Ingin Liburan Lebih Hemat? Cari Tahu Jam Tiket Pesawat Murah Di Sini

Apakah kamu sedang merencanakan liburan? Atau ingin liburan tetapi ternyata budget belum cukup? Tenang, di sini ada solusinya supaya liburan kamu lebih hemat.

Salah satu cara untuk menghemat biaya liburan adalah membeli tiket pesawat murah. Dengan tiket pesawat yang murah, kamu bisa menekan biaya sekaligus mengalokasikan dana untuk hal lain, seperti akomodasi atau biaya makan. Dengan trik tertentu, kamu pun bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang jauh lebih murah.

Lalu, bagaimana caranya membeli tiket pesawat murah? Caranya adalah cari tahu waktu yang tepat untuk membeli tiket pesawat. Supaya kamu tidak lama-lama penasaran, yuk simak tips membeli tiket pesawat murah berikut ini.

1. Beli Tiket di Hari Selasa dan Rabu

article image

Image source: thrillist.com

Kamu bisa menemukan tiket pesawat murah pada hari Selasa dan Rabu. Hal ini disebabkan maskapai cenderung melakukan promo tiket di hari Senin, sehingga maskapai lain akan menandingi promo tersebut di hari Selasa dan Rabu. Kamu pun bisa membandingkan harga tiket pesawat dari maskapai mana yang paling murah.

Menurut situs perbandingan harga tiket pesawat Farecompare, waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat adalah hari Selasa pagi hingga pukul 3 sore. Hal ini disebabkan waktu penjualan tiket di sistem maskapai umumnya dilakukan pada Senin malam. Kamu pun bisa mendapatkan tiket yang baru rilis pada hari Selasa. Di hari Selasa besar kemungkinan maskapai akan melakukan penyesuaian harga apabila penjualan tiket dengan harga awal tidak memuaskan.

Pendapat lain dari Peter Greenberg, seorang travel editor dari CBS News menyarankan agar membeli tiket pesawat pada hari Rabu. Menurut Greenberg, harga tiket pesawat murah tersedia di antara hari Minggu dan Senin malam dan orang-orang memiliki waktu 24 jam untuk membeli. Saat Rabu tengah malam, tiket pesawat dengan harga murah kembali tersedia di sistem maskapai. Jadi coba deh, pesan tiket pesawat di hari Selasa dan Rabu!

2. Hindari Tiket Hari Kamis dan Jumat

article image

Image source: theactivetimes.com

Salah satu faktor yang mempengaruhi harga tiket pesawat adalah permintaan pembeli. Jadi kamu harus menghindari hari di mana orang-orang sering melakukan perjalanan. Waktu keberangkatan yang sering dipilih adalah hari Kamis dan Jumat karena kebanyakan orang berlibur untuk akhir pekan.

Bagi orang-orang yang melakukan perjalanan bisnis, umumnya mereka akan pulang pada hari Kamis atau Jumat, sehingga hal ini akan mempengaruhi harga tiket pesawat. Jadi jangan berharap kamu akan mendapat tiket pesawat murah jika memilih waktu keberangkatan di hari Kamis atau Jumat.

Selain itu, membeli tiket pada hari Jumat juga tidak disarankan karena harga tiket pesawat berada di atas rata-rata dan naik menjadi 11% dibanding hari Minggu. Perhatikan waktu pemesanan tiket pesawat ya, supaya kamu mendapat harga tiket pesawat yang lebih murah.

3. Hindari Peak Season

article image

Image source: rebalance360.com

Sudah menjadi rahasia umum apabila harga tiket pesawat akan naik saat peak season, misalnya saat lebaran, Natal atau Tahun Baru. Kalau kamu berniat ke luar negeri, umumnya tiket pesawat saat spring atau musim semi akan lebih mahal.

Kamu bisa berlibur saat off season karena harga tiket pesawat akan turun. Jika ingin keluar negeri, perhatikan pula waktu off season negara tersebut. Misalnya kamu akan berangkat ke negara empat musim, umumnya tiket pesawat akan lebih murah saat peralihan musim. Kamu bisa berangkat saat bulan Mei saat musim semi akan segera berakhir dan beralih ke musim panas. Hindari pergi saat musim panas karena kebanyakan orang bepergian saat waktu tersebut.

4. Gunakan Mode Incognito

article image

Image source: moneycrasher.com

Tahukah kamu, bila harga tiket pesawat bisa berubah-ubah dalam sehari? Salah satu penyebabnya adalah traffic yang tinggi dari situs tersebut. Semakin sering kamu mengakses situs tersebut untuk mengecek harga tiket pesawat, semakin tinggi pula harga tiket pesawat yang kamu lihat tiap kali mengaksesnya. Apalagi jika kamu mengecek harga tiket pesawat untuk jadwal penerbangan yang sama terus-menerus.

Untuk mengakali hal tersebut, kamu bisa menghapus history pencarian atau mengecek situs maskapai dalam mode incognito. Cara ini memungkinkan kamu untuk mengunjungi situs tersebut secara sembunyi dan tidak ketahuan. Dengan begitu traffic tidak akan terlihat dan harga tiket pesawat yang kamu lihat akan cenderung tetap atau tidak berubah secara signifikan.

5. Rajin Cek Media Sosial untuk Informasi Promo

article image

Image source: skillcrush.com

Tips berikutnya adalah cek media sosial maskapai penerbangan secara rutin atau berlangganan informasi dari maskapai penerbangan yang dikirim via email secara berkala. Dengan begitu kamu tidak akan ketinggalan informasi promo menarik.

Cara yang paling mudah adalah mengikuti akun media sosial maskapai penerbangan yang sering kamu pakai. Melalui media sosial, kamu dapat mengakses informasi promo tiket pesawat kapan saja. Salah satu promo tiket pesawat yang paling diburu adalah Travel Fair.

Promo Travel Fair menawarkan harga tiket pesawat yang lebih murah, bahkan bisa mencapai setengah harga dan bersaing dengan low cost carrier. Maskapai full service seperti Garuda Indonesia dan Singapore Airline rutin mengadakan Travel Fair setiap tahun. Umumnya maskapai bekerja sama dengan agen perjalanan yang sudah dipilih dan promo dilangsungkan selama tiga hari.

Kapan lagi kamu bisa mendapatkan tiket pesawat murah dari maskapai full service? Kesempatan seperti ini jangan kamu lewatkan. Maka dari itu rajin-rajinlah mengecek media sosial agar tidak kelewatan informasi penting.

Cek juga artikel-artikel di bawah buat kamu yang masih bingung mau liburan ke mana:

Articles


Nah, itu tadi beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Belilah tiket pesawat di waktu yang tepat dan manfaatkan promo menarik dari maskapai penerbangan. Kamu juga bisa mengecek agen perjalanan yang ada di mall-mall terdekat di kota kamu, caranya kunjungi Gotomalls.com untuk menemukan berbagai informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event. Selamat berlibur!

Brands

Malls

featured image source: koperansel.com