5 Jenis Pekerjaan Lepas Dengan Pemasukan di Atas Rata-Rata

Sebagian orang menganggap bahwa pekerjaan lepas itu tidak bisa diandalkan. Mungkin memang benar, tapi realitas di zaman sekarang sudah tidak sama lagi. Sekarang, beberapa jenis pekerjaan lepas justru mampu menghasilkan pemasukan setara gaji karyawan perusahaan multinasional, atau bahkan melampauinya.

Di era digital ini, ketika internet sudah bisa diakses dengan begitu mudahnya, banyak hal mulai mengalami perubahan. Kebutuhan manusia akan informasi, hiburan, fasilitas, dan berbagai keperluan lainnya semakin meningkat. Dalam situasi seperti ini, hukum alam mengambil alih kendali. Di mana ada permintaan, di situ pasti ada penyedia. Semakin tinggi permintaannya, semakin banyak pula yang disediakan. Situasi inilah yang banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha dan pekerja lepas (freelancer) di zaman sekarang.

Sebagai contoh, seorang pengelola blog yang selalu aktif mengunggah konten-konten baru memiliki banyak pengunjung. Setiap konten yang dia unggah selalu mendapat jutaan klik per hari. Ketika para pengiklan mengetahui bahwa blognya selalu ramai dikunjungi, kira-kira apakah dia akan tertarik untuk memasang iklan di blog tersebut? Tentu saja! Tapi bukan hanya ini satu-satunya peluang bisnis yang bisa kamu kelola. Lima jenis pekerjaan lepas di bawah ini juga tak kalah menjanjikan dan layak kamu coba!

1. Influencer

article image

Image source: Marketing Week

Apa itu influencer? Singkat cerita, influencer adalah seorang public figure yang memiliki banyak pengikut atau follower. Seorang influencer memiliki pengaruh kuat dalam bidang-bidang yang mereka tekuni, dan sering kali memunculkan tren baru. Umumnya, para influencer ini merupakan selebgram, youtuber, atau blogger. Intinya, mereka menggunakan media sosial sebagai sarana utama untuk berinteraksi dengan para pengikutnya.

Selain itu, seorang influencer juga sering menggunakan media sosial sebagai lahan bisnisnya. Menurut hasil survei yang dirilis Economist.com, seorang influencer dengan jumlah pengikut 100 sampai 500 ribu, bisa memperoleh pendapatan mencapai USD 12.500 atau setara 176 juta lebih! Khususnya bagi influencer Youtube. Bahkan, jika mereka memiliki 7 juta subscribers lebih, mereka bisa mengumpulkan hingga USD 300 ribu atau setara 4,2 miliar rupiah.

Lalu, bagaimana dengan platform lain? Di Instagram misalnya, berdasarkan perhitungan pendapatan rata-rata yang dilakukan Tribe, perusahaan penyedia marketplace untuk para influencer di Instagram, seorang selebgram dengan jumlah pengikut 50 sampai 100 ribu bisa mengumpulkan pendapatan hingga 6,6 juta rupiah per bulan!

2. Digital Marketer

article image

Image source: Minutehack

Digital marketer masih berkaitan langsung dengan influencer, atau bisa dibilang bahwa seorang influencer yang mencari pendapatan di media sosial adalah seorang digital marketer. Digital marketer adalah orang yang melakukan promosi suatu produk atau brand melalui media elektronik (digital marketing), persis seperti apa yang dilakukan para influencer. Hanya saja, untuk menjadi seorang digital marketer tidak harus menjadi influencer.

Media yang paling umum digunakan untuk melakukan pemasaran ini adalah media sosial, blog, website, email, billboard elektronik dan bisa juga melalui platform digital lainnya. Untuk menjadi seorang digital marketer, kamu wajib memiliki kemampuan untuk menyusun strategi pemasaran berdasarkan optimasi keyword (SEO).

Untuk penghasilannya sendiri cukup beragam. Rata-rata, seorang digital marketer profesional bisa mengumpulkan pendapatan mulai dari 5 juta rupiah per bulan dengan bonus profit 15 sampai 20 juta rupiah! Sumber penghasilan dari pekerjaan ini memang tidak hanya dari satu sumber saja, mereka biasanya akan mendapat bonus-bonus tertentu dari hasil target pemasaran.

