Inspirasi Desain Rumah Kayu untuk Hunian yang Sederhana dan Cantik

Kayu merupakan salah satu material dasar untuk membuat rumah. Material kayu kerap dipakai untuk membangun rumah-rumah tradisional. Bila diperhatikan, hampir semua rumah tradisional di Nusantara menggunakan material kayu yang dominan.

Material kayu juga masih sering dipakai untuk rumah-rumah modern zaman sekarang karena dinilai dapat menambah estetika rumah. Unsur kayu juga dapat menciptakan kesan hangat. Nah, jika kamu tertarik membangun rumah kayu, mari simak inspirasi desain rumah kayu sederhana dan cantik berikut ini.

Rumah Kabin Tengah Hutan

article image

Image source: jbsolis.com

Mungkin rumah kabin tengah hutan terdengar sedikit menyeramkan. Namun rumah kabin dari material kayu ini dapat didesain jauh dari kesan horor. Rumah kayu model kabin yang diproduksi oleh Prefab Home ini jauh dari kesan menyeramkan bukan? Walaupun dibangun di tengah hutan, yang terbayang justru adalah kesan hangat dan nyaman saat tinggal di dalamnya.

Rumah kayu sederhana cantik ini cocok dijadikan sebagai rumah peristirahatan sambil menikmati suasana alam. Dengan bukaan di setiap sisi rumah, kamu bisa leluasa melihat pemandangan alam sekitar.

Rumah Kayu dengan Banyak Bukaan

article image

Image source: archdaily.com

Rumah kayu sederhana cantik ini disebut dengan binary wood house dan dirancang dengan konsep terbuka. Dengan menggunakan struktur baja dan material kayu yang dominan membuat rumah ini tampak modern sekaligus memiliki sentuhan industrial.

Ruangan-ruangan didesain tanpa sekat dan memiliki banyak bukaan yang memungkinkan penghuni melihat pemandangan sekitar secara leluasa. Dengan konsep terbuka seperti ini, sirkulasi udara pun menjadi baik dan pencahayaan alami ke dalam rumah menjadi optimal.

Modern Minimalis

article image

Image source: beautifullife.info

Rumah kayu sederhana cantik yang satu ini disebut dengan The Park House dan berlokasi di Melbourne, Australia. Desain sederhana dan terkesan modern dapat dijadikan inspirasi untuk membuat rumah kayu minimalis.

Meskipun bentuk bangunan cenderung kubus, rumah kayu ini sama sekali tidak terkesan monoton. Perpaduan material kayu dan baja pada kusen jendela dan strukturnya menjadikan rumah kayu ini memiliki visual menarik.

Desainer rumah kayu ini dengan cerdik memberi banyak bukaan untuk area publik di lantai bawah dan sebaliknya memberi cukup privasi untuk area privat di lantai atas.

Kontemporer

article image

Image source: marvelbuilding.com

Rumah kayu sederhana cantik yang dibangun oleh Marvel Building ini bisa dijadikan inspirasi untuk mendesain hunian yang simpel. Rumah kayu ini nyaris dibangun tanpa ornamen. Meski begitu, rumah ini tidak terlihat membosankan.

Rumah kayu ini didesain dengan garis-garis linear yang tegas. Hal itu terlihat dari penggunaan material kayu yang disusun berjejer secara vertikal di mana kamu bisa melihat detail serat kayu yang indah. Itulah sebabnya rumah kayu ini tidak butuh macam-macam ornamen lagi.

Rumah Model Box

article image

Image source: alexisdornier.com

Rumah kayu berbentuk box ini terlihat simpel bukan? Namun di balik kesederhanaannya, rumah kayu sederhana cantik yang berlokasi di Bali ini didesain dengan super detail lho! Lihat saja bilah-bilah kayu ramping yang tidak hanya berfungsi sebagai unsur estetika, tetapi juga berfungsi sebagai shade atau pelindung sinar matahari dan bisa dibuka tutup.

Sang desainer dengan berani menggunakan material kayu yang sangat dominan, tetapi tidak menjadikan rumah box ini terlihat monoton. Bukaan yang lebar juga memberi kesempatan seluas-luasnya kepada penghuni untuk menikmati view di sekitar hunian.

Rumah Dengan Fasade Segi Lima

article image

Image source: digsdigs.com

Jika tadi kita lebih banyak melihat rumah kayu berbentuk kotak, kali ini kita beralih ke rumah kayu sederhana cantik dengan bentuk fasad segi lima. Rumah kayu mungil ini terlihat unik bukan?

Kamu bisa melihat fasad depan yang terbuat dari material kayu yang kemudian 'dibungkus' dengan bingkai hitam yang mempertegas penampilan rumah. Bukaan yang hampir memenuhi fasad rumah juga memaksimalkan pencahayaan alami dan memungkinkan penghuni untuk melihat view alam sekitar.

Cek inspirasi lainnya di bawah ini:

Articles

Rumah Kayu Gaya Jepang

article image

Image source: jbsolis.com

Rumah kayu sederhana cantik berikutnya adalah rumah kayu gaya Jepang yang minimalis. Seperti diketahui, sebagian besar rumah di Jepang cenderung mungil tetapi didesain dengan sangat fungsional. Rumah kayu gaya Jepang ini pun cocok diterapkan di Indonesia, terutama bila kamu memiliki lahan terbatas.

Dengan trik cerdik ala Jepang, rumah kayu mungil bisa didesain sesuai dengan kebutuhan ruang. Tidak hanya mungil dan fungsional, rumah kayu sederhana ala Jepang ini pun terlihat unik dan menampilkan kesan hangat.

Rumah Kayu Nuansa Tropis

article image

Image source: pinterest.ph

Nah, rumah kayu dengan nuansa tropis ini sudah pasti cocok banget diterapkan di Indonesia. Ciri khas dari rumah tropis adalah memiliki naungan atap sebagai pelindung dari curahan air hujan dan bukaan yang lebar untuk memaksimalkan pencahayaan alami.

Rumah kayu sederhana cantik dengan nuansa tropis ini didesain dengan model panggung. Lantai bawah yang terbuka difungsikan sebagai area publik sedangkan lantai atas didesain untuk area privat. Tidak ketinggalan pula ada balkon sebagai tempat untuk melihat pemandangan.

Sepintas rumah kayu ini didesain menyerupai rumah tradisional. Rumah kayu ini juga mengingatkan kita pada cottage atau villa-villa di pedesaan ya!

Rumah Kayu Modern ala Skandinavia

article image

Image source: beautifullife.info

Apabila kamu menginginkan sesuatu yang anti mainstream, contek model rumah kayu yang satu ini. Bentuknya yang simpel tetapi unik memperlihatkan tampilan desain yang sangat modern. Rumah kayu ini didesain dengan dominasi material kayu yang memberi kesan hangat dan bukaan yang memenuhi seluruh bidang pada fasad rumah.

Rumah kayu sederhana cantik ini juga memiliki naungan atap yang cukup lebar untuk melindungi penghuni dari terpaan air hujan dan sinar matahari yang terik. Tidak perlu ornamen macam-macam, bentuknya yang unik sudah cukup mencuri perhatian siapa pun yang melihatnya.


Itu dia beberapa desain rumah kayu sederhana cantik yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam membangun rumah. Meskipun didesain sederhana, tidak lantas menjadikan rumah kayu tadi terlihat membosankan. Untuk membeli perlengkapan dekorasi atau furnitur rumah kayu, kamu bisa mengandalkan Informa, Mitra 10 dan Ace Hardware serta temukan lokasinya di Gotomalls. Gotomalls adalah aplikasi berbasi website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

featured image source: beautifullife.info