Makanan Khas Korea Selatan Paling Terkenal dan Hits di Indonesia

Tak bisa dipungkiri demam K-drama sudah sangat melekat di hati para penggemarnya di Indonesia. Tidak hanya drama, fashion, musik saja tapi juga kuliner khasnya mencuri perhatian. Banyak sekali makanan khas Korea Selatan yang menarik, menggugah selera dan selalu menjadi sorotan di setiap K-drama. Tak heran kini di Indonesia pun sudah banyak restoran yang menyajikan makanan khas Korea Selatan. Nah buat kamu yang ingin mencicipi makanan khas Korea Selatan yang populer di Indonesia berikut rekomendasi Gotomalls untuk kamu:

Kimchi

article image

Image source: platingsandpairings.com

Kimchi adalah makanan khas Korea Selatan yang paling populer dan selalu ada di K-drama. Kimchi merupakan sayuran yang difermentasikan dan diberi bumbu pedas. Tentu kamu sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini, sayuran yang biasa digunakan untuk kimchi adalah sawi putih, wortel, lobak dan sayuran lainnya yang kemudian dicampur dengan kecap ikan, jahe, bawang putih, bawang bombay, dan bubuk cabai. Kimchi menghasilkan rasa asam dan juga pedas, sehingga menggugah selera siapa pun yang mencicipinya. Kimchi wajib masuk sebagai makanan pendamping mulai dari sarapan, makan siang dan makan malam.

Japchae

article image

Image source: drivemehungry.com

Berikutnya ada Japchae yang kalau dilihat sekilas seperti bihun goreng tapi di Korea Selatan menggunakan mie yang berwarna bening, terbuat dari tepung ubi atau kentang, dan memiliki tekstur yang kenyal. Selain kimchi, japchae juga termasuk sebagai makanan pendamping makan siang ataupun makan malam. Japchae merupakan campuran mie dengan sayuran yang berwarna warni, daging, jamur, telur, kecap asin, gula, minyak wijen, gula dan bumbu pendamping lainnya. Pecinta mie wajib coba japchae!

TTeokbokki

article image

Image source: pinterest.co.kr

Makanan khas Korea Selatan yang satu ini terbuat dari tepung beras. Tteokbokki memiliki tekstur yang kenyal, lembut, dicampur dengan bumbu gochujang atau pasta cabai Korea menghasilkan rasa pedas dan manis membuat makanan ini wajib dicoba. Bentuk tteokbokki ini seperti batang atau silinder. Kini kamu bisa menemukan tteokbokki di supermarket ataupun restoran.

Bibimbap

article image

Image source: maangchi.com

Mau coba nasi campur orang Korea? Coba saja bibimbap, ini adalah makanan khas Korea Selatan yang berisi nasi, sayuran, daging, telur mata sapi setengah matang, dan saus gochujang serta kimchi sebagai makanan pendamping. Untuk menikmati semangkuk bibimbap caranya dengan mencampur semua isi menjadi satu, dan disajikan dalam keadaan hangat serta diberi taburan biji wijen. Makanan ini wajib ada pada malam Tahun Baru Imlek di Korea Selatan.

Kimbap

article image

Image source: thespruceeats.com

Menyerupai sushi roll khas Jepang, kimbap adalah makanan khas Korea Selatan yang bentuknya mirip sushi. Kimbap berisi nasi, telur, sayuran seperti bayam, wortel atau lobak, kemudian digulung dengan rumput laut dan di potong-potong. Kamu juga bisa membuat sajian ini sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang ada dan nikmati kimbap sambil menonton K-drama.

Bulgogi

article image

Image source: seriouseats.com

Di serial K-drama selalu ada makanan khas Korea Selatan yang satu ini, yaitu bulgogi. Bulgogi merupakan olahan irisan daging sapi yang tipis khas Korea biasanya dipanggang atau ditumis dengan bumbu bulgogi. Daging sapi dimarinasi dengan kecap asin, kecap manis, minyak wijen, bawang dan lada. Cara menikmatinya dengan membungkus daging sapi yang sudah dipanggang ke dalam sayur selada dan kimchi. Lebih nikmat lagi jika dinikmati bersama sebotol soju. Kini sudah banyak restoran yang menyediakan Korean barbeque lengkap dengan makanan pendamping.

Jajangmyeon

article image

Image source: futuredish.com

Makanan yang satu ini menyerupai mie ayam yang ada di Indonesia. Uniknya Jajangmyeon disajikan dengan saus kental kedelai hitam, daging dan acar lobak. Bagi kamu penggemar mie, wajib coba makanan khas Korea yang satu ini.

Ramyeon

article image

Image source: idntimes.com

Kamu tentu sudah tidak asing dengan ramyeon atau mie instan ala Korea. Sudah banyak supermarket yang menjual ramyeon, tekstur mienya tebal dan bumbu instannya membuat kuah jadi lebih kental. Di Korea, ramyeon disajikan dengan memasak dan memakannya langsung dari panci tanpa perlu dipindahkan ke mangkuk. Coba rasakan sensasi makan rameyon ala orang Korea, dan tambahkan kimchi sebagai makanan pendamping!

Sundubu-jjigae

article image

Image source: tasteatlas.com

Sundubu-jjigae adalah sup pedas ala Korea menggunakan kaldu daging sapi dan diberi isian seperti tahu sutera, daging sapi, jamur, sayuran, telur dan gochujang (pasta cabai khas Korea). Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah apalagi musim hujan seperti sekarang, nikmat disajikan hangat.


Itulah beberapa makanan khas Korea Selatan yang cukup populer di Indonesia. Bagi pecinta k-drama wajib banget mencicipi semua hidangan khas Korea. sudah banyak restoran yang menyajikan makanan khas Korea di Indonesia. Jangan lupa akses Gotomalls.com untuk informasi menarik lainnya.

Articles

Malls

featured image source: touristsecrets.com