6 Tips Memilih Hewan Kurban Menjelang Hari Raya Idul Adha 2019

Tidak lama lagi, umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1440 H yang jatuh pada 11 Agustus 2019 mendatang. Beragam persiapan pun mulai dilakukan salah satunya adalah membeli hewan kurban. Bahkan mendekati hari besar umat Islam tersebut, pedagang ternak pun mulai terlihat memenuhi pinggiran jalan. Hewan kurban, secara umum hewan yang akan dikurbankan haruslah halal dan sehat secara fisik. Namun makin banyak penjual yang kamu temui, maka akan makin membingungkan juga untuk memilihnya. Untuk itu kamu perlu tahu tips memilih hewan kurban yang baik.

Syarat Umum

article image

Image source: selasar.com

Hewan kurban haruslah hewan ternak yang telah memenuhi ketentuan menurut Islam. Seperti unta, kambing, sapi, domba, dan kerbau. Hewan tersebut juga harus memenuhi syarat umur. Untuk kambing dan domba setidaknya telah berumur 12 - 18 bulan, sapi dan kerbau 22 bulan, sedangkan untuk minimal berumur 5 tahun. Namun, bagaimana mengetahui usia hewan tanpa tahu seluk beluknya? Gampang! Kamu bisa mengetahuinya melalui catatan kelahiran ternak dari sang pemilik hewan. Kamu pun dapat mengeceknya secara pribadi dengan cara melihat gigi hewan. Apabila gigi susu hewan tersebut telah tanggal (gigi susu baik atas mau pun bawah yang ada di depan) itu berarti hewan ternak telah memiliki umur yang pas. Karakter gigi susu memiliki bentuk yang lebih kecil dan runcing sedangkan gigi tetap hasil pergantian gigi susu memiliki ukuran lebih besar dan rata.

Hewan Kurban Harus Sehat

article image

Image source: jawapos.com

Sudah pasti hewan kurban haruslah hewan ternak yang sehat dan tidak memiliki tanda-tanda sakit. Misalnya saja demam, kudis, dan sebagainya. Kamu juga bisa memperhatikan dari bagian hidung mau pun warna bulunya. Jika terlihat kusam bisa jadi hewan tersebut tidak sedang sakit atau tidak terlalu sehat. Pastikan juga, hewan ternak tersebut tidak cacat atau buta sebelah. Kamu bisa melihat dari testis hewan haruslah yang masih utuh sepasang, daun telinga yang terlihat bagus dan utuh, tanduk yang tak patah, kaki tidak pincang, dan mata tidak buta.

Jika hewan memiliki kelainan seperti itu maka hewan yang dipotong tersebut tidak akan sah sebagai hewan kurban. Sapi yang cuping hidungnya basah (bukan flu), bulu bersih mengkilap, nafas dan detak jantung normal, lubang kumlah (hidung, mulut dan anus) bersih berwarna merah muda adalah hewan kurban terbaik. Hewan yang bersih juga terlihat dari bagian matanya. Jika kelopak matanya berwarna pucat kuning maka itu bukanlah hewan terbaik. Yang baik adalah yang memiliki kelopak mata berwarna merah muda.

Nafsu Makan Baik

article image

Image source: radarbandung.id

Perhatikan juga nafsu makan hewan kurbannya. Pastikan jika hewan ternak tersebut memiliki nafsu makan yang baik, lincah, dan matanya bersinar. Tak ada salahnya kamu menanyakan tentang Surat Kesehatan Hewan untuk memastikan jika ternak tersebut memiliki riwayat kesehatan dan nafsu makan yang baik pula.

Porsi Tubuh

article image

Image source: Jakarta.bisnis.com

Bukan berarti harus membeli hewan kurban yang memiliki ukuran besar. Soal ukuran bisa kamu tentukan sendiri berdasarkan kemampuanmu. Karena semakin berat hewannya, maka akan semakin mahal pula harga yang ditawarkan penjual. Akan lebih berguna jika kamu memperhatikan postur hewannya. Pilihlah hewan kurban dengan postur tulang punggung yang relatif rata, tanduknya seimbang, serta keempat kakinya harus simetris, pun posturnya harus ideal.

Yang di maksud ideal adalah kombinasi antara perut, kaki depan dan belakang, kepala, dan leher yang seimbang. Bagian anusnya pun juga perlu kamu perhatikan. Lihatlah dengan benar bagian anusnya dan warnanya. Jika terlihat kotor bisa jadi hewan tersebut sedang mengalami diare. Hanya pilih hewan yang benar-benar sehat untuk mendapatkan kesempurnaan kurban.

Kamu juga bisa langsung berkurban melalui dompet dhuafa, mudah dan praktis.

Kambing Premium

article image

Beli Sekarang

Tempat Membeli

article image

Image source: ayobandung.com

Mengapa tempat membeli hewan kurban juga perlu dipertimbangkan? Apabila kamu membeli hewan kurban di tempat yang dekat dengan pembuangan sampah mungkin saja ternak berpotensi memakan atau tercemar kotoran. Jika tidak diawasi dengan seksama, kemungkinan hewan ternak juga akan mengonsumsi sampah yang dapat membahayakan kesehatannya. Ada baiknya memilih hewan kurban yang dijual di tempat bersih dan jauh dari polusi udara. Hal tersebut juga mempengaruhi tingkat kestresan yang dialami oleh hewan ternak.

Sesuaikan dengan Kantong

article image

Image source: kompas.com

Seperti halnya haji, membeli hewan kurban pun juga tak perlu dipaksakan. Belilah hewan kurban sesuai dengan kemampuan keuangan kamu. Karena sejatinya, berkurban bukan suatu keterpaksaan tapi lebih pada keikhlasan dan kerelaan umat yang mampu.


Nah, itu tadi enam tips yang bisa kamu lakukan sebelum membeli hewan kurban. Selain menilik 5 tips di atas, kamu juga perlu mempelajari cara pembagian hewan kurbannya. Dalam aturan Islam, pembagian daging bisanya dibagi 1/3 untuk pemilik hewan kurban, 1/3 lagi untuk disedekahkan, dan 1/3 sisanya diberikan untuk orang lain. Berkurban merupakan wujud syukur kita kepada Sang Pencipta yang telah memberikan rezeki lebih. Dengan berkurban maka kamu telah menjalankan ajaran Nabi Ibrahim dan Ismail yang ikhlas menjalankan perintah Allah. Sudahkah kamu siap berkurban tahun ini?

Selain informasi menarik di atas, kamu juga bisa mengakses GoToMalls yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Mall

featured image source: koinworks.com