Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Cara ini akan mempermudah seseorang dalam mendapat berat badan ideal dan tubuh yang lebih sehat.

Penting mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari saat melakukan pola hidup sehat. Dengan begitu kamu akan lebih mudah mencapai dan mempertahankan berat badan ideal.

Idealnya, ketika ingin mengurangi berat badan seorang akan menghindari makanan yang kaya kalori. Namun kalori bukan satu-satunya faktor yang membuat diet gagal. Apalagi jika yang dikonsumsi adalah makanan rendah kalori yang kurang serat dan protein. Itu justru membuatmu akan mudah lapar dan ingin makan lagi.

Untuk itu kamu wajib tahu makanan yang harus dihindari saat diet seperti berikut ini.

1. Minuman Manis

article image

Image source: thejakartapost.com

Minuman manis kemasan, seperti soda dan jus buah yang mengandung gula tambahan memiliki tingkat nutrisi yang cukup rendah. Mengkonsumsi minuman ini hanya akan menambah kalori dalam tubuh dan tidak membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Jika kamu masih ingin minum jus ada baiknya untuk membuat sendiri tanpa tambahan gula. Itu bahkan lebih menyehatkan dan kaya akan vitamin.

2. Kentang Goreng

article image

Image source: dinetathezoo.com

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang tidak bisa menolak kentang goreng? Yup, maka hindarilah mulai saat ini. Kentang goreng adalah salah satu makanan yang harus dihindari saat diet. Makanan ini umumnya mengandung kalori tinggi, garam, dan lemak yang tidak baik untuk tubuh.

Kentang goreng juga tidak bisa membuat seorang kenyang lebih lama. Bahkan jika kamu sering mengkonsumsi kentang goreng, kemungkinan beratmu akan mudah naik.

3. Makanan Cepat Saji

article image

Image source: idntimes.com

Makanan yang harus dihindari saat diet berikutnya ini adalah jenis makanan fast food, seperti burger dan pizza. Makanan cepat saji memiliki tingkat lemak dan kalori tinggi.

Bahkan sebuah penelitian mengatakan jika seorang wanita yang mengonsumsi makanan cepat saji 2 kali seminggu lebih mudah menderita obesitas. Kamu pasti tidak mau dong diet gagal hanya karena makanan cepat saji?

4. Keripik

article image

Image source: tastingtable.com

Tak kalah tinggi kalori, makanan yang harus dihindari saat diet ini sering kali dijadikan camilan. Padahal keripik mengandung kalori tinggi yang merupakan jenis makanan olahan.

Mengkonsumsi keripik sama saja kamu menggagalkan program diet yang telah dibangun dengan rapi.

5. Alkohol

article image

Image source: healthline.com

Meminum alkohol termasuk bir secara berlebihan dapat mengurangi target penurunan berat badan dan menimbulkan banyak masalah kesehatan. Bahkan saat kamu meminum alkohol rasa ingin makan justru akan semakin tinggi.

6. Yoghurt Manis

article image

Image source: dw.com

Meskipun yogurt adalah makanan terbaik tapi saat kamu mengkonsumsinya dengan tambahan pemanis maka diet akan gagal. Itu mengapa yoghurt manis termasuk makanan yang harus dihindari saat diet.

Ada baiknya kamu membaca label nutrisi sebelum membeli yoghurt kemasan. Yang terbaik adalah dengan menghindari yoghurt manis dan ganti dengan greek yoghurt tanpa tambahan gula.

7. Es Krim

article image

Image source: crazyinspiredlife.com

Benar, es krim juga wajib masuk daftar makanan yang harus dihindari saat diet. Makanan ini sangat tinggi gula dan kalori dengan sedikit protein tanpa serat.

Jika memang ingin makanan yang dingin dan menyegarkan, pertimbangkan untuk mengonsumsi buah beku dicampur dengan greek yoghurt. Itu akan lebih menyehatkan.

8. Granola Bars

article image

Image source:houteandhealthliving.com

Kok bisa granola masuk daftar makanan yang harus dihindari saat diet? Sebab granola bars sering kali dibuat hanya dari gula dan minyak. Sedangkan kandungan proteinnya sangat sedikit.

Benar makanan ini rendah kalori namun justru membuatmu merasa cepat lapar setelah mengkonsumsi granola batang ini. Itu mengapa tidak disarankan untuk memakan granola batang ketika diet.

9. Donat

article image

Image source: eatthis.com

Donat dan berbagai kue manis adalah makanan yang harus dihindari saat diet karena hampir seluruhnya mengandung gula. Ketika mengkonsumsi donat, gula yang terkandung akan terurai dengan cepat dan menyebabkan tubuh melepas lebih banyak insulin.

Di saat itulah gula darah akan meningkat dan membuat kita merasa lebih cepat lapar bahkan setelah makan.

10. Kopi

article image

Image source: freepik.com

Terakhir ada kopi. Kopi memang memiliki manfaat untuk menghilangkan lemak perut. Namun dengan tambahan susu dan gula kopi tidak lagi jadi musuh lingkar perut.

Campuran kopi, susu, dan gula menghasilkan setidaknya 600 kalori. Dan jika kamu terus mengkonsumsinya bisa jadi berat badan makin bertambah.

Berdasarkan studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Public Health menyebutkan jika hampir 70 persen peminum kopi dengan tambahan kalori (termasuk gula dan krim) mengalami penghambatan penurunan berat badan.


Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia!

Malls

Articles

Featured image source: dream.co.id