8 Macam Hobi yang Berpotensi Menghasilkan Uang di Era Digital

Menghasilkan uang dari hobi boleh dibilang impian semua orang. Hampir setiap orang memiliki hobi atau kegemaran yang dilakukan di waktu senggang. Bahkan ada pula yang menjalankan hobinya hampir sepanjang waktu sebagai sumber penghasilan.

Apabila kamu melakukan pekerjaan yang didasari minat dan kegemaran, kamu akan lebih menikmati pekerjaan itu. Bahkan sebagian orang merasa sedang tidak bekerja ketika menjalankan hobi yang bisa menghasilkan uang. Karena mereka melakukan pekerjaan yang menurut mereka menyenangkan. Apalagi sekarang kita sudah masuk di zaman era digital di mana pengembangan bisnis menjadi lebih mudah.

Kalau kamu memiliki hobi tertentu yang sedang ditekuni, ulasan tentang macam-macam hobi yang bisa menghasilkan uang berikut ini akan membantu kamu. Yuk simak macam-macam hobi yang berpotensi menghasilkan uang di era digital berikut ini.

Bermain Game

article image

Image source: tvmovie.de

Dulu saat masih kecil mungkin orang tua kamu sering melarang untuk bermain game dengan alasan nanti kamu jadi tidak lupa belajar. Namun sekarang siapa sangka hobi bermain game malah bisa menjadi sumber penghasilan.
Misalnya saja PewDiePie dan SeaNanners yang terbukti mampu menghasilkan uang dari konten game di Youtube.

Coba deh kamu cek video-video dengan konten game di Youtube, jumlah penontonnya luar biasa. Jadi tidak heran youtuber dan gamer sekelas PewDiePie dapat menghasilkan jutaan dolar setiap harinya. Ditambah lagi, gamer masa kini memiliki peluang yang luas untuk mengikuti turnamen e-sport dengan hadiah yang tidak sedikit.

Menulis dan Blogging

article image

Image source: seoclerk.com

Macam-macam hobi berikutnya yang bisa menghasilkan uang di era digital adalah hobi menulis dan blogging. Kalau kamu memiliki hobi tersebut, cobalah untuk lebih berani untuk menggali kemampuan kamu. Kamu bisa mengirim tulisan kamu ke media cetak maupun online sebagai content writer.

Selain itu, kamu bisa membuat blog atau website pribadi sebagai wadah untuk hobi menulis kamu. Tulislah materi apa saja yang kamu kuasai misalnya tema bisnis, kuliner, fashion, traveling atau review produk yang kamu pakai. Buatlah semenarik mungkin untuk lebih menggaet banyak pembaca. Kamu juga dapat memasang iklan di blog kamu yang tentu saja akan menghasilkan uang.

Fotografi

article image

Image source: rimma.co

Fotografi merupakan salah satu keahlian yang paling dibutuhkan di era digital. Apabila kamu hobi memotret, ada banyak peluang yang bisa kamu coba. Kamu bisa menjual hasil jepretan secara online.

Kamu bisa memanfaatkan online stock photo agency seperti ShutterStock, 123rf atau Dreamstimes. Selain cara online, kamu pun bisa mencoba peluang dengan melakukan macam-macam hobi fotografi yang lain seperti fotografer pernikahan, acara wisuda atau ulang tahun.

Menggambar dan Editing

article image

Image source: opini.id

Ada macam-macam hobi menggambar dan editing yang bisa menghasilkan uang. Salah satunya adalah kemampuan dalam bidang desain grafis. Di era digital saat ini, visual merupakan komponen yang penting karena mampu menyampaikan pesan dan informasi yang lebih mudah diserap oleh masyarakat. Kamu pasti lebih tertarik membaca infomasi dalam bentuk infografis dibanding tulisan saja kan?

Kalau kamu hobi membuat sketsa baik secara manual maupun dengan aplikasi seperti InkSpace, kamu pun bisa menjual hasil karya secara online. Promosikan karya kamu untuk orang yang membutuhkan jasa menggambar. Lain lagi kalau kamu hobi menggambar komik, cobalah untuk lebih berani mengekspos karya kamu melalui media online atau mengirimnya ke penerbit.

Mendesain Web

article image

Image source: urbandigital.id

Apakah kamu memiliki minat di bidang IT? Macam-macam hobi di bidang IT juga dapat menghasilkan uang lho, salah satunya adalah membuat dan mendesain website. Di era digital, pelaku usaha dan komunitas yang memerlukan eksistensi tentu membutuhkan website.

Kembangkanlah kemampuan kamu dalam mendesain. Apabila kamu memiliki ciri khas dan desain yang berbeda, hal itu akan menjadi nilai tambah dan tentu lebih mencuri perhatian konsumen.

Membuat Video

article image

Image source: bp-guide.id

Nah, hobi yang satu ini belakangan makin marak dilakukan. Dari yang tadinya hanya sekadar iseng membuat video, lama-lama menjadi lebih serius untuk menghasilkan uang. Hobi membuat video bisa kamu manfaatkan di era digital seperti sekarang ini.

Kamu bisa membuka jasa konten video untuk membantu aktivitas promosi produk perusahaan tertentu. Kamu juga bisa menjadi videografer atau vlogger. Saat ini ada banyak vlogger bermunculan dengan konten-konten menarik, kamu bisa memulainya dengan membuat konten video mengenai sesuatu yang kamu kuasai.

Traveling

article image

Image source: zizoo.com

Macam-macam hobi berikutnya yang berpotensi menghasilkan uang adalah hobi traveling. Kok bisa? Kalau kamu hobi traveling, kenapa tidak membuat konten berupa tulisan, foto atau video perjalanan yang bisa dinikmati banyak orang?

Ada banyak platform yang bisa kamu coba sebagai wadah kreativitas, bisa melalui blog, Instagram, atau Youtube. Dengan konten traveling yang menarik dan informasi tentang perjalanan yang bermanfaat, kamu pun bisa menjadi influencer. Bukan hal yang tidak mungkin pula suatu saat kamu akan menerima endorsement dan melakukan perjalanan secara gratis. Menarik bukan?

Memasak

article image

Image source: sahabatnestle.co.id

Siapa di antara kamu yang hobi memasak? Keahlian yang umumnya dimiliki oleh kaum wanita ini memiliki peluang yang bagus untuk menghasilkan uang lho. Saat ini ada banyak bisnis yang berkaitan dengan dunia kuliner, seperti bisnis kue dan makanan sehat.

Di era digital seperti sekarang, kamu akan lebih mudah mempromosikan produk. Orang-orang bisa memesannya secara online dan kamu cukup bekerja di dapur kamu di rumah. Kamu bisa menawarkan jasa katering untuk acara pernikahan, syukuran dan lain-lain. Di zaman yang juga serba instan ini, akan ada banyak orang yang lebih memilih memesan makanan secara online dibanding harus memasak sendiri.


Nah, itulah macam-macam hobi yang bisa berpotensi menghasilkan uang di era digital. Kalau kamu memiliki minat di salah satu hobi tadi, tidak ada salahnya untuk mencoba segala peluang yang terbuka lebar di depan mata. Cek informasi menarik lainnya di Gotomalls.com, aplikasi berbasis website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Mall

featured image source: rimma.co