7 Jenis Tipe Rumah yang Popular di Indonesia, Cek Dulu Sebelum Membeli

Apakah kamu sedang berencana untuk membeli rumah tahun ini? Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, ada baiknya kalau kamu mengenali tipe-tipe rumah yang umum di Indonesia. Mungkin kamu masih bingung dan kurang familier dengan jenis-jenis tipe rumah yang ada.

Nah, supaya kamu tidak bingung dan bisa memutuskan dengan baik, Gotomalls sudah merangkum jenis-jenis tipe rumah yang populer di Indonesia. Yuk simak deretan tipe rumah sederhana berikut ini.

Tipe Rumah 21/24

article image

Image source: arsitur.com

Tipe rumah 21/24 merupakan jenis tipe rumah paling kecil yang umumnya dibangun oleh pengembang perumahan atau developer. Tipe rumah 21 atau 24 biasanya dibangun di atas lahan dengan lebar 3 - 4 meter dengan ukuran 3x7, 4x6 atau 4x5,25 meter. Harganya pun paling terjangkau dibanding rumah tipe lain.

Umumnya jenis tipe rumah 21 atau 24 hanya memiliki satu ruang tidur dengan satu kamar mandi, dan ruang tamu yang terhubung langsung dengan dapur. Bahkan ada pula yang meletakkan dapur di teras belakang rumah. Rumah tipe ini cocok untuk pasangan muda yang belum memiliki anak atau bisa menjadi investasi dengan menyewakannya.

Tipe Rumah 36

article image

Image source: kresna-ksatria.com

Boleh dibilang tipe rumah 36 paling banyak diminati dan paling banyak dibangun oleh pengembang perumahan atau developer. Umumnya jenis tipe rumah seperti ini dibangun di atas kaveling dengan lebar 6 meter dengan ukuran lahan 6x6 atau 9x4 meter persegi. Tipe rumah 36 juga memiliki pilihan tipe 36/60 atau 36/72 yang artinya rumah tersebut dibangun di atas lahan seluas 60 meter persegi atau 72 meter persegi.

Tipe rumah 36 biasanya terdiri dari dua ruang tidur dengan satu kamar mandi, ruang tamu yang sedikit lebih luas dibanding rumah tipe 21 dan dapur. Dengan dua ruang tidur, tipe rumah 36 disebut paling cocok untuk pasangan yang
baru menikah atau keluarga kecil.

Selain cocok untuk pasangan baru, tipe rumah 36 juga sering dijadikan pilihan sebagai investasi di bidang properti. Di samping harganya yang tidak terlalu tinggi, tipe rumah 36 juga lebih mudah dijual kembali karena kebutuhan akan rumah tipe ini cukup tinggi.

Tipe Rumah 45

article image

Image source: designrumah.co.id

Tipe rumah 45 juga menjadi favorit keluarga kecil dengan satu atau dua orang anak. Di samping rumah yang lebih luas dibanding tipe 36, harga tipe rumah 45 juga cukup terjangkau. Tidak salah bila jenis tipe rumah 45 bisa menjadi alternatif pengganti tipe rumah 36.

Tipe rumah 45 juga memiliki dua ruang tidur seperti tipe rumah 36, hanya saja memiliki spesifikasi luas yang lebih baik. Umumnya jenis tipe rumah seperti ini dibangun di atas lahan seluas 96 meter persegi atau biasa disebut tipe rumah 45/96. Dimensi bangunan bisa berukuran 8x5,6 meter atau 6x7,5 meter.

Selain dua ruang tidur, tipe rumah ini juga memiliki ruang tamu, ruang keluarga, satu kamar mandi dan dapur. Jika tipe rumah 36 lebih cocok untuk investasi, maka tipe rumah 45 lebih cocok untuk hunian keluarga.

Tipe Rumah 54

article image

Image source: pinterest.com

Tipe rumah 54 disebut sebagai jenis tipe rumah dengan ukuran paling proporsional. Tipe rumah ini sering menjadi pilihan bagi masyarakat menengah atau menengah ke atas karena memiliki ruang yang lebih luas. Tipe rumah 54 biasanya memiliki dimensi 9x6 meter atau 13,5x4 meter.

Kelebihan tipe rumah 54 adalah bisa memiliki 3 ruang tidur, ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, dapur dan taman. Tipe rumah ini juga bisa dibangun dua lantai dan cocok untuk keluarga dengan jumlah anggota keluarga yang lebih besar.

Tipe Rumah 60

article image

Image source: idea.grid.id

Tipe rumah 60 tergolong tipe rumah yang besar dan lebih diperuntukkan untuk kalangan menengah ke atas. Jenis tipe rumah 60 umumnya memiliki ukuran bangunan 6x10 meter, 8x7 meter atau 6x12 meter. Rumah ini dapat menyediakan 3 sampai 4 ruang tidur, 2 kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, garasi, teras depan dan belakang rumah.
Jika kaveling atau lahan memiliki panjang yang kurang memadai, tipe rumah 60 juga bisa dibangun menjadi dua lantai. Hunian jenis ini cocok untuk keluarga dengan beberapa anak.

Tipe Rumah 70

article image

Image source: designrumah.co.id

Jika kamu ingin tinggal bersama anak-anak dan orang tua dalam satu atap, jenis tipe rumah 70 bisa menjadi pilihan. Tipe rumah ini dikatakan sebagai tipe rumah yang paling diminati oleh masyarakat kalangan menengah ke atas. Bangunan rumah ini juga memiliki dimensi bervariasi, bisa 7x10 meter atau 5x14 meter.

Menyerupai tipe rumah 60, tipe rumah 70 juga menyediakan 4 ruang tidur dan biasa dibangun menjadi dua lantai untuk mengakali luas kaveling atau lahan. Selain 4 ruang tidur, tipe rumah 70 juga memiliki 3 kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan dapur tersendiri, teras depan dan belakang dan carport atau garasi untuk dua mobil.

Tipe Rumah 120

article image

Image source: pinterest.com

Tipe rumah 120 sudah masuk dalam klasifikasi rumah mewah dan diperuntukkan untuk masyarakat kalangan atas. Tipe rumah yang paling lapang ini memiliki dimensi bervariasi, bisa 10x12 meter atau 8x15 meter. Umumnya tipe rumah 120 memiliki 4 ruang tidur, 3 kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan dapur tersendiri, teras depan dan belakang dan carport atau garasi yang bisa menampung dua mobil.

Dengan jenis tipe rumah seperti ini, pemilik bisa bereksplorasi secara leluasa dalam menentukan desain dan gaya arsitektur yang diinginkan. Selain itu, tipe rumah 120 juga biasa dibangun menjadi dua lantai.


Itulah tujuh jenis tipe rumah yang populer dan umum dikembangkan oleh developer di Indonesia. Saat memilih tipe rumah pertimbangkanlah tujuan kamu membeli rumah tersebut, apakah untuk disewakan atau dijadikan hunian keluarga. Semoga ulasan tadi dapat membantu kamu dalam menentukan pilihan tipe rumah. Cek juga Gotomalls.com yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Articles

Malls

featured image source: dekorumah.me