Manfaat Es Batu Untuk Wajah

Es batu adalah bahan dapur yang serbaguna dan sangat dibutuhkan. Mulai dari membuat racikan minuman, kudapan, hingga proses pengawetan makanan membutuhkan es batu. Lebih dari itu, bahan dapur ini juga menyimpan banyak manfaat, termasuk untuk kecantikan wajah.

Manfaat es batu untuk wajah diantaranya dapat mengatasi lingkaran hitam pada mata, mengecilkan pori-pori, mengurangi peradangan, mencerahkan kulit wajah, hingga mengatasi masalah jerawat. Berikut info selengkapnya:

1. Mengatasi Mata Panda

article image

Image source: Tribunnews.com

Lingkaran hitam pada area mata atau disebut juga mata panda kerap dialami oleh mereka yang sering begadang, belajar atau bekerja hingga larut malam, kurang tidur dan selalu kelelahan. Akibatnya, muncul lingkaran hitam di area mata akibat pembuluh darah yang melebar.

Untuk mengatasinya, kompres dengan es batu sambil dipijat perlahan di area lingkaran hitam. Manfaat es batu untuk wajah ini akan menghasilkan efek yang optimal jika dilakukan secara teratur. Kamu bisa mencoba campuran air mawar dan jus mentimun sebagai bahan dasar es batu untuk mengompres mata.

2. Mengecilkan Pori-Pori

article image

Image source: indozone.id

Kulit kita memiliki semacam lubang “ventilasi” yang berfungsi untuk melepaskan kotoran dari dalam tubuh, yaitu pori-pori. Wajah juga memiliki pori-pori yang bisa mengeluarkan minyak untuk menjaga kebersihan.

Namun, jika pori-pori sering tersumbat oleh kotoran dari luar, hal ini dapat menimbulkan masalah jerawat. Nah, dengan mengoleskan es batu pada wajah, pori-pori akan mengecil dan mencegah kotoran masuk. Tetapi pastikan wajah sudah dicuci bersih sebelum dioles es batu.

3. Mengurangi Peradangan

article image

Image source: Womantalk.com

Wajah yang mengalami peradangan atau bengkak bisa diakibatkan berbagai hal, entah itu terbentur benda, terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi garam dan minuman beralkohol, atau mungkin efek samping operasi. Kondisi peradangan yang timbul akibat hal-hal di atas bisa ditangani dengan mengompres es batu pada wajah setiap hari.

Kamu bisa lakukan cara ini beberapa kali sehari, yaitu pada pagi dan malam sebelum tidur. Tapi, jika peradangan disebabkan alergi, sebaiknya kunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan khusus.

4. Mencerahkan Wajah

article image

Image source: caviarofswitzerland.com

Manfaat es batu untuk wajah berikutnya adalah mencerahkan. Jika rutin mengoleskan es batu pada wajah setiap pagi, hal ini dipercaya mampu membuat kulit terlihat lebih cerah bercahaya karena sirkulasi darah mengalir lebih lancar dan nutrisi terdistribusi optimal.

Selain itu, penggunaan es batu pada wajah dengan cara dipijat diyakini bisa meredakan stress. Dengan demikian, kulit wajah bukan hanya tampak lebih cerah, melainkan awet muda secara alami.

5. Mengatasi Jerawat

article image

Image source: Misskyra.com

Salah satu manfaat es batu untuk wajah yang paling populer yaitu bisa mengatasi masalah jerawat. Saat wajah berjerawat, kulit rentan mengalami peradangan. Dengan penggunaan es batu, gejala peradangan yang timbul akibat jerawat seperti nyeri, kemerahan, dan bengkak, bisa teratasi dengan mudah. Namun, cara ini cenderung lebih efektif untuk masalah jerawat ringan.

6. Meredakan Sunburn

article image

Image source: leisurepro.com

Manfaat es batu untuk wajah berikutnya yaitu meredakan gejala sunburn atau kulit terbakar matahari. Kamu bisa coba membuat es batu dari teh hijau atau cairan lidah buaya agar hasilnya lebih efektif. Teh hijau dan lidah buaya yang dijadikan es dipercaya ampuh untuk meredakan kulit perih dan terasa panas akibat terbakar matahari.

7. Meningkatkan Peresapan Skincare ke Dalam Kulit

article image

Image source: byrdie.com

Untuk kamu yang selalu rutin menggunakan skincare, entah itu pada pagi atau malam hari, cobalah untuk mengusapkan es batu terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan produk skincare. Pasalnya, es batu akan membuat nutrisi yang terkandung dalam skincare mampu terserap lebih optimal ke dalam lapisan kulit. Menarik, kan?


Simak terus update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: Klikdokter.com