Makanan Sebelum Olahraga

Sudah sewajarnya kita mempersiapkan tubuh dengan asupan yang baik sebelum berolahraga. Selain agar tidak gampang lelah, makanan yang kita konsumsi akan menjadi suplai energi. Oleh sebabnya, kita disarankan untuk memilih makanan sebelum olahraga terbaik.

Nah, berikut ini Gotomalls akan membagikan beberapa rekomendasi makanan untuk cocok dikonsumsi sebelum berolahraga.

1. Oatmeal

article image

Image source: Feel Good Foodie

Oats terkenal mengandung tinggi serat yang berguna untuk memfasilitasi pelepasan karbohidrat agar lebih stabil dalam menghasilkan energi. Terlebih lagi, oat juga mengandung vitamin B yang sama-sama bermanfaat untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Inilah sebabnya oats menjadi makanan yang direkomendasikan sebelum olahraga.

2. Pisang

article image

Image source: emedihealth.com

Selain oats, buah pisang juga merupakan salah satu sumber karbohidrat yang mampu menyuplai “bahan bakar” selama berolahraga. Menariknya, pisang juga memiliki kandungan kalium yang bisa membantu fungsi saraf dan otot. Dengan mengonsumsi pisang sebelum berolahraga, tubuh kita akan mendapat asupan protein penting yang penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot.

3. Roti Gandum

article image

Image source: klikdokter.com

Makanan sebelum olahraga berikutnya adalah roti gandum. Selain untuk sarapan, roti gandum juga cocok sebagai asupan sebelum berolahraga karena mengandung karbohidrat. Kamu bisa mengkreasikan roti gandum agar lebih nikmat dan tidak terasa hambar, seperti menambahkan selai kacang, buah, atau madu.

4. Smoothies Buah

article image

Image source: Yummy Toddler Food

Bukan cuma makanan, olahan minuman buah-buahan seperti smoothies juga bisa menjadi asupan yang baik sebelum berolahraga. Pilihlah jenis buah-buahan yang merupakan sumber lemak tak jenuh dan protein seperti alpukat, pisang, dan sebagainya. Minuman ini juga cocok untuk pelepas dahaga selepas berolahraga.

5. Dada Ayam

article image

Image source: MeatKart.in

Dada ayam sudah lazim dijadikan menu utama dalam program diet atau pembentukan otot. Makanan sebelum olahraga ini merupakan bagian yang mengandung protein paling tinggi dari ayam, sehingga mampu menutrisi tubuh secara lebih optimal. Biasanya, dada ayam diolah dengan cara dikukus atau divariasikan dengan salad agar lebih lengkap.

6. Alpukat

article image

Image source: MiNDFOOD

Bukan rahasia lagi jika buah yang satu ini menawarkan segudang manfaat baik untuk kesehatan. Alpukat mengandung serat dan lemak tak jenuh yang cukup tinggi sehingga mampu membuat tubuh kenyang lebih lama. Selain itu, alpukat juga merupakan sumber vitamin E, C, K, B-6, riboflavin, folat, niasin, asam pantotenat, kalium, dan magnesium.

7. Yogurt

article image

Image source: hellosehat.com

Yoghurt merupakan salah satu jenis olahan susu yang terkenal dengan kandungan probiotiknya. Untuk kamu yang sedang menjalani program diet, yogurt bisa menjadi menu andalan untuk membantumu mencapai target. Apalagi jika dikombinasikan dengan buah-buahan, kamu bisa mendapat suplai energi sekaligus menguras lemak secara lebih optimal.


Nah, itulah beberapa makanan sebelum olahraga yang baik dikonsumsi. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: IDN Times