Sejarah Mall di Indonesia

Siapa sih yang nggak pernah main ke mall? Dari sekedar menghabiskan waktu luang, berbelanja, makan, jalan-jalan, family atau quality time bareng teman-teman pasti sering deh ke mall. Namun sebenarnya apa sih mall itu dan kenapa bisa ya sampai di Indonesia?

Nah ternyata, istilah mall sendiri berasal dari bahasa Perancis ‘maille’ yang berarti palu kayu dengan tangkai panjang. Maille ini digunakan untuk memukul bola dalam permainan kroket. Lho apa hubungannya antara palu dan berbelanja? Dahulu kala di negara-negara Eropa seperti Itali, Inggris, dan Perancis terdapat sebuah permainan sejenis kroket yang disebut ‘palle maille‘. Permainan ini dimainkan di lorong-lorong atau jalanan sepi yang tidak dilewati kendaraan. Orang-orang kemudian mulai menyebut jalanan untuk bermain sebagai ‘pall malls‘.

article image

image credit: pinterest

Para pengusaha bisnis di sekitar daerah itu kemudian mulai menyadari bahwa para pemain dan penontonnya mungkin akan membeli sesuatu untuk dimakan atau diminum setelah pertandingan. Para pengusaha itu pun memutuskan untuk membuka toko di sepanjang tepi ‘pall malls‘. Akhirnya semakin banyak toko yang buka disepanjang jalan seiring dengan berjalannya waktu. Lama-kelamaan, permainan itu tidak dimainkan lagi, akan tetapi orang-orang masih senang berkunjung di toko toko tersebut.

Mulai dari situlah mall menjadi sebutan untuk pusat perbelanjaan. Lalu seiring perkembangan jaman munculah mall-mall di Indonesia. Ada 3 mall yang paling tua di Indonesia. Apa aja? Cek di bawah ini!

Sarinah

article image

image credit: youtube

Sarinah adalah mall pertama yang ada di Indonesia. Ini adalah pusat perbelanjaan yang terletak di Menteng kota Jakarta dibangun tahun 1963 dan diresmikan tahun 1967 oleh Presiden Soekarno. Nama Sarinah digagas oleh Presiden Soekarno sendiri, yang mana Sarinah adalah nama pengasuh Presiden Soekarno di waktu kecil.

Cek juga artikel lainnya seputar mall di bawah ini:

Articles

Gajah Mada Plaza

article image

image credit: youtube

Gajah Mada Plaza atau yang populer dengan sebutan GM merupakan salah satu pusat perbelanjaan lain di kota Jakarta yang cukup terkenal di tahun 1980-an dan 1990-an. Pada masanya, GM adalah mall paling megah di kawasan Jakarta Pusat. GM dikelilingi gedung-gedung perkantoran yang menjulang tinggi dan zaman dulu, saat orang-orang datang ke Jakarta, GM adalah salah satu destinasi yang harus dikunjungi.

Tunjungan Plaza

article image

image credit: youtube

Tunjungan Plaza atau yang biasa disebut dengan TP oleh masyarakat Surabaya ini telah berdiri sejak tahun 1986. Sampai dengan saat ini, cabang-cabang TP terus dibuka, dan yang terakhir, Tunjungan Plaza V dibuka pada tahun 2015 sebagai bangunan tertinggi di Surabaya yang memiliki 52 lantai.


Bagaimana? Menarik, bukan? Boleh lho berkunjung ketiga mall tertua di Indonesia kalau lagi berkesempatan berkunjung ke kota Jakarta atau Surabaya. Jangan lupa juga untuk cek promo dan diskon paling update di Gotomalls.com sebelum jalan-jalan ya!

Malls


Brands


Articles