Kesal dengan Jerawat di Dagu? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Munculnya jerawat hal yang normal terjadi pada setiap manusia. Terlebih untuk kaum wanita, munculnya jerawat di sekitar wajah bisa membuat mood jadi jelek. Letak jerawat biasanya menyebar dari sekitar wajah, leher, dada, hingga punggung. Jerawat di mana pun berada memang menyebalkan. Apalagi kalau jenis jerawatnya nodul atau jerawat batu. Kamu perlu perawatan khusus supaya jerawat tersebut hilang. Beberapa orang ternyata mengalami jerawat di tempat itu-itu saja. Satu di antaranya yaitu jerawat di dagu yang sekali muncul sering kali menyakitkan. Kamu perlu memperhatikan mengapa jerawat di dagu yang kerap muncul terus menerus. Berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasinya. Bye bye jerawat di dagu.

Kebersihan

article image

Image source: glamtainment.com

Sebenarnya penyebab jerawat di dagu sama seperti lainnya. Kamu perlu memerhatikan kebersihan lingkunganmu terutama saat memegang wajah. Bisa jadi saat memegang wajah, kebersihan tanganmu masih kurang terjaga.

Rambut Bisa Jadi Penyebabnya

article image

Image source: bustle.com

Folikel rambut yang menyentuh wajah juga bisa jadi faktor munculnya jerawat di dagu. Bagian dagu memang lumayan sering bergesekan dengan rambut. Jadi untuk kamu yang punya rambut panjang, lebih baik sebisa mungkin jauhkan rambut dari wajah.

Stres

article image

Image source: theconversation.com

Stres bisa menjadi penyebab utama jerawat di tubuh. Saat seseorang stres, hormon di tubuh menjadi berubah dan akhirnya menimbulkan jerawat. Jadi lebih baik kamu relakskan diri supaya jerawat di dagu tidak muncul-muncul terus.

Makanan

article image

Image source: zliving.com

Makanan berlemak bisa jadi kontributor terbesar wajahmu berjerawat. Hindari makanan seperti roti, cokelat, dan keripik supaya jerawat jauh-jauh dari wajah. Apalagi jika wajahmu termasuk yang sangat sensitif, makan sedikit yang berlemak dan pedas saja bisa memicu tumbuhnya jerawat di dagu.

Baca juga artikel kecantikan lainnya di bawah ini:

Kesehatan

article image

Image source: ropledental.co.uk

Jerawat di dagu juga bisa menunjukkan seseorang sedang mengalami masalah pada paru-paru. Artinya kamu sedang menghirup udara yang kurang sehat, bisa karena polusi udara atau asap rokok perokok pasif atau aktif.
Ketika sudah mengetahui penyebabnya, tentu saja kamu bisa dengan mudah mengobati jerawat di dagu. Salah satu cara untuk mengatasi jerawat di dagu yang tak kunjung sembuh adalah menerapkan pola hidup sehat setiap hari. Menjalankan pola hidup sehat bisa sangat mengurangi munculnya jerawat. Kamu bisa dapat bonus juga jika sering menerapkan pola hidup sehat. Berikut ini pola hidup sehat yang bisa kamu terapkan:

Tidur cukup dan teratur

article image

Image source: TheJournal.ie

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menjaga pola tidur. Tidur cukup setiap malam selama 8 jam untuk orang dewasa. Tubuhmu bisa rileks saat tidur 8 jam, sehingga stres tidak mendera. Tidur cukup ini juga harus dilakukan secara teratur ya, jika tidak maka sama saja dengan percuma.

Berolahraga

article image

Image source: wellandgood.com

Berolahraga adalah hal yang sangat penting. Setelah tidur cukup, tubuhmu perlu digerakkan lewat olahraga. Melakukan olahraga rutin bisa menjaga kesehatan kulit karena sirkulasi darah lancar. Ketika sirkulasi darah lancar, sel kulit akan mendapat banyak asupan oksigen dan sel-sel kulit yang mati akan dikeluarkan dari tubuh.

Menjaga Pola Makan

article image

Image source: provisionhealthcare.com

Tidur cukup sudah, olahraga juga sudah, nah sekarang kamu harus menjaga pola makan. Makan sayur dan buah sangat disarankan supaya jerawat jauh-jauh dari wajahmu. Beberapa jenis makanan bisa membuat gula darah dan insulin meningkat dengan cepat. Terlalu banyak insulin bisa memicu pertumbuhan sel penyumbat pori dan menyebabkan timbulnya jerawat. Produk susu juga sebaiknya dihindari. Kebanyakan sapi untuk produksi susu menerima growth hormoneatau suplemen hormon untuk meningkatkan produksinya. Berhenti dulu minum susu supaya jerawat di dagu tidak muncul.

Menjaga kebersihan

article image

Image source: ndtv.com

Menjaga kebersihan juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Saat pola hidup sudah sehat, jika tidak membersihkan muka sama dengan percuma. Kebersihan wajah juga harus diperhatikan. Saat membersihkan wajah, pastikan tangan yang kamu pakai sudah bersih sebelum akhirnya memegang wajah. Jangan menyentuh-nyentuh area dagu atau rahang dengan tangan, apalagi jika kamu tidak mencuci tangan terlebih dahulu sebelumnya.


Itulah beberapa cara untuk mengatasi timbulnya jerawat di dagu. Kamu juga bisa menggunakan masker wajah dan jangan lupa untuk membersihkan ponsel atau headset yang kerap menempel pada wajah secara berkala. Jika masalah jerawat terus muncul kamu bisa mendatangi ahli kecantikan terdekat di kotamu. Caranya cek di Gotomalls.com, yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

featured image source: alodokter