Desain Kamar Tidur Mezzanine, Pas Untuk Hunian Mungil

Luas lahan hunian yang terbatas sering kali menjadi kendala ketika mendesain rumah. Tantangan yang dihadapi desainer lebih besar, yakni tentang bagaimana memenuhi semua kebutuhan penghuni dalam sebuah lahan sempit. Desainer dan pemilik harus pandai-pandai menyiasatinya.

Umumnya membangun di atas lahan yang mungil akan diakali dengan membuat desain yang open plan dengan banyak storage atau ruang penyimpanan dan merancang rumah dengan split level. Selain itu ada cara lain, yakni membuat mezzanine.

Mezzanine adalah ruang tambahan yang terletak di antara lantai dan plafon, seperti balkon terbuka di dalam rumah. Pada dasarnya mezzanine merupakan ruang yang diciptakan di antara dua lantai. Kata mezzanine sendiri berasal dari bahasa Italia, mezzo yang berarti tengah.

Nah, apabila kamu sedang kebingungan menyiasati lahan hunian yang mungil, kamu bisa mengaplikasikan desain mezzanine berikut ini terutama untuk kamar tidur. Yuk simak beberapa inspirasi kamar tidur mezzanine berikut ini.

Mezzanine sebagai Kamar Utama

article image

Image source: tripadvisor.com

Lahan yang terbatas memang sering bikin kita kesulitan mengatur layout ruangan. Kamar utama adalah salah satu ruangan yang menjadi prioritas. Dengan lahan yang sempit, pengaturan tata letak kamar utama pun menjadi penting.

Nah, supaya kamu tidak terganggu dengan segala aktivitas yang terjadi di ruangan lain, kamu bisa mengaplikasikan kamar utama di mezzanine. Dengan meletakkan kamar utama di mezzanine, kamu pun bisa lebih leluasa mengatur ruangan lain yang sifatnya publik dan semi privat di lantai di bawahnya seperti ruang tamu, ruang makan dan dapur.

Kamar Tidur Mezzanine di Atas Storage

article image

Image source: archify.com

Kalau kamu tipe penghuni yang memiliki banyak barang, desain mezzanine yang satu ini bisa kamu jadikan contoh. Kamu bisa menyiasati lahan yang mungil dengan menempatkan kamar tidur di atas mezzanine dan bagian bawahnya bisa kamu manfaatkan sebagai tempat penyimpanan barang.

Dengan desain seperti ini, pengaturan ruang menjadi lebih efisien. Kamu bisa mendesain tangga untuk ke mezzanine menjadi tempat penyimpanan barang tertutup, sehingga tetap terlihat rapi. Apalagi dengan pemilihan bahan kayu yang hangat dan dekorasi tanaman hias, desain kamar tidur mezzanine kamu pun menjadi lebih menarik.

Mezzanine untuk Kamar Anak

article image

Image source: houzz.com

Lahan yang terbatas juga menjadi masalah ketika kamu membutuhkan banyak kamar. Kenapa tidak mengaplikasikan lantai mezzanine di dalam ruang tidur? Kamu bisa menciptakan dua ruang tidur sekaligus dengan metode ini.

Kamu bisa menerapkan desain mezzanine ini untuk kamar anak. Di lantai bawah bisa kamu manfaatkan untuk kamar tidur anak yang lebih besar, sedangkan di lantai mezzanine kamu bisa pakai untuk kamar tidur anak yang lebih kecil.
Kamu tidak harus membuatnya dengan struktur beton yang solid, struktur besi seperti di gambar bisa kamu coba agar ruangan terlihat light.

Desain tangga yang minimalis juga tidak memblok ruangan. Beri railing pada lantai mezzanine supaya lebih aman.

Kamar Tidur Mezzanine di Apartemen Mungil

article image

Image source: easyrelooking.com

Untuk kamu yang masih single dan tinggal di apartemen yang mungil, desain mezzanine yang satu ini bisa kamu jadikan inspirasi. Tinggal di apartemen yang mungil memang memaksa kita untuk lebih kreatif. Salah satunya adalah dengan membuat mezzanine dan memaksimalkan ruang yang tersisa.

Dengan meletakkan kamar tidur di lantai mezzanine dan memanfaatkan ruangan di bawahnya sebagai kamar mandi, ruang makan dan dapur, fungsi ruang-ruang tersebut pun menjadi lebih optimal. Desain ruangan yang open plan tanpa sekat juga membuat ruangan terlihat lebih lega.

Sebaiknya gunakan furnitur dengan desain simpel yang tidak memblok ruangan agar tidak menghambat sirkulasi. Maksimalkan pulan pencahayaan alami dengan membuat bukaan yang lebar.

Cek inspirasi kamar tidur lainnya di bawah ini:

Articles

Kombinasi Kamar Tidur dengan Walk in Closet

article image

Image source: adalminasadventure.com

Memiliki ruang tidur yang sempit bukan berarti kamu tidak bisa membuat walk in closet di dalamnya. Coba deh contek desain kamar tidur mezzanine yang satu ini. Kamu bisa menempatkan ruang tidur di lantai mezzanine dan walk in closet pada ruang di bawahnya.

Dengan desain seperti ini, kamu pun bisa memaksimalkan ruangan yang ada. Bahkan kamu bisa memiliki walk in closet yang cukup besar lengkap dengan meja rias pula.
Pemilihan warna monokrom juga akan menampilkan kesan ruangan yang lebih luas. Sebaiknya pertahankan desain yang bersih dan minimalis seperti ini supaya ruang tidur tidak terlihat penuh.

Desain Mezzanine Modern dan Elegan

article image

Image source: s3da-design.com

Mezzanine tidak melulu dirancang untuk desain yang tampak kasual, tetapi bisa diterapkan untuk rumah modern sekalipun. Coba deh lihat contoh desain mezzanine yang satu ini, desainer telah berhasil menampilkan kesan mewah dan elegan.

Penempatan kamar tidur utama di lantai mezzanine dan pengaturan ruang yang optimal di bawahnya merupakan langkah yang tepat untuk apartemen atau hunian yang mungil. Penggunaan material kaca yang dipadukan dengan warna cokelat kayu yang hangat dan desain furnitur yang modern menjadikan hunian ini tampak mahal.

Kamar Tidur Mezzanine dengan Partisi Kayu

article image

Image source: decorpad.wordpress.com

Kamu termasuk tipe penghuni yang sangat memperhatikan privasi dan tidak ingin kamar tidurmu terekspos? Tenang, desain mezzanine tidak harus selalu terbuka dengan railing saja atau kaca kok. Kamu dapat menutupnya dengan partisi kayu sehingga kamar tidur yang ada di lantai mezzanine tampak lebih samar dan privasi kamu lebih terjaga.

Selain berfungsi untuk mengkover area kamar tidur, partisi kayu juga menjadi bagian dari estetika ruang. Desainnya dibuat seolah menyatu dengan storage dan kitchen cabinet yang ada di bawahnya. Bila partisi kayu tersebut ditutup, ruang tidur kamu tidak akan terlihat.


Nah itu tadi beberapa inspirasi desain kamar tidur mezzanine yang pas banget untuk hunian mungil. Kamu pun bisa mengaplikasikan ide mezzanine yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Lengkapi kebutuhan untuk mengisi perlengkapan kamar tidur kamu, brand seperti Informa, dan Ace Hardware bisa kamu andalkan untuk mencari dekorasi kamar tidur. Temukan lokasinya di Gotomalls. Aplikasi berbasis website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

featured image source: teracee.com