Jangan Lakukan 4 Hal Ini di Kebun Binatang Ragunan

Kebun binatang merupakan tempat wisata yang menyenangkan dan selalu menjadi favorit keluarga. Mengajak anak-anak ke kebun binatang secara tidak langsung mengajarkan kepada mereka untuk belajar menyayangi hewan sejak dini.

Berkunjung ke kebun binatang selain untuk hiburan juga memiliki fungsi untuk edukasi dan meningkatkan kepedulian terhadap hewan. Tahukah kamu bahwa hewan memiliki hak asasi yang juga dikenal sebagai kebebasan hewan. Prinsip dari kebebasan hewan ini adalah hewan juga memiliki hak dasar di mana harus dianggap sederajat sebagaimana hak dasar manusia.

Nah, memperingati hari hak asasi hewan yang jatuh pada tanggal 15 Oktober lalu, kita bisa berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan. Namun perlu diingat bahwa ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika berkunjung ke kebun binatang. Yuk simak hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan di Kebun Binatang Ragunan.

1. Jangan Buang Sampah Sembarangan

article image

Image source: regional.kompas.com

Ini adalah aturan paling dasar yang harus diterapkan di mana pun kamu berada, tak terkecuali Kebun Binatang Ragunan. Pengunjung Kebun Binatang Ragunan diharapkan untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Pihak pengelola pun sudah menyiapkan tempat sampah di sejumlah titik di Kebun Binatang Ragunan.

Dengan ketersediaan tempat sampah yang banyak, tentunya tidak ada alasan untuk membuat sampah sembarangan. Ini merupakan salah satu cara untuk mendidik masyarakat untuk membiasakan diri menjaga kebersihan dan juga kenyamanan bersama. Secara tidak langsung hal ini juga menanamkan pikiran bahwa Kebun Binatang Ragunan adalah milik bersama, jadi sudah seharusnya kita menjaga kebersihan tempat tersebut demi kenyamanan bersama.
Tidak hanya demi kenyamanan pengunjung, dengan tidak membuang sampah sembarangan kamu juga berperan dalam menjaga kenyamanan hewan yang ada di Kebun Binatang Ragunan itu sendiri. Membuang sampah ke dalam kandang hewan tentu akan membahayakan hewan tersebut. Hal ini sering terjadi ketika pengunjung melempar makanan kemasan ke dalam kandang dengan maksud memberi makan hewan.

Meskipun kedengaran sepele, tetapi jangan pernah meremehkan dampak dari kebiasaan yang tidak baik tersebut. Akibatnya bisa fatal seperti yang pernah terjadi di Kebun Binatang Surabaya di mana seekor jerapah mati yang di dalam perutnya terdapat sekitar 20 kg kantong plastik. Kasihan kan?

2. Jangan Memberi Makan Hewan

article image

Image source: pikniek.com

Aturan ini umum diberlakukan di kebun binatang dan harus dipatuhi oleh pengunjung. Hewan-hewan yang dikandangi memang dilarang oleh pihak kebun binatang untuk diberi makan oleh pengunjung. Walaupun pengunjung memiliki niat baik ingin memberi makan, sebaiknya urungkan dulu ya.
Hewan-hewan di dalam kandang terkadang memang tidak menolak bila diberi makan oleh pengunjung. Namun memberi makan hewan merupakan salah satu hal yang mengganggu satwa. Peraturan ini dibuat bukan tanpa alasan, tidak semua pengunjung yang mengerti jenis makanan yang tepat untuk hewan.

Tanpa pengetahuan dasar tentang jenis makanan yang tepat untuk hewan, dikhawatirkan pengunjung akan membuat sesuatu yang berakibat fatal. Hewan bisa sakit, apalagi jika hewan tersebut sedang menderita gangguan pencernaan atau alergi terhadap makanan tertentu. Jadi serahkan semuanya kepada petugas Kebun Binatang Ragunan yang memang bertugas memberi makan hewan dan mengatur jenis makanan yang tepat untuk hewan tersebut.

Baca juga artikel lainnya tentang hewan di bawah ini:

Articles

3. Jangan Lengah

article image

Image source: megapolitan.okezone.com

Hal berikutnya yang harus kamu perhatikan adalah jangan lengah saat berada di Kebun Binatang Ragunan. Kebun binatang merupakan tempat yang cukup ramai, apalagi bila kamu datang saat hari libur, suasana kebun binatang akan semakin padat.

Di tengah padatnya orang yang berkunjung ke kebun binatang, kamu tidak boleh lengah sedikit pun. Jangan sampai kamu terpisah dari rombongan atau justru ada anggota keluarga yang tertinggal, terutama anak-anak. Ternyata kasus ini sering terjadi lho, selalu ada anak yang hilang atau tersesat saat berkunjung ke Ragunan terutama saat momen liburan sekolah.

Maka dari itu, tetaplah awas jika berkunjung bersama rombongan terutama saat mengajak anak-anak. Namun, jika ternyata sudah kejadian ada anggota keluarga yang terpisah segera melapor kepada petugas.

Jangan lengah juga berarti harus berhati-hati agar tidak terlalu dekat dengan kandang binatang. Jika membawa anak-anak, para orang tua diharapkan untuk waspada dan menuntun anak-anak ketika berinteraksi dengan hewan. Jangan sampai karena keteledoran sendiri keselamatan kamu jadi terancam.

4. Jangan Membuat Keributan

article image

Image source: pesona.travel

Satu lagi hal yang sangat penting, jangan membuat keributan atau kegaduhan di Kebun Binatang Ragunan. Perlu kamu ketahui bahwa sebagian besar hewan lebih nyaman dengan ketenangan. Jangan menambah gaduh suasana kebun binatang yang sudah cukup ramai.
Jangan membuat keributan juga berarti tidak boleh mengagetkan hewan karena beberapa hewan sangat mudah stres jika dikagetkan. Pengunjung diharapkan memperlakukan hewan secara wajar. Jika hewan sampai mengalami stres yang berkepanjangan, hal itu akan mengubah perilaku hewan bahkan bisa berakibat mati secara perlahan.

Untuk mencegah hewan mengalami stres, pihak pengelola Kebun Binatang Ragunan ternyata memberlakukan libur khusus satu hari dalam seminggu untuk satwa-satwa di sana. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk kenyamanan dan kesejahteraan hewan-hewan yang ada di Ragunan.


Nah, sekarang kamu sudah paham kan hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan ketika berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan? Demi kenyamanan satwa-satwa yang tinggal di sana, sudah menjadi kewajiban kita untuk mematuhi anjuran dan tata tertib di kebun binatang. Sudah menjadi tugas kita pula untuk menunjukkan kepedulian terhadap hewan dengan tidak melakukan hal-hal yang bisa menyakiti hewan.

Jangan lupa cek Gotomalls.com ada beberapa event yang menarik untuk melihat binatang-binatang. Cek selengkapnya di bawah ini:

Gotomalls.com adalah aplikasi berbasis website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: momkidsradio