Cara Menghindari Asam Lambung Naik Saat Puasa

Tidak terasa sebentar lagi menjelang bulan suci Ramadhan ya! Nah dalam menjalani puasa tentu menjadi masalah jika  muncul kondisi asam lambung naik. Hal ini pasti akan menjadi sesuatu halangan yang tidak menyenangkan selama menjalankan ibadah puasa. Bukan hanya rasa tidak nyaman yang akan kamu rasakan, namun ibadah dan aktivitas sehari-hari lainnya pun jadi terganggu. Oleh karena itu, agar ibadah puasa lebih maksimal dan tidak mengganggu setumpuk aktivitas, jangan sampai ini terjadi. Berikut merupakan beberapa cara mengatasi masalah kesehatan tersebut.

Sebelum lanjut, ada baiknya kamu cek rekomendasi kupon menarik yang bakal bikin kamu makin irit!

Dan jangan lupa, di Gotomalls kamu juga bisa isi pulsa kapan dan dimana saja. Klik link di bawah ini untuk isi pulsa instant!

Hindari Makan dan Minum Sembarangan

article image

Source image : healthdetik

Salah satu penyebab asam lambung gampang naik ialah jika kamu makan sahur dan berbuka
dengan makanan yang tidak tepat. Maka dari itu kamu perlu memilih makanan yang bisa mencegah asam lambung naik saat puasa. Dalam memilih makanan untuk berbuka atau makan sahur, tentu saja kamu perlu menghindari makanan-makanan yang dapat menyebabkan penyakit maag seperti makanan yang pedas, asam, berlemak (gorengan dan santan), coklat, minuman berkarbonasi, dan kopi. Untuk makan  sahur, usahakan juga kamu untuk makan lauk dengan sayuran hijau seperti brokoli, kacang hijau, seledri, kol, atau bayam untuk menjaga kesehatan lambung kamu.

Mengapa sayuran? Karena dalam sayuran tersebut mengandung kandungan asam yang rendah, sehingga akan meredakan kondisi refluks di perut kamu. Namun untuk berbuka puasa, yang pertama untuk berbuka bisa mengonsumsi minuman jahe hangat. Dipilih jahe karena jahe dapat berkhasiat baik bagi kamu yang mengalami asam lambung naik saat puasa. Dengan sifat antiradang alami yang dimiliki oleh jahe, hal ini sangat baik untuk mengatasi masalah asam lambung dan pencernaan lainnya.

Tidak hanya diseduh, tetapi jahe juga bisa dijadikan sebagai bumbu rempah dalam masakan. Anda harus menghindari berbuka dengan gorengan dan menu-menu yang menggunakan santan seperti kolak. Anda harus menghindari pula berbuka dengan buah-buah yang asam seperti jeruk dan mangga. Sebagai alternatif Anda dapat menggantinya dengan berbuka menggunakan kurma, melon, pisang, apel, buah pir, dan semangka.

Cek juga beberapa hal yang bisa bantu masalah asam lambung kamu.

Makan dan Minum Obat Asam Lambung yang Teratur

article image

Source image : glitzmedia

Salah satu penyebab kenaikan asam di lambung yang lainnya ialah pola makan dan waktu minum obat yang tidak teratur. Dikarenakan berpuasa makan hanya diperbolehkan diantara waktu berbuka dan sahur saja, maka Anda jangan menunda-nunda makan ya! Usahakan untuk selalu langsung berbuka puasa dengan makanan yang baik untuk asam lambung Anda, hindari makanan berlemak dan minuman bersoda. Jangan sampai menunda – nunda berbuka. Apalagi setelah Anda menunda berbuka Anda mengkonsumsi makanan yang tidak baik untuk asam lambung. Nah tentunya ini sangat tidak baik. Usahakan juga untuk selalu makan sahur, jangan sampai terlewat. Yang terakhir jangan lupa pula untuk minum obat asam lambung, apalagi jika Anda sudah mulai merasakan gejala tidak nyaman pada lambung setelah berbuka puasa.

Perhatikan Porsi Makan Saat Sahur dan Berbuka

article image

Source image : klikuk

Ini dia cara mengatasi asam lambung naik saat puasa ialah dengan memerhatikan porsi makan. Apabila Anda saat berbuka maupun makan sahur langsung menyantap makanan dalam porsi yang besar, mengandung banyak minyak dan manis, secara langsung ini dapat memicu refluksnya asam lambung jadi naik. Untuk mencegah hal ini terjadi maka ada baiknya Anda ubah porsi makan jadi sedikit demi sedikit dulu diawali dengan minuman jahe hangat. Kemudian setelahnya Anda bisa lanjutkan dengan makanan lain dengan porsi yang meningkat secara perlahan. Dengan begitu Anda dapat mencegah asam lambung naik.

Kunyah Makanan dengan Benar

article image

Source image : banjarmasinpost

Beberapa kondisi asam lambung naik saat puasa juga dapat disebabkan oleh perilaku Anda saat makan, perilaku yang suka makan dengan cepat tanpa kunyahan yang baik dan benar. Anda dianjurkan untuk makan sepelan mungkin dan mengunyah hingga makanan selembut mungkin. Jika Anda mengunyah makanan dengan baik dan benar, hal ini dapat dapat membantu enzim pencernaan mengolah dan mencerna makanan dengan lebih mudah sehingga mengurangi risiko asam lambung naik atau memperburuk gejala GERD yang Anda alami.

Cek juga beberapa rekomendasi store yang bisa jadi tempat yang kamu kunjungi untuk persiapan mencegah naiknya asam lambung kamu.

Brands

Minum 2 Liter Per Hari dan Jangan Makan Sebelum Tidur

article image

Source image : tribunnewsbogor

Apabila Anda makan sahur dan berbuka dengan terlalu sering minum air, hal ini dapat membuat Anda kembung dan makanan yang diasup jadi sulit dicerna. Minumlah air setelah beberapa saat Anda makan berbuka atau sahur, beri jeda waktu dan jangan berlebihan. Lalu hilangkan juga kebiasaan untuk langsung tidur setelah sahur. Hal ini dapat memicu terjadinya refluks asam lambung naik ke kerongkongan bersamaan dengan makanan yang Anda konsumsi.

Itu dia ke-5 tips agar asam lambung tidak naik saat menjalankan ibadah puasa. Semoga bermanfaat ya, selamat menunaikan ibadah puasa, dan jangan lupa pula untuk selalu menjaga kesehatan Anda!

Oh ya, jangan lupa selalu cek website Gotomalls.com. Disini kamu bisa temukan ratusan info promo dari berbagai brand dan mall serta kupon-kupon diskon dan juga artikel-artikel yang menarik untuk dibaca.

Malls

Brands