Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Minyak zaitun merupakan ekstrak dari buah zaitun yang diambil minyaknya. Minyak yang dihasilkan dari buah zaitun memiliki banyak fungsi, terutama untuk wajah.

Sebuah penelitian menemukan jika mengoleskan minyak zaitun pada kulit yang terpapar ultraviolet dapat melawan sel-sel penyebab kanker. Hal ini telah diuji pada seekor hewan.

Lantas apa saja ya manfaat minyak zaitun untuk wajah? Berikut selengkapnya.

1. Kaya Vitamin

article image

Image source: skinpanewyork.com

Minyak zaitun kaya akan vitamin yang bagus untuk kulit wajah di antaranya vitamin A, D,E, dan K yang larut dalam lemak. Untuk kamu yang takut kulit tidak elastis, pastikan untuk mengaplikasikan setiap hari minyak zaitun.

Kandungan vitaminnya dapat membantu melembutkan kulit wajah, mencerahkan, serta melembabkan. Bahkan lebih jago dari banyak skin care mahal.

2. Kaya Antioksidan

article image

Image source: arsporttalk.com

Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang mencegah oksidasi. Oksidasi adalah proses yang dapat menghasilkan radikal bebas, seperti bahan kimia berpotensi merusak sel dan berkontribusi dalam pertumbuhan sel kanker.

Minyak zaitun memiliki konsentrasi bahan yang disebut squalene sangat tinggi dibandingkan dengan jenis lemak dan minyak lain yang bisa kita konsumsi. Squalene inilah yang memberi dorongan minyak zaitun menghasilkan ekstra antioksidan.

Jadi meski kamu sering berkegiatan di luar ruangan, kandungan minyak zaitun masih bisa memberikan perlindungan ekstra.

3. Anti Bakteri

article image

Image source: onlymyhealth.com

Rentan berjerawat? Saatnya kamu mempertimbangkan untuk menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki sifat antibakteri yang dapat melindungi kulit kita dari berbagai masalah kulit.

Sebuah studi melihat efek penggunaan minyak zaitun dan minyak kelapa terhadap bakteri Staphylococcus aureus pada kulit. Hasilnya yaitu bahwa kedua minyak tersebut menunjukkan sifat antibakteri.

Kamu bisa juga menggunakan minyak zaitun sebagai obat oles ketika wajah mulai muncul jerawat. Sifat antibakterinya dapat dengan cepat membuat jerawat kempes.

4. Melembabkan Kulit

article image

Image source: 100%pure.com

Kandungan minyak zaitun kerap kali dijadikan bahan skin care untuk produk yang melembabkan kulit wajah. Dan memang benar, banyak peneliti telah membuktikan hal tersebut.

5. Sebagai Cleanser

article image

Image source: leadyformula.com

Salah satu manfaat lain dari minyak zaitun adalah sebagai pembersih wajah. Benar, kamu bisa memanfaatkan minyak ini sebagai pengganti cleanser.

Kandungan oil-nya ampuh mengangkat kotoran dari bekas makeup dan polusi. Cara penggunaan pun mudah. Kamu cukup menuangkannya di wajah dan pijat perlahan sampai semua kotoran terangkat. Kemudian kamu bisa membersihkannya dengan kapas, atau bisa juga dengan kapas.

6. Menghilangkan Bekas Jerawat

article image

Image source: leonardooliveoil.com

Selain perawatan ke klinik kecantikan, untuk menghilangkan jerawat kamu juga bisa memanfaatkan minyak zaitun. Oleskan perlahan minyak zaitun ke kulit wajah yang sudah dibersihkan, Pijat dan diamkan selama 5-10 menit kemudian angkat atau bilas dengan air bersih.


Demikianlah 6 manfaat minyak zaitun untuk wajah, sudah pernah coba? Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Brands

Products

Articles

Featured image source: yahoo.com