Segudang Manfaat Berjemur di Pagi Hari, Termasuk Cegah Corona

Sejak merebaknya wabah virus corona, kegiatan berjemur di pagi hari menjadi rutinitas masyarakat di Indonesia. Orang-orang tidak melewatkan kesempatan untuk mandi sinar matahari pagi sebagai bentuk pencegahan terhadap virus corona. Langkah ini dianggap paling mudah dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh karena kamu hanya perlu berjemur di waktu yang tepat.

Waktu berjemur yang baik disarankan mulai pukul 10.00 sekitar 5 - 15 menit. Manfaat berjemur di pagi hari tidak hanya dinilai mampu meredam penyebaran virus corona, tetapi ternyata memiliki segudang manfaat lain untuk kesehatan. Berikut ini Gotomalls sudah merangkum berbagai manfaat berjemur di pagi hari.

Sumber Vitamin D

article image

Image source: indomedia.com.au

Dengan berjemur di pagi hari kamu akan mendapatkan vitamin D secara cuma-cuma. Saat berjemur, sinar ultraviolet disaring kulit dan sinar tersebut kemudian mengubah simpanan kolesterol di kulit menjadi vitamin D. Dengan berjemur di pagi hari selama lima menit saja, kamu sudah memberikan 400 vitamin D pada tubuh.

Meningkatkan Penyerapan Kalsium

article image

Image source: hellosehat.com

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa sinar matahari pagi dapat merangsang produksi vitamin D di dalam tubuh. Nah, vitamin D ini memiliki manfaat untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor di dalam tubuh sehingga dapat memperkuat tulang, gigi dan otot.

Manfaat berjemur di pagi hari juga berperan dalam pembentukan, perbaikan tulang dan mencegah rakitis pada anak-anak serta mencegah pengeroposan tulang seperti osteoporosis dan osteomalasia.

Memperbaiki Kualitas Tidur

article image

Image source: hellosehat.com

Manfaat berjemur di pagi hari berikutnya adalah dapat memperbaiki kualitas tidur. Ternyata berjemur bisa menjadi terapi lho untuk kamu yang menderita insomnia. Kok bisa sih? Hal itu disebabkan paparan sinar matahari pagi dapat merangsang produksi melatonin di dalam tubuh.

Melatonin adalah hormon yang berperan mengatur siklus tidur. Apabila kadar melatonin di dalam darah terlalu rendah, siklus tidur kamu akan terganggu. Di sisi lain, apabila kamu mendapat waktu tidur cukup akan berdampak baik bagi tubuh karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mencegah Penyebab Infeksi

article image

Image source: kompas.com

Selain dapat memenuhi asupan vitamin D untuk tubuh, manfaat berjemur di pagi hari juga dapat mencegah penyebab infeksi. Saat tubuh terpapar sinar matahari, tubuh akan menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang bermanfaat sebagai perlindungan tubuh.

Seperti diketahui, sel darah putih berperan dalam melawan berbagai penyebab infeksi. Inilah salah satu alasan mengapa berjemur di pagi hari disarankan untuk mencegah infeksi virus corona.

Mengurangi Risiko Kanker

article image

Image source: hellosehat.com

Terlalu lama terkena paparan sinar matahari akan meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Namun apabila kamu berjemur di waktu yang tepat dan dalam intensitas yang cukup, manfaat berjemur di pagi hari justru dapat mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker ovarium, kanker pankreas hingga kanker usus besar.

Mengatasi Penyakit Kulit

article image

Image source: health.grid.id

Manfaat berjemur di pagi juga dapat membantu mengobati beberapa penyakit kulit. Bila kamu mengalami masalah kulit seperti jerawat, eksim, psoriasis atau penyakit kuning, kamu bisa berjemur di pagi hari.

Sel-sel kulit mati di permukaan tubuh akan diregenerasi lebih cepat ketika kamu mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Dokter kulit menyarankan hal tersebut untuk perawatan penyakit kulit ringan dengan tujuan mempercepat penyembuhan.

Baca juga rekomendasi artikel menarik buat kamu selama #dirumahaja:

Articles

Mengatasi Depresi

article image

Image source: hellosehat.com

Manfaat berjemur di pagi hari ternyata bisa membantu mengatasi depresi lho! Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Milan pada 2001 menunjukkan bahwa matahari pagi dapat mengurangi masa rawat inap pasien penderita depresi bipolar. Hasil lainnya menunjukkan bahwa kamar rawat inap yang tidak mendapatkan sinar matahari membuat masa rawat inap pasien menjadi lebih lama.

Orang yang kurang mendapat paparan sinar matahari lebih berisiko mengalami bentuk depresi tertentu yang disebut seasonal affective disorder (SAD) atau gangguan afektif musiman. Gangguan ini kerap terjadi saat musim hujan di mana seseorang tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup.

Menurunkan Kadar Kortisol

article image

Image source: hellosehat.com

Kortisol merupakan hormon stres yang dapat meningkatkan nafsu makan. Para ahli menyebutkan bahwa kadar kortisol yang tinggi dapat membuat berat badan seseorang mudah naik.

Nah, ternyata berjemur di pagi hari dapat memberi manfaat untuk menurunkan kadar kortisol lho! Kalau belakangan nafsu makan kamu meningkat, kamu dapat berjemur di pagi hari untuk menekan kadar kortisol tersebut.

Mengurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi

article image

Image source: nationalgeographic.grid.id

Ada fakta menarik lainnya terkait manfaat berjemur di pagi hari. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Harvard Medical School, seseorang yang kurang terkena paparan sinar matahari ternyata lebih berisiko mengalami tekanan darah tinggi.

Orang yang kurang mendapat paparan sinar matahari akan menerima lebih sedikit vitamin D. Nah vitamin D memiliki manfaat sebagai salah satu hormon yang paling kuat dalam mengatur tekanan darah.

Meningkatkan Fungsi Otak

article image

Image source: wanita22.com

Vitamin D yang kamu dapat dari kebiasaan berjemur di pagi hari, selain dapat memperkuat tulang juga dapat meningkatkan fungsi otak. Ilmuwan David Llewellyn dari University of Cambridge melakukan penelitian yang menemukan bahwa fungsi kognitif semakin berkurang ketika kadar vitamin D dalam tubuh rendah.

Penelitian lainnya menemukan bahwa paparan sinar matahari dapat memacu pertumbuhan sel saraf di hippocampus. Sel saraf tersebut merupakan bagian dari otak yang bertanggungjawab dalam membentuk, mengatur dan menyimpan memori. Ternyata tidak hanya membuat kekebalan tubuh menjadi lebih baik, tetapi manfaat berjemur di pagi hari juga dapat meningkatkan kerja otak.


Itulah segudang manfaat yang akan kamu dapatkan apabila rutin berjemur di pagi hari. Dengan waktu dan durasi yang tepat, tubuh kamu pun akan menjadi lebih sehat dengan bantuan paparan sinar matahari pagi. Jangan lupa ikuti terus update informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com!

Malls

featured image source: instagram/@mrsayudewi