3. Fotografer & Videografer

article image

Image source: Suara

Kalau kamu punya hobi fotografi atau videografi, kamu juga bisa memanfaatkan hobi kamu sebagai sumber penghasilan. Menjadi seorang freelance fotografer atau videografer tengah menjadi tren baru. Tidak sedikit orang yang memiliki hobi ini telah menjadikannya sebagai profesi.

Untuk menjadi seorang freelance fotografer & videografer, kamu bisa mulai dengan membuat portofolio dan menjalin networking yang baik. Tidak perlu repot-repot memikirkan kamera yang akan digunakan, karena sebagian besar fotografer/videografer profesional pun memulainya dengan kamera sewaan.

Syarat untuk menjadi freelance fotografer & videografer sebenarnya cukup sederhana, kamu hanya membutuhkan skill, pengalaman, dan networking. Bagaimana dengan penghasilannya? Menurut Muhammad Fadli, seperti dilansir melalui HAI, pria yang telah menjalani profesi sebagai fotografer lepas sejak tahun 2007 ini mengungkapkan bahwa pendapatan seorang freelancer selama dua hari bisa setara dengan gaji fotografer penuh waktu dalam satu bulan!

4. Jual-Beli Cryptocurrency

article image

Image source: Business Matters

Cryptocurrency atau mata uang digital mengalami peningkatan trend sejak beberapa tahun terakhir. Dengan harganya yang kian merangkak naik, banyak orang yang mulai tertarik untuk melakukan jual-beli cryptocurrency alias trading. Cryptocurrency memiliki banyak jenis, beberapa yang paling banyak diminati adalah Bitcoin, Ripple, Ethereum, Litecoin, dan Dash.

Untuk mulai melakukan trading cryptocurrency, kamu harus membelinya terlebih dahulu melalui Bitcoin Exchange, tempat melakukan transaksi jual-beli cryptocurrency. Secara garis besar, mekanisme trading mata uang digital tidak jauh berbeda seperti trading saham atau komoditas, hanya saja pergerakan harga cryptocurrency cenderung lebih fluktuatif.

Berapa penghasilan yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan jual-beli mata uang digital ini? Itu semua tergantung dari modal yang kamu miliki dan juga teknik-teknik yang diterapkan. Rata-rata seorang trader Bitcoin bisa mengantongi 12 juta rupiah per bulan jika tetap konsisten membeli di harga rendah dan menjual di harga tinggi.

5. Penulis Lepas

article image

Image source: ContentWriters

Kalau kamu mempunyai kemampuan merangkai kata-kata dan mengolah suatu informasi menjadi konten menarik, satu-satunya jalan terbaik untuk menjadikannya sebagai sumber penghasilan adalah dengan menjadi seorang penulis lepas!
Yang kamu butuh kan hanyalah seperangkat laptop/PC standar, koneksi internet, dan tempat menulis yang tepat. Peluang untuk menjadi penulis lepas sangat besar, mengingat kebutuhan informasi di zaman sekarang sudah semakin tak terbendung lagi. Banyak sekali platform-platform freelancer yang membutuhkan jasa penulis lepas. Selain itu, kamu juga bisa menulis untuk blog/website perusahaan-perusahaan dengan cara menghubungi tim redaksinya.

Kamu bisa mulai dengan menulis di berbagai platform UGC (User Generated Content) yang menawarkan bonus-bonus pendapatan. Di situ kamu bisa belajar banyak tentang bagaimana membuat konten menarik yang bisa mengundang banyak pembaca. Penghasilan rata-rata seorang penulis lepas cukup bervariatif. Dalam satu bulan kamu bisa mendapat beberapa pemasukan sekaligus. Kalau kamu menulis di beberapa tempat sekaligus, kamu bisa mengumpulkan sekitar 3-5 juta rupiah per bulan.


Dunia sudah berubah, di zaman sekarang apa saja bisa menjadi sumber penghasilan. Selama kamu pandai melihat peluang dan menyediakan apa yang dibutuhkan orang-orang, tidak akan sulit bagi kamu untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah!

Jangan lupa kunjungi GoToMalls yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event. Ikuti terus informasi menarik lainnya hanya di GoToMalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia!

Malls

featured image source: cnbc