Manfaat Green Tea untuk Wajah

Banyak manfaat green tea untuk wajah telah banyak digunakan dalam produk kecantikan. Kita bisa menemukannya dalam berbagai bentuk mulai dari suplemen, skincare, hingga produk-produk body care.

Manfaat green tea yang luar biasa tidak lepas dari kandungan antioksidannya yang tergolong sangat tinggi. Zat antioksidan ini sangat dibutuhkan untuk melawan radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan kulit.

Kamu bisa memperoleh manfaatnya dengan berbagai cara, entah itu digunakan sebagai masker wajah, racikan scrub, atau dikonsumsi langsung.

1. Mencegah Penuaan Dini

article image

Image source: Tribunnews.com

Sebuah studi mengungkapkan bahwa kadar antioksidan EGCG yang tinggi dalam green tea memiliki sifat anti penuaan pada kulit. Zat ini bekerja dengan melindungi sekaligus memperbaiki sel-sel kulit, hingga menekan munculnya tanda-tanda penuaan dan membuat kulit kusam tampak lebih sehat.

Untuk manfaat kecantikan wajah, green tea juga diperkaya dengan kandungan vitamin B-2 yang berguna untuk mengencangkan kulit. Vitamin B-2 diketahui memiliki kemampuan untuk menjaga kadar kolagen.

2. Mengatasi Kemerahan dan Iritasi

article image

Image source: herstory.co.id

Selain anti penuaan, teh hijau juga bersifat anti-inflamasi dengan kandungan polifenolnya yang juga tinggi. Sifat anti-inflamasi tersebut sudah terbukti mampu membantu mengurangi iritasi kulit, kemerahan, hingga pembengkakan pada kulit.

Penelitian juga sempat menemukan bahwa green tea yang diterapkan secara topikal (dioleskan langsung pada kulit) bisa menyembuhkan berbagai kondisi dermatologis dengan efektif, seperti iritasi dan gatal-gatal yang diakibatkan psoriasis, rosacea, dan keloid.

3. Mengatasi Masalah Jerawat

article image

Image source: Health kompas

Tiga sifat yang dimiliki green tea, yaitu anti-inflamasi, antimikroba, dan antioksidan menjadikannya solusi efektif untuk mengatasi masalah jerawat. Apalagi green tea juga mengandung polifenol yang ampuh untuk membantu mengurangi sekresi sebum penyebab jerawat.

Polifenol juga memiliki khasiat untuk mengatasi infeksi dengan cara merusak membran bakteri. Sifat antibakteri ini bukan cuma mengatasi, namun juga mencegah timbulnya jerawat yang diakibatkan bakteri.

4. Mencegah Kanker Kulit

article image

Image source: halodoc.com

Selain manfaat green tea untuk wajah dan kecantikan, ternyata ada juga manfaat lainnya untuk mencegah kanker kulit. Mengonsumsi green tea sekaligus penggunaan secara topikal dinilai ampuh untuk mencegah karsinogenesis dari UV.

Green tea mengandung enam jenis katekin dengan epigallocatechin gallate (EGCG) serta epicatechin gallate (ECG). Kandungan tersebut berfungsi untuk membantu mencegah respon inflamasi yang timbul akibat paparan sinar UV, stres oksidatif, atau penekanan kekebalan tubuh. Efek ini bisa melindungi kulit dari kanker non-melanoma.

5. Melembabkan Kulit

article image

Image source: markscrub.eu

Green tea mengandung beberapa zat vitamin peting untuk kecantikan, termasuk juga vitamin E yang terkenal ampuh untuk memelihara sekaligus melembabkan kulit. Manfaat green tea untuk wajah yang satu ini mungkin sudah cukup familiar, sebab ia mampu menangani masalah kulit kering dan menghidrasi kulit agar tetap lembab.

Itulah sebabnya green tea banyak digunakan dalam berbagai produk masker kecantikan. Menariknya, green tea juga dapat bertindak sebagai exfoliator alami yang akan menghilangkan kadar minyak berlebih pada wajah.


Demikianlah beberapa manfaat green tea untuk wajah. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Brands

Products

Articles

Featured image source: KlikDokter