7 Contoh Design Rumah Minimalis Modern Yang Mudah Diterapkan

Desain rumah minimalis kini memang menjadi desain rumah yang paling sering dipilih. Apalagi bagi kamu yang tinggal di perkotaan dengan lahan yang minim, maka pemilihan model rumah minimalis memang sangat cocok untuk diterapkan. Namun meskipun begitu, bukan berarti jika model minimalis tak bisa diterapkan dalam rumah yang berukuran besar sekalipun. Yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa memadukan antara gaya modern serta fungsionalnya. Bagi kamu yang berkeinginan untuk menerapkan gaya minimalis dalam rumahmu, maka penerapan contoh design rumah minimalis modern seperti di bawah ini bisa kamu coba.

Rumah Minimalis Modern 1 Lantai

article image

Image source: rumahpedia.info

Mungkin model design rumah minimalis modern yang satu ini akan sangat cocok bagi kamu yang punya lahan sempit dan hemat budget. Pasti sulit rasanya untuk menerapkan konsep dalam lahan yang sempit. Untuk rumah minimalis 1 lantai ini biasanya hanya mempunyai 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi saja. Jadi, sangat direkomendasikan model rumah ini bagi keluarga kecil saja. Jangan lupa untuk meletakkan perabot dengan tepat agar lebih nyaman.

Rumah Minimalis Modern 2 Lantai

article image

Image source: rumahpedia.info

Kebalikan dari design sebelumnya, rumah minimalis 2 lantai ini mungkin akan cocok bagi keluarga yang memiliki jumlah anggota keluarga lebih banyak. Di mana untuk lantai 2 dapat difungsikan penuh menjadi kamar tidur. Sedangkan untuk lantai bawah bisa dipergunakan secara maksimal serta fungsional. Namun tak menutup kemungkinan jika rumah ini digunakan bagi keluarga kecil.

Rumah Minimalis Adat Modern

article image

Image source: desainrumah54.blogspot.com

Mungkin gaya rumah adat bisa dikatakan jadul, namun siapa sangka jika model rumah adat bias disulap menjadi rumah minimalis modern. Misalnya saja kamu ingin menerapkan rumah adat betawi, dengan ciri khas pagar kayu, bentuk jendela dan pintu, serta tiang-tiang. Begitu pula model adat joglo yang lebih banyak menggunakan material kayu. Kamu bisa mempermanisnya dengan tampilan modern. Pilih furnitur berbahan kayu yang memiliki sentuhan modern sehingga lebih tampil menarik. Jadi yang perlu kamu lakukan adalah mematangkan konsep model rumah adat mana yang kamu inginkan. Kemudian berikan ciri khas dari rumah adat di dalam rumah minimalis yang kamu bangun.

Rumah Minimalis Modern Klasik

article image

Image source: creohouse.co.id

Banyak orang yang juga senang menerapkan gaya klasik dalam rumah minimalis, apalagi jika kamu memiliki lahan yang luas maka penerapan design rumah minimalis modern seperti ini tentunya akan sangat cocok. Meskipun begitu, bukan berarti jika kamu tak bisa menerapkannya dalam rumah yang sederhana. Rumah sederhana masih bisa terkesan klasik dan mewah jika kamu bisa menerapkan konsep dan desain yang tepat.

Untuk masalah furnitur sebenarnya tak perlu harus menggunakan yang berukuran besar dan mewah. Coba untuk memilih furnitur yang fungsional namun tetap terkesan elegan. Kamu bisa menguatkan kesan mewah dengan menggunakan warna-warna elegan pada ruangan atau dinding di rumah. Baik itu full warna ataupun hanya di beberapa sisi saja, ini akan semakin menguatkan gaya klasik di dalamnya. Tampilan klasik juga akan semakin kuat saat kamu bisa memilih perabotan yang tepat untuk diletakkan di dalam rumah.

Baca juga artikel lainnya tentang rumah minimalis untuk inspirasi kamu.

Articles

Rumah Minimalis Modern Bergaya Jepang

article image

Image source: dekoruma.com

Konsep minimalis memang sudah lama digunakan dalam rumah bergaya Jepang. Bahkan kini sudah banyak orang di Indonesia yang menerapkan model rumah yang satu ini. Hunian bergaya Jepang memang memiliki kesan yang hangat, sederhana, serta menyatu dengan lama. Ditandai dengan pemilihan material bambu atau kayu yang ditempatkan pada pintu, dinding, lantai maupun lokasi lainnya.

Ciri khas dari rumah minimalis gaya Jepang dapat dilihat dari pemilihan pintu yang berbentuk sliding. Tak hanya fungsional namun juga lebih menghemat tempat jika dibandingkan menggunakan pintu biasa. Lantai bisa menggunakan material kayu atau alternatif lainnya bisa menggunakan lantai dengan bermotif kayu. Untuk masalah furnitur tak terlalu diperhatikan karena ingin membuat rumah jadi lebih luas dan fungsional.

Rumah Minimalis Split Level

article image

Image source: dekoruma.com

Jika kamu memiliki lahan yang sempit namun juga ingin menampilkan kesan rumah yang mewah, maka model rumah yang satu ini akan sangat cocok untuk diterapkan. Contoh design minimalis modern yang satu ini memang sangat populer dan menjadi solusi terbaik untuk mengakali lahan rumah yang terbatas. Yang berperan paling penting adalah teknik konstruksi yang bisa menciptakan ruangan dengan perbedaan pada tinggi lantai. Konsep split level dapat membuat ruangan di dalam rumah jadi lebih lapang dan besar. Namun dibutuhkan tenaga ahli untuk bisa merancang konsep tersebut.

Rumah Gaya Ruang Terbuka

article image

Image source: mygriya.com

Design rumah minimalis modern yang satu ini memiliki ruangan yang terbuka dan minim sekat. Ini bertujuan agar dapat menguatkan kesan lapang di dalam rumah. Di mana ruangan terbuka tersebut nantinya memungkinkan untuk penggunaan fungsi ganda di dalam ruang. Seperti misalnya menggabungkan ruangan keluarga dan ruang makan. Atau kamu juga bisa menggabungkan ruangan keluarga dan ruang tamu. Kamu bisa menggunakan sekat non permanen, seperti rak maupun sekat lainnya.


Sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk membangun rumah dengan konsep minimalis, dan kamu pun bisa menggabungkannya dengan berbagai gaya rumah yang kamu sukai. Yang terpenting adalah kamu harus ingat jika segala sesuatunya harus dibuat sesimpel mungkin, karena itulah konsep dari rumah minimalis “make it simple

Untuk membeli perlengkapan dekorasi atau furnitur rumah minimalis, kamu bisa mengandalkan Informa, Mitra 10 dan Ace Hardware serta temukan lokasinya di Gotomalls. Gotomalls adalah aplikasi berbasi website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

Brands

featured image source: media.rooang.com