Tanpa Kamu Sadari, 10 Kebiasaan Kecil Bisa Kamu Lakukan untuk Menyelamatkan Bumi

Menjaga lingkungan tidak hanya menjadi tugas petugas dan aktivis lingkungan, tetapi membutuhkan partisipasi seluruh lapisan masyarakat dan kesadaran dari masing-masing individu. Saat ini pun telah banyak kampanye yang menyuarakan tentang betapa pentingnya peran kita sebagai individu dalam menyelamatkan bumi dari dampak buruk seperti global warming.

Ternyata kita bisa melakukan kebiasaan kecil dalam kehidupan sehari-hari yang tanpa disadari dapat memberi dampak baik untuk lingkungan. Nah, apa saja sih kebiasaan kecil tersebut? Mari simak langkah-langkah kecil berikut ini yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi.

Kantung Kain untuk Belanja

article image

Image source: dbs.com

Kebiasaan kecil pertama yang ternyata berdampak baik untuk bumi adalah selalu membawa kantung belanja sendiri ketika berbelanja di mana pun. Kebiasaan ini dapat mengurangi efek global warming karena secara tidak langsung kamu juga mengurangi sampah plastik.

Seperti yang diketahui, sampah plastik sulit terurai dan membutuhkan waktu 10 hingga 20 tahun hingga terurai secara alami. Sampah plastik umumnya didapat dari kantung plastik yang kita gunakan untuk menyimpan belanjaan. Maka dari itu, saat belanja di supermaket atau ke pasar kamu bisa menolak untuk menggunakan kantung plastik dan simpan belanjaan di kantung belanjamu sendiri.

Membawa Sedotan Sendiri

article image

Image source: magazine.job-like.com

Tahukah kamu bahwa sedotan plastik terbuat dari polypropylene yang dirancang seumur hidup dan tidak bisa dicerna bumi? Kamu tentu bisa membayangkan jika sedotan plastik digunakan terus-menerus setiap hari. Sampah plastik akan terus menumpuk.

Maka dari itu, langkah kecil seperti membawa sedotan sendiri akan membantu mengurangi penumpukan sampah plastik. Kamu bisa membawa sedotan bambu atau stainless yang bisa dipakai terus-menerus.

Membiasakan Diri Berjalan Kaki

article image

Image source: honestdocs.id

Membiasakan diri untuk berjalan kaki juga akan mengurangi dampak global warming. Dengan berjalan kaki, kamu dapat mengurangi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dan bonusnya adalah membuat badan menjadi lebih sehat. Jadi mulai sekarang biasakan berjalan kaki ke tujuan yang tidak terlalu jauh dari rumah kamu, misalnya saat kamu pergi ke warung, minimarket atau sekolah. Kamu bisa mengajak teman-teman untuk berjalan bersama. Berjalan kaki bersama teman-teman tentu lebih menyenangkan.

Isi Ulang Botol Sabun dan Sampo

article image

Image source: health.grid.id

Langkah sederhana ini juga bisa kamu praktikkan untuk menyelamatkan bumi. Dibanding membeli sabun atau sampo dalam kemasan botol yang baru tiap kali habis, alangkah baiknya bila kamu membeli kemasan isi ulangnya. Kamu tinggal mengisi botol sabun, sampo, atau pembersih lantai yang sudah habis.

Apalagi sekarang sudah banyak produsen yang membuat kemasan isi ulang untuk produk-produk berbahan cair. Dengan kebiasaan kecil ini sama artinya kamu telah membantu mengurangi pencemaran lingkungan.

Membawa Botol Minum Sendiri

article image

Image source: bobo.grid.id

Mulai sekarang, biasakanlah membawa botol minum sendiri atau tumblr. Dengan kebiasaan kecil ini kamu tidak perlu membeli air mineral dalam kemasan botol plastik setiap kali bepergian. Menggunakan air mineral kemasan terlalu sering tentu saja akan menambah sampah plastik.

Sebagai contoh, kamu bisa membawa botol minum sendiri saat pergi ke kantor, berolahraga atau berangkat gym. Selain bisa mengurangi sampah plastik, kamu juga bisa lebih hemat.

