Membuat Kebun Sayur di Pekarangan rumah

Sejak masa pandemi, membuat banyak orang mencoba hobi baru salah satunya dengan berkebun. Banyak yang menggunakan waktu selama di rumah saja untuk membuat kebun sayur di pekarangan rumah dengan memanfaatkan lahan yang ada. Meski memiliki lahan sempit sekalipun tak menghalangi untuk melakukan hobi berkebun karena dengan berkebun juga bisa mengusir rasa bosan selama di rumah saja. Jika berhasil menaman sayur hingga panen tiba akan memberikan kepuasan tersendiri bagi kita dan juga bisa menghemat pengeluaran karena tak perlu membeli sayur atau bumbu dapur. Yuk, membuat kebun sayur di pekarangan rumah sendiri. Tidak susah dan tidak pusing yang penting ada niat.

Pilih Lokasi dan Metode Berkebun

article image

Image source: perpusku.com

Jika sudah ada niat untuk berkebun selanjutnya adalah memilih lokasi yang tepat untuk membuat kebun sayur di pekarangan rumah. Bisa di halaman depan atau belakang sekalipun, tak perlu lahan yang luas. yang penting lokasi berkebun juga memiliki cahaya matahari yang cukup.

Setelah menentukan lokasi untuk berkebun, kamu bisa menentukan media tanam apa yang akan digunakan untuk membuat kebun sayur di pekarangan rumah. Berikut beberapa cara atau metode menanam sayur di pekarangan rumah:

Hidroponik

article image

Image source: idntimes.com

Meski tidak memiliki lahan yang luas, kamu bisa membuat kebun sayur di pekarangan rumah dengan cara hidroponik. Berkebun dengan cara hidroponik tidak menggunakan tanah sebagai media tanam melainkan air. Air yang dialirkan sudah dicampur dengan larutan nutrisi sehingga tanaman bisa tumbuh dengan subur dan harus mendapat cahaya matahari yang cukup. Kamu bisa menggunakan pipa atau dari botol bekas untuk metode hidroponik ini.

Pot atau Polybag

article image

Image source: belajarberkebun.com

Jika memiliki lahan terbatas kamu juga bisa memanfaatkan pot atau polybag sebagai media tanam. Ini adalah cara sederhana untuk membuat kebun sayur di pekarangan rumah yang penting nutrisi tanah terpenuhi.

Raised Bed

article image

Image source: dekoruma.com

Cara keempat dengan membuat raised bed garden atau kotak segi empat yang media tanamnya juga menggunakan tanah. Kamu bisa membuat beberapa kotak dengan menggunakan kayu.

Dinding Vertikal

article image

Image source: geograph88.blogspot.com

Kamu juga bisa membuat kebun sayur di pekarangan rumah dengan menggunakan dinding vertikal. Kamu bisa memanfaatkan botol atau kaleng bekas sebagai media tanam.

Sayur yang Akan Ditanam

article image

Image source: jawaban.com

Setelah tahu metode mana yang ingin digunakan untuk membuat kebun sayur di pekarangan rumah, saatnya menentukan bibit sayuran apa saja yang ingin kamu tanam. Sayur-sayur seperti kangkung, sawi, pakcoi, bayam, selada, kemangi adalah beberapa jenis sayuran yang mudah ditanam dan cepat panennya. Selain itu kamu bisa menanam bumbu dapur seperti cabai besar dan cabai kecil, jahe, kunyit, tomat dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menaman rosemary, basil dan juga oregano.

Siapkan Alat Berkebun

article image

Image source: dekoruma.com

Setelah menentukan metode tanam dan bibit apa saja yang ingin kamu tanam, siapkan juga alat-alat penunjang untuk berkebun. Mulai dari tanah, pupuk, sekop, selang air, alat penyiram tanaman, sarung tangan, dan garpu tanah. Setelah itu siapkan pot, botol atau kaleng bekas atau apa pun masukkan tanah secukupnya kemudian beri lubang kecil untuk memasukkan bibit. Setelah itu, siram tanah hingga lembap dan pastikan bibit tanaman kamu mendapat cahaya sinar matahari yang cukup. Jangan lupa siram tanaman setiap hari, rawat dan tunggu sampai panen tiba.

Bikin Kompos Sendiri

article image

Image source: kompasiana.com

Setelah memutuskan untuk berkebun, kamu bisa membuat kompos sendiri di rumah. Sampah sisa makanan seperti potongan sayur, kulit telur, potongan kulit buah, kertas karton dan masih banyak lagi. Jadi kamu pun bisa lebih bijak mengelola sampah selain itu dengan bikin kompos sendiri, kebutuhan tanaman akan mineral, nutrisi-nutrisi dan unsur hara dalam tanah terpenuhi. Kamu bisa menghasilkan panen yang berkualitas dan berlimpah dari sayur-sayur yang kamu tanam. Dengan begitu, kamu juga bisa berhemat untuk pemeliharaan tanam.


Itulah beberapa tahap membuat kebun sayur di pekarangan rumah. Apakah kamu semakin tertarik untuk membuatnya? Tidak perlu lahan yang luas untuk berkebun berbagai cara bisa kamu manfaatkan untuk menanam sayur. Kebutuhan pangan harian pun bisa dipenuhi sendiri dan sayur yang kita panen sendiri jauh lebih aman tidak menggunakan pestisida. Yuk, mulai berkebun! Ikuti terus informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com!

Mall

featured image source: facebook/Angeles-Organic-Gardening*