Manfaat Tanaman Lidah Mertua

Siapa sangka jika manfaat tanaman lidah mertua bukan sekadar mempercantik halaman rumah saja. Tanaman dengan nama ilmiah sansevieria ini menyimpan segudang manfaat luar biasa untuk kesehatan manusia dan lingkungan di sekitarnya.

Lidah mertua merupakan salah satu tanaman hias paling digemari karena bisa tetap tumbuh walaupun jarang disiram dan terkena cahaya matahari. Tanaman ini punya ciri khas bentuk daun yang keras, menjulur tegak panjang, dengan ujung meruncing. Jika diperhatikan, tanaman ini memang mirip bentuk lidah.

Mau tahu rahasia ajaib dari tanaman hias yang satu ini? Berikut informasinya:

1. Menetralisir Udara

article image

Image source: lifestyle.okezone.com

Penelitian telah mengungkapkan bahwa tanaman ini berkontribusi sebagai penghasil oksigen, penangkal polusi udara, bahkan mampu menyaring racun dan radiasi. Lidah mertua memiliki kemampuan menetralisir udara yang lebih baik ketimbang tanaman hias dalam ruangan lainnya.

Itulah sebabnya tanaman ini dianjurkan untuk disimpan di dalam rumah. Lidah mertua mampu menyerap karbon monoksida berkadar tinggi dan mengeluarkan oksigen serta menyaring racun udara penyebab kanker seperti benzena, formaldehida, xilena, dan toluena.

2. Pemasok Oksigen yang Efektif

article image

Image source: blog.tokotanaman.com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, manfaat tanaman lidah mertua mampu menyerap karbon monoksida dan memproduksi oksigen. Sebuah laporan teoritis yang diterbitkan Universitas Harvard membuktikan bahwa lidah mertua adalah salah satu jenis tanaman hias yang paling produktif dalam menghasilkan oksigen.

Tanaman Lidah mertua secara efisien mampu menyerap racun dan melepaskan oksigen ke lingkungan, kemudian tanaman akan melepaskan kelembaban di udara dan mengurangi risiko alergi secara efektif. Dengan demikian, manfaat kesehatan ini tidak bisa diremehkan.

3. Menyerap CO2 Pada Malam Hari

article image

Image source: Berkeluarga.id

Selain karbon monoksida, tanaman lidah mertua juga punya kemampuan menyerap karbon dioksida atau CO2, bahkan pada malam hari sekalipun.

Hal ini disebabkan oleh proses fotosintesis khusus yang disebut Crassulacean Acid Metabolism atau CAM yang biasanya ditemukan pada jenis-jenis tanaman yang toleran terhadap kekeringan, iklim gersang, atau jenis tanaman sukulen.

Tanaman-tanaman yang berfotosintesis seperti itu akan membuka stomata pada malam hari ketika temperatur udara menurun dan menyerap CO2.

4. Melawan Alergi dan Sick Building Syndrome

article image

Image source: Limone.id

Kemampuan dari tumbuhan lidah mertua dapat menyerap racun dan melepas oksigen bisa mengurangi alergen, yaitu hal-hal yang menyebabkan alergi di udara. Orang yang mudah alergi terhadap polutan di udara sebaiknya memelihara tumbuhan ini di dalam ruangan.

Selain itu, manfaat tanaman lidah mertua lainnya dapat mengatasi sick building syndrome atau SBS. Sindrom ini merupakan suatu kondisi ketika seseorang memasuki gedung tertentu, lalu timbul gejala-gejala mengganggu seperti batuk, gatal, pusing, mual, sesak dada, nyeri otot, hingga iritasi.

5. Membasmi Gas Buang Berbahaya

article image

Image source: Pinterest

Formaldehida adalah senyawa kimia berwujud gas yang biasanya ditemukan dalam gas buang memasak, asap rokok, kosmetik, cat, hingga furnitur. WHO juga sempat memperingatkan dunia akan kadar zat ini dalam kualitas udara ruangan.

Nah, lidah mertua juga ternyata cukup efektif dalam membasmi zat gas buang berbahaya yang mengancam kesehatan. Bahkan, termasuk salah satu yang terbaik dibanding tanaman hias lainnya.

Dalam uji coba yang dilakukan NASA, satu tanaman lidah mertua dapat menghilangkan sekitar 31.000 mikrogram zat formaldehida selama seharian penuh.

6. Menangkal Radiasi

article image

Image source: Pinterest

Di dalam setiap rumah umumnya terdapat sejumlah barang elektronik. Barang-barang tersebut seringkali memancarkan radiasi yang jika terpapar dalam jangka panjang akan beresiko terhadap kesehatan tubuh kita.

Meskipun tidak dampaknya tidak langsung terasa, paparan radiasi benda elektronik tidak bisa dianggap sepele. Solusinya, kita bisa memanfaatkan tanaman lidah mertua. Karena tumbuhan ini mampu mereduksi gelombang radiasi yang dihasilkan oleh peralatan elektronik.

Letakkan beberapa pot tanaman lidah mertua di sudut-sudut ruangan yang sering menjadi tempat berkumpul dan beraktivitas.

7. Memberi Energi Positif di Lingkungan Rumah

article image

Image source: Bloomscape.com

Salah satu manfaat tanaman lidah mertua yang menarik adalah kemampuannya sebagai pelindung. Menurut ilmu topografi kuno Tiongkok atau lebih dikenal sebagai Fengshui, lidah mertua dapat memberikan energi pelindung jika diletakkan pada posisi yang ideal.

Dalam Fengsui, tanaman yang runcing seperti lidah mertua ini dianggap sangat baik untuk melawan energi negatif (Qi) dan tanaman lidah mertua juga merupakan ekspresi Qi yang tumbuh ke atas. Tanaman ini memiliki energi kayu yang kuat dapat memotong energi negatif atau disebut dengan energi stagnan. Fengshui menilai tumbuhan lidah mertua ini sangat cocok diletakkan di sudut tenggara, selatan, dan timur di halaman rumah.


Nah, itulah 7 manfaat tanaman lidah mertua yang bukan sekadar tanaman hias. Bagaimana? Tertarik untuk memelihara beberapa pot lidah mertua di rumah?

Simak juga informasi dan tips gaya hidup lainnya di Gotomalls.com, layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa membeli voucher game, bayar token listrik, top up pulsa, hingga belanja produk-produk pilihan terbaik!

Mall

Artikel

Featured image source: mybotanyland.com