Olahraga Mengecilkan Paha

Paha berukuran besar sering kali menjadi masalah bagi sebagian orang. Sebab, lemak yang tertimbun di area paha memang tidak mudah dihilangkan dan dianggap mengganggu penampilan.

Meskipun keberadaan lemak di tubuh bagian bawah merupakan hal yang normal, beberapa orang ingin menguranginya agar terlihat lebih ramping.

Olahraga biasa saja tidak bisa dipastikan mampu mengecilkan ukuran paha sesuai keinginan kita. Kamu perlu mencoba olahraga mengecilkan paha yang melibatkan gerakan-gerakan terkonsentrasi di bagian paha. Seperti yang sudah dirangkum dari berbagai sumber, berikut Gotomalls bagikan rekomendasinya:

1. Squat

article image

Image source: Lifestyle - OkeZone.com

Gerakan squat sangat direkomendasikan untuk siapa pun yang ingin melatih sekaligus menguras lemak tubuh bagian bawah, terutama paha.

Gerakan naik turun seperti ini akan memusatkan topangan beban di paha dan memaksanya untuk berkontraksi. Cara melakukannya cukup sederhana, pertama-tama kita berdiri dengan posisi kaki dibuka sejajar bahu dan kedua tangan direntangkan lurus ke depan.

Setelah itu, turunkan bokong sampai posisi paha lurus sempurna. Tahan posisi ini selama 10-20 detik, lalu dorong semua beban ke posisi semula. Lakukan gerakan ini sampai 10 kali putaran. Jika sudah terbiasa, kamu bisa mulai memakai beban tambahan.

2. Leg Lift

article image

Image source: eunicakes.wordpress.com

Olahraga mengecilkan paha ini cocok sekali untuk mengencangkan paha bagian dalam. Untuk melakukan gerakannya, kita perlu berbaring di atas alas matras dengan posisi kedua tangan diluruskan ke bawah.

Selanjutnya, rapatkan kedua kaki dan angkat sampai posisinya lurus vertikal. Tahan posisi ini selama 10-15 detik, lalu turunkan lagi perlahan-lahan. Ulangi gerakannya sebanyak 10 kali putaran.

3. Lunges

article image

Image source: 24life.com

Gerakan ini mirip seperti squat, hanya saja dilakukan secara bergantian antara kaki kiri dan kanan.

Pertama-tama, posisikan tubuh berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka sejajar bahu. Ambil satu langkah kaki ke depan lalu tekuk lutut serendah mungkin sampai tekanan di paha benar-benar terasa.

Setelah itu, kembali ke posisi awal. Lakukan gerakan ini secara bergantian sebanyak 10 kali. Pastikan posisi tubuh selalu tegak sempurna sambil mempertahankan keseimbangan.

4. Fire Hydrant

article image

Image source: Pinterest

Gerakan fire hydrant sangat cocok untuk mengencangkan bokong dan melatih tubuh bagian bawah lainnya agar terlihat lebih proporsional.

Untuk melakukannya, pertama-tama ambil posisi menungging dengan tangan dan lutut sebagai tumpuan, lalu buka keduanya selebar bahu.

Selanjutnya, lakukan gerakan seperti menendang ke belakang sampai kaki benar-benar lurus. Tahan posisinya selama 3 detik, lalu kembali ke posisi semula. Ulangi secara bergantian antara kaki kanan dan kiri sebanyak 15 kali putaran.

5. Latihan Naik Turun Tangga

article image

Image source: Healthline.com

Selain gerakan-gerakan sebelumnya, aktivitas naik turun tangga juga bisa kita manfaatkan sebagai olahraga mengecilkan paha juga. Latihan ini bisa dilakukan sambil jogging.

Cara melakukannya cukup mudah, kamu hanya perlu berjalan menaiki 2 anak tangga sekaligus, kemudian turun seperti biasa. Lakukan latihan ini selama 5 menit.

6. Criss Cross Scissors

article image

Image source: popsugar.co.uk

Selanjutnya kamu bisa mencoba gerakan criss-cross scissor untuk mengecilkan paha. Gerakannya dimulai dengan posisi berbaring di atas matras. Luruskan dan angkat kedua kaki secara perlahan.

Setelah terangkat, gerakan kedua kaki secara menyilang seperti gunting. Lakukan gerakan ini secara bergantian antara kaki kanan dan kiri sebanyak 15 kali putaran. Pastikan juga posisi punggung menempel sempurna pada matras dan tidak ikut mengangkat.

7. Bersepeda

article image

Image source: MapMyRun Blog

Olahraga mengecilkan paha terakhir adalah bersepeda. Ketika diameter paha sudah kelihatan menyusut, kamu tinggal membuatnya lebih kencang dengan bersepeda. Olahraga ini cocok sekali untuk melatih otot paha dan betis.

Selain melakukan olahraga-olahraga di atas, tubuh perlu diseimbangkan dengan mengonsumsi buah dan sayur tinggi serat. Selamat mencoba!


Simak juga info dan tips bermanfaat lainnya dari Gotomalls.com, partner terbaikmu untuk belanja di mall sepuasnya!

Malls

Articles

Featured image source: Byrdie.com