Manfaat Kopi untuk Wajah

Kopi tidak cuma nikmat dijadikan minuman panas. Lebih dari itu, kopi juga memiliki manfaat untuk memelihara kulit wajah. Berbagai brand skincare pun seringkali menggunakan ekstrak kopi pada produk-produk mereka. Kopi diyakini mampu mengangkat sel kulit mati dan menjadikan wajah tampak awet muda.

Biasanya, kopi akan diolah sebagai masker atau campuran scrub dan face wash. Nutrisi yang terkandung di dalam kopi akan terserap masuk ke dalam lapisan kulit, dan bereaksi sebagai pembersih pori-pori, menghaluskan, sekaligus mencerahkan kulit.

Berikut beberapa manfaat kopi untuk wajah:

1. Membuat Wajah Lebih Awet Muda

article image

Image source: womantalk.com

Kandungan antioksidan dalam kopi bermanfaat untuk membuat wajah tampak awet muda secara menyeluruh. Antioksidan berperan aktif sebagai pelindung kulit dari paparan radikal bebas yang seringkali menyebabkan tanda-tanda penuaan muncul lebih cepat.

Selain itu, antioksidan juga mampu menjaga kadar kolagen dan mendorong produksi elastin, sehingga kulit akan terasa kencang. Manfaat ini semakin lengkap berkat kandungan kafein dalam kopi.

2. Mengatasi Kulit Terbakar

article image

Image source: Magazine Job-Like

Paparan sinar matahari yang terlalu berlebihan sangat beresiko membuat kulit wajah terbakar dan mengalami iritasi. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan efektif menggunakan kopi. Caranya pun cukup mudah, cukup campurkan bubuk kopi dengan air es, gunakan handuk kecil untuk mengusapkan campuran tersebut pada bagian wajah yang terbakar. Cara ini akan menghasilkan sensasi menenangkan pada kulit.

3. Mengurangi Jerawat

article image

Image source: IDN Times

Selain masalah kulit terbakar, manfaat kopi untuk wajah juga bisa mengatasi jerawat berlebih. Kopi mengandung chlorogenic acid yang memiliki sifat anti bakteri sekaligus anti inflamasi. Kandungan ini berguna untuk mengurangi pembengkakan akibat jerawat yang disebabkan bakteri. Kamu bisa melakukan cara yang sama seperti mengatasi kulit terbakar. Namun, hasilnya akan lebih efektif jika ditambah sedikit madu.

4. Menghilangkan Mata Panda

article image

Image source: sehatq.com

Lingkaran gelap di area mata atau mata panda memang bisa sangat mengganggu penampilan. Untuk menghilangkannya, kamu bisa menggunakan kopi sebagai masker wajah. Zat kafein yang tinggi pada kopi akan memperlancar aliran darah di sekitar mata, sehingga lingkaran gelap akan tersamarkan.

Mata panda sendiri sering terjadi akibat penyempitan pembuluh darah di area mata. Gunakan masker kopi selama 15 sampai 20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Aplikasikan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

5. Mengangkat Sel Kulit Mati

article image

Image source: manado.tribunnews.com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu manfaat kopi untuk wajah yang utama adalah kemampuannya dalam mengangkat sel kulit mati. Ada banyak produk-produk masker wajah yang menggunakan bahan kopi berkat khasiatnya yang satu ini.

Selain itu, butiran-butiran bubuk kopi juga akan mengangkat kotoran yang tersumbat dalam pori-pori serta menstimulasi peredaran darah di bawah lapisan kulit. Hasilnya, produksi minyak akan lebih terkontrol dan kulit wajah tampak lebih segar. Penggunaan masker kopi juga dipercaya mampu mengurangi hiperpigmentasi.


Demikianlah 5 manfaat kopi untuk wajah. Simak juga info dan tips menarik lainnya bersama Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Brands

Articles

Featured image source: clubcoffee.ca