Manfaat Push Up

Gerakan-gerakan kalistenik seperti push up bisa menjadi pilihan olahraga yang efisien untuk siapapun yang sibuk dengan pekerjaan. Olahraga ini bisa dilakukan siapapun, kapanpun dan dimanapun, tidak perlu ruang atau peralatan khusus.

Terlebih, ada segudang manfaat push up bagi tubuh yang tidak bisa diremehkan. Gerakan ini tidak cuma berguna untuk membentuk otot lengan dan dada. Jika dilakukan secara konsisten, kita bisa meningkatkan kesehatan jantung, mencegah osteoporosis, bahkan bisa memperbaiki postur tubuh yang kurang simetris.

1. Manfaat Push Up: Mendongkrak Vitalitas Tubuh

article image

Image source: jd.id

Gerakan push up menitik pusatkan tekanan pada otot dada, bahu, dan trisep. Selain itu, push up juga ternyata bermanfaat untuk meregangkan otot bisep. Jika rutin melakukan gerakan push up, maka fleksibilitas otot tersebut akan meningkat. Hal ini penting untuk memelihara kesehatan sekaligus mendongkrak vitalitas tubuh. Peregangan bisep juga akan meminimalisir resiko cedera otot.

2. Meningkatkan Kesehatan Organ Jantung

article image

Image source: rstmc.co.id

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa gerakan push up bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah studi menyebutkan saat seseorang melakukan gerakan push up sebanyak 40 repetisi berturut-turut dapat meminimalisir kemungkinan penyakit jantung hingga 96 persen.

Push up juga sangat direkomendasikan jika kamu ingin membentuk dan memperkuat otot tubuh bagian atas. Jantung akan bekerja keras untuk mengedarkan darah bersih yang mengandung oksigen tinggi ke jaringan-jaringan otot. Niscaya organ jantung akan lebih sehat dan aliran darah pun lancar.

3. Memperbaiki Postur Tubuh

article image

Image source: Coastal Orthopedics

Orang-orang di zaman sekarang seringkali memposisikan tubuh membungkuk dalam waktu lama, terutama saat duduk dan bekerja di depan layar. Kebiasaan ini akan membuat postur tubuh menjadi tidak simetris, dan dalam jangka panjang bisa menimbulkan osteoporosis. Untuk memperbaikinya, kamu bisa menerapkan push up secara rutin.

Selama melakukan push up, tubuh kita berada dalam posisi yang ideal. Latihan ini akan membuat otot-otot inti berkembang lebih kuat. Seiring waktu, postur tubuh akan kembali ke posisi yang semestinya.

4. Mendorong Pertumbuhan Otot

article image

Image source: healthline.com

Manfaat push up berikutnya yaitu mendorong pertumbuhan otot. Latihan push up yang dilakukan secara rutin dan teratur akan membantu membentuk otot mayor dan minor. Otot-otot akan terangsang tumbuh menjadi lebih padat. Secara bertahap, produksi dan pelepasan hormon pertumbuhan manusia atau HGH (Human Growth Hormone) akan semakin besar. Hormon inilah yang nantinya akan mendorong pertumbuhan otot.

5. Meningkatkan Produksi Testosteron

article image

Image source: lifestyle.kompas.com

Selayaknya aktivitas olahraga pada umumnya, manfaat push up juga mampu meningkatkan produksi hormon testosteron di dalam tubuh kita. Khususnya bagi pria, hormon ini sangat penting untuk mendukung kesuburan dan performa fisik. Testosteron berkaitan dengan massa otot, pertumbuhan rambut, gairah seksual, hingga membantu pembentukan hormon lainnya.

6. Mencegah Cedera Bahu dan Punggung

article image

Image source: popsugar.com

Punggung kita berperan penting untuk menopang gerakan-gerakan fisik, sementara bahu akan menjaga lengan kita saat melakukan aktivitas-aktivitas berat. Latihan push up bisa mencegah kemungkinan cedera pada dua bagian penting tersebut. Jika dilakukan secara rutin, otot bahu dan punggung, terutama bagian sayap, akan berkembang lebih kuat dan kokoh.


Demikianlah manfaat push up untuk kesehatan. Simak juga info dan tips menarik lainnya bersama Gotomalls.com! Layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Brands

Articles

Featured image source: self.com