupai dan monyet untuk mencegah mereka agar tidak kebiasaan meminta pada manusia. Makanan yang diberikan manusia juga belum tentu cocok untuk mereka.

Di mana pun Kamu Berada, Jangan Buang Sampah Sembarangan

article image

Image source: tripzilla.id

Nah aturan yang satu ini sepertinya harus diterapkan di mana pun kita berada. Di Singapura, apabila ketahuan buang sampah sembarangan akan dikenakan denda sebesar SGD 300 - 1000. Apabila tidak sengaja menjatuhkan sampah, kamu akan tetap didenda sebesar SGD 200.

Saat membuang sampah pun, kamu harus memilahnya sesuai jenis sampah. Tempat sampah di Singapura umumnya memisahkan sampah yang bisa didaur ulang dan yang tidak.

Jangan Merokok Sembarangan

article image

Image source: singaporeguidebook.com

Kamu tidak boleh merokok di sembarang tempat saat berada di Singapura. Jika ingin merokok sebaiknya lihat dulu apakah ada tanda larangan merokok karena kamu tidak boleh merokok di zona bebas rokok. Kalau ketahuan melanggar, kamu akan dikenakan denda hingga SGD 1000.

Memang agak sulit merokok di Singapura. Hampir tidak ada sudut kota Singapura yang bisa dipakai untuk tempat merokok. Hal tersebut tidak hanya berlaku di tempat umum saja lho, tetapi juga hampir di semua penginapan di Singapura.

Penggemar Durian Sebaiknya Hati-Hati

article image

Image source: republika.com

Di Singapura, durian tidak dijual di sembarang tempat misalnya di pinggir jalan seperti halnya di Indonesia. Durian juga tidak boleh dibawa naik ke angkutan umum seperti MRT dan bus. Kalau kamu mau beli durian di Singapura, kamu harus antre di toko buah dan langsung makan di tempat yang menjual durian.

Tidak Boleh Berenang saat Cuaca Mendung

article image

Image source: twistedsifter.com

Jika cuaca di Singapura sedang mendung, sebaiknya kamu mengurungkan niat untuk berenang. Petugas tidak akan memberikan izin untuk berenang. Hal ini disebabkan pemerintah Singapura sangat memperhatikan keselamatan warga agar terhindar dari sambaran petir.

Mereka memasang lampu petir di kolam renang atau lightning alarm yang akan berbunyi sebagai tanda kamu harus keluar dari kolam renang. Walaupun hanya sedikit awan mendung, petugas tidak akan memberikan izin berenang sampai awan mendung hilang.

Mau ke Singapura? Atur saja perjalanan kamu dengan agen travel terpercaya di bawah ini:

Brands


Nah itu tadi beberapa peraturan yang harus kamu perhatikan saat traveling ke Singapura. Jangan sekali-sekali melakukan hal tadi kalau tidak ingin dikenakan sanksi. Cek terus Gotomalls.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Selain itu Gotomalls juga menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: travelingyuk.com