Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil yang Kamu Perlu Tahu

Buah pisang sering menjadi pilihan untuk diet karena kaya akan karbohidrat dan protein. Selain cocok untuk diet, ternyata buah pisang juga sangat direkomendasikan untuk ibu hamil. Menurut National Institute of Health, ibu hamil bahkan disarankan untuk mengonsumsi 3-4 buah pisang dalam sehari.

Dengan kandungan nutrisi yang kaya, buah pisang membantu ibu hamil untuk tetap sehat. Berikut ini adalah deretan manfaat buah pisang untuk ibu hamil yang perlu kamu ketahui.

Meringankan Morning Sickness

article image

Image source: bbmundo.com

Pada pagi hari, terutama saat trimester pertama umumnya ibu hamil merasakan mual dan muntah. Ibu hamil juga akan mengalami nafsu makan berkurang. Buah pisang dengan kandungan vitamin B6 dipercaya dapat meringankan gejala morning sickness tersebut.

Buah pisang juga mudah dicerna dan mengenyangkan sehingga kebutuhan nutrisi ibu hamil bisa terpenuhi. Maka dari itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi buah pisang mulai dari bulan pertama kehamilan.

Mencegah Sembelit

article image

Image source: alodokter.com

Manfaat buah pisang untuk ibu hamil berikutnya adalah mencegah sembelit. Ibu hamil sering mengalami sembelit karena perubahan hormon yang menyebabkan pencernaan melambat. Rahim yang membesar juga dapat menekan usus.

Untuk mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi 25 hingga 30 gram serat per hari. Kebutuhan serat tersebut bisa dipenuhi dengan mengonsumsi buah pisang sebagai sumber serat harian. Selain itu buah pisang juga dapat mengatasi keluhan perut kembung.

Mencegah Anemia

article image

Image source: parenting.dream.co.id

Umumnya ibu hamil juga sering mengalami anemia. Kondisi ini bila tidak ditangani akan menyebabkan komplikasi saat tahap akhir kehamilan dan persalinan. Maka dari itu ibu hamil membutuhkan zat besi yang cukup untuk menghindari anemia.

Kebutuhan zat besi untuk ibu hamil dapat dipenuhi dengan mengonsumsi buah pisang yang mengandung rata-rata 3 persen zat besi dalam 225 gram pisang. Buah pisang juga memberi manfaat lain untuk ibu hamil, yakni menghasilkan hemoglobin yang juga berdampak pada menurunnya risiko anemia.

Meningkatkan Pertumbuhan Hemoglobin

article image

Image source: babyboybakery.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, manfaat buah pisang untuk ibu hamil adalah menghasilkan hemoglobin yang dapat mencegah risiko anemia. Buah pisang memang memiliki peran dalam pertumbuhan hemoglobin atau sel darah merah. Hal itu disebabkan oleh peran buah pisang sebagai neurotransmiter yang dapat meningkatkan volume hemoglobin dalam darah.

Menurunkan Risiko Bayi Lahir Cacat

article image

Image source: prelo.co.id

Buah pisang kaya akan asam folat yang penting bagi ibu hamil. Asam folat dibutuhkan untuk mengah cacat lahir pada bayi, khususnya cacat pada tabung saraf dan otak. Risiko ini bisa terjadi di awal kehamilan jika ibu hamil kurang asam folat.

Agar tidak kekurangan asam folat, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi buah pisang. Asupan asal folat sebanyak 400 mikrogram per hari dapat terpenuhi dengan mengonsumsi buah pisang.

Menangkal Radikal Bebas

article image

Image source: jawapos.com

Manfaat buah pisang untuk ibu hamil yang tidak kalah penting adalah perannya dalam menangkal radikal bebas. Buah pisang mengandung vitamin C yang memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Asupan vitamin C yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah sekitar 80-85 miligram per hari.

Kandungan antioksidan pada buah pisang juga berperan dalam membentuk kolagen dalam tulang, otot, kulit dan pembuluh darah. Selain itu, kandungan antioksidan juga bermanfaat dalam perbaikan jaringan kulit dan penyembuhan luka.

Sumber Kalsium

article image

Image source: mommyasia.id

Kalsium berperan dalam perkembangan tulang dan sistem skeletal pada semua usia. Kalsium juga memperlancar neurotransmiter dalam proses kontraksi otot dan perkembangan janin di dalam rahim. Manfaat buah pisang untuk ibu hamil yang satu ini pun tidak boleh disepelekan.

Setiap 200 gram pisang mengandung 10 miligram kalsium alami. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup akan dapat menstabilkan detak jantung dan meningkatkan kerja saraf pada ibu hamil.

Baca juga artikel lainnya untuk ibu hamil di bawah ini:

Articles

Mencegah Kaki Bengkak

article image

Image source: alodokter.com

Selama proses kehamilan, ibu hamil sering mengalami kaki bengkak yang disebabkan oleh potasium yang tidak mencukupi. Apabila ibu hamil mendapat asupan potasium yang cukup, tentu risiko pembengkakan berkurang selama kehamilan.

Nah, mencegah risiko kaki bengkak selama kehamilan merupakan salah satu manfaat buah pisang untuk ibu hamil. Kandungan potasium pada buah pisang dapat mengurangi pembengkakan secara alami. Selain itu, kandungan kalium pada buah pisang juga dapat membantu meringankan kram kaki yang sangat mengganggu.

Menyeimbangkan Darah

article image

Image source: hellosehat.com

Ibu hamil sering mengalami fluktuasi tekanan darah yang sering menjadi perhatian utama selama kehamilan. Tekanan darah yang tinggi pada ibu hamil dapat menyebabkan pusing dan sakit di bagian tengkuk. Maka dari itu dibutuhkan diet sehat yang dapat menstabilkan tekanan darah.

Salah satu pilihan menu diet sehat untuk ibu hamil adalah buah pisang. Kandungan potasium dalam buah pisang dalam menjaga tekanan darah ibu hamil selama kehamilan. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 4700 miligram potasium per hari.

Meningkatkan Energi

article image

Image source: hellosehat.com

Buah pisang dapat memberi energi dengan cepat, terutama bila dikonsumsi dengan susu. Buah pisang sendiri mengandung tiga jenis gula alami, yakni glukosa, fruktosa dan sukrosa. Dalam setiap 225 gram pisang terkandung 28 gram gula.

Buah pisang pun sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil saat trimester akhir dan pasca persalinan. Dengan kandungan gula yang alami, buah pisang mudah dicerna dan bisa memberikan energi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.


Nah, itulah sepuluh manfaat buah pisang untuk ibu hamil yang perlu kamu ketahui. Dengan segala manfaat tadi, tentu saja buah pisang sangat disarankan untuk ibu hamil agar dikonsumsi sejak awal kehamilan hingga pasca persalinan. Dapatkan pisang yang fresh di supermarket terdekat di kotamu.

Brands

Jangan lupa selalu cek website Gotomalls.com. Di sini kamu bisa temukan ratusan info promo, diskon, kupon, dan event-event yang ada di mall.

Malls

featured image source: tasteofhome.com