Mengganti Tisu dengan Serbet Kain

article image

Image source: zerowaste.id

Penggunaan tisu yang berlebihan dapat menyebabkan efek global terhadap lingkungan yang masif. Alasannya, produksi tisu diawali dengan penebangan hutan yang bertujuan untuk memproduksi pulp (bubur kertas). Akibat dari penebangan tersebut, hutan menjadi gundul, terjadi erosi dan pelepasan gas karbon yang berdampak pada konsentrasi CO2 di atmosfer dan meningkatnya suhu bumi.

Dari penjelasan tersebut, kita bisa mengetahui bahwa penggunaan tisu secara berlebihan memiliki dampak serius. Maka dari itu mulai sekarang gantilah tisu dengan serbet kain yang bisa dipakai berkali-kali.

Menggunakan Kertas Bekas

article image

Image source: channelone.com

Hampir sama dengan penggunaan tisu, kamu juga harus menghemat pemakaian kertas mulai dari sekarang. Bahan baku kertas terbuat dari kayu yang dihasilkan oleh pohon, sehingga produksi kertas juga diawali dengan penebangan pohon di hutan.

Untuk mengurangi penggunaan kertas, biasakanlah untuk menggunakan kertas bekas misalnya untuk mencatat, fotokopi atau dicetak (print) lagi. Bahkan kamu bisa membuat kerajinan tangan dengan menggunakan kertas atau koran bekas. Dengan begitu kamu tidak perlu membuang-buang kertas.

Mendaur Ulang Sisa Sabun

article image

Image source: alodokter.com

Tahukah kamu bahwa sisa-sisa sabun bisa dipakai lagi untuk membuat sabun baru? Caranya cukup mudah, kumpulkan sisa-sisa sabun batangan dalam satu wajah, parut sabun dan tuang di panci dengan satu sendok air lalu panaskan dengan api kecil. Kamu juga bisa menambahkan wewangian ke dalam olahan sabun.

Langkah selanjutnya, setelah dipanaskan hancurkan sabun dan tunggu hingga agak dingin sampai kamu bisa membentuknya. Cukup mudah bukan?

Habiskan Makanan Kamu

article image

Image source: twitter.com

Selalu menghabiskan makanan merupakan kebiasaan kecil untuk mengurangi limbah makanan yang semakin banyak. Limbah makanan dapat membuat air dan udara menjadi tercemar. Kenapa? Karena limbah makanan atau sisa makanan menimbulkan emisi nitrogen yang mendorong terjadinya pencemaran.

Bila kamu sering makan di restoran atau rumah makan, pesanlah makanan secukupnya sehingga tidak perlu ada makanan yang tersisa. Kalau ternyata porsi makanan yang kamu pesan masih kurang, kamu bisa tambah lagi kan? Lebih baik pesan sedikit dulu atau pesan secara bertahap daripada memesan dalam jumlah banyak sekaligus tetapi pada akhirnya tidak dapat kamu habiskan.

Matikan AC Jika Sudah Tidak Digunakan

article image

Image source: wolipop.detik.com

AC atau pendingin ruangan dapat membuat suhu ruangan menjadi lebih sejuk dan kualitas udara menjadi lebih sehat. AC pun sudah umum digunakan di rumah, kantor, kafe dan tempat umum lainnya.

Saat ini masih ada AC yang menggunakan neon atau CFC yang dapat membuat lapisan ozon menipis. Jika kamu masih menggunakan AC jenis ini, mulai sekarang biasakanlah untuk mematikan AC ketika sedang tidak digunakan. Pakai dengan seperlunya untuk menghemat pemakaian.


Menyelamatkan bumi dari kerusakan lingkungan dapat kita lakukan dengan kebiasaan-kebiasaan kecil tadi. Meskipun berupa langkah kecil, akan tetapi bila dilakukan bersama-sama akan menjadi suatu langkah besar. Mulai sekarang, sayangilah bumi kita bersama. Jangan lupa selalu cek website Gotomalls.com yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: robertharding.com