Pantai Terindah di Indonesia

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia punya banyak pantai indah di setiap sudut wilayahnya. Dari sekitar 17.500 pulau yang tersebar sudah barang tentu negara ini punya potensi wisata pantai yang sangat kaya. Reputasi pariwisata Indonesia pun sudah tidak diragukan lagi, bahkan termasuk salah satu yang terbaik di dunia.

Berikut ini Gotomalls akan mengulas 5 pantai terindah di Indonesia yang bisa bikin para traveler lupa pulang. Buat kamu yang sudah kangen liburan, simak baik-baik informasi di bawah ini, ya!

Pantai Ora, Maluku

article image

Image source: wisatapro.com

Pantai Ora terletak di Pulau Seram, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah. Tepatnya di tepi hutan Taman Nasional Manusela sebelah ujung barat Teluk Sawai. Orang bilang pulau terindah di Indonesia ini mirip seperti pantai-pantai di Maladewa, maka tak heran eksistensinya begitu populer di kalangan traveler.

Pantai Ora punya daya tarik utama berupa panorama bawah laut yang sangat cantik. Kondisi lingkungannya yang asri dengan karakter air laut jernih membuat pemandangan tersebut bisa terlihat dari atas permukaan.

Pink Beach, NTT

article image

Image source: Australian Times

Pink Beach atau Pantai Pink adalah salah satu pantai di Pulau Komodo, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur. Untuk tiba di pantai ini kita harus menempuh perjalanan sejauh 82 km dari Kota Mataram, melintasi jalur darat dan laut. Mungkin kita semua bisa menebak kenapa pantai ini dinamakan “Pink Beach”. Pasir pantai berwarna merah muda menjadi sesuatu yang unik dari pantai ini.

Di seluruh dunia hanya ada 7 pantai yang memiliki pasir berwarna merah muda, dan Pink Beach di Nusa Tenggara Timur adalah salah satunya. Warna merah muda ini berasal dari hewan mikroskopis (Foraminifera) yang memberikan pigmen merah pada koral. Koral-koral tersebut hanyut terseret gelombang dan berakhir di pesisir, yang kemudian hancur dan berubah menjadi pasir pantai. Perpaduan pantai pasir merah muda, air laut jernih, dan pemandangan lanskap yang memukau dijamin bikin siapa pun betah tinggal di sini!

Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali

article image

Image source: Journey Era

Bicara soal pantai terindah di Indonesia, tentu saja Bali primadonanya. Salah satu pantai yang paling mencuri perhatian di Bali adalah Pantai Kelingking. Wajar saja, pantai ini kerap menjadi buah bibir berkat pemandangannya yang luar biasa indah. Menariknya, Pantai Kelingking juga sempat masuk daftar Pantai Terbaik di Asia tahun 2021 versi pengguna Tripadvisor.

Bukan cuma pantai pasir putih biasa, tapi juga pemandangan samudera lepas dari atas tebing berbentuk unik mirip jari kelingking. Pantai Kelingking termasuk secret point di Nusa Penida. Ada satu tempat bernama Manta Point di sini, tempat untuk menyelam dan menyaksikan pemandangan ikan pari manta yang sedang berenang.

Pantai Nihiwatu, Sumba

article image

Image source: Good News From Indonesia

Pantai Nihiwatu mungkin kalah populer dari pantai-pantai lainnya di Indonesia, tapi jangan salah, pantai ini termasuk salah satu dari 20 pantai terbaik di dunia dalam penghargaan yang dirilis CNN–dan satu satunya pantai di Indonesia yang dinobatkan sebagai pantai terbaik di Asia.

Salah satu pantai terindah di Indonesia ini terletak 30 km dari Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Lokasinya yang sulit tersentuh membuat pantai ini kurang terekspos oleh traveler. Namun, belakangan ini mulai banyak dikunjungi oleh kalangan selebriti dan influencer.

Gulungan ombak di Pantai Nihiwatu disebut menantang dan mendapat julukan 'God's Left' atau 'Occy's Left' oleh para peselancar dunia.

Pantai Nusa Dua

article image

Image source: Agoda

Selain Pantai Kelingking, Pantai Nusa Dua juga masuk dalam daftar 25 Pantai Terbaik di Asia tahun 2021 dalam kategori Travelers' Choice. Dalam ulasannya, tertulis bahwa Pantai Nusa merupakan "pantai berpasir yang indah dan bersih. Perairan yang tenang, cocok untuk keluarga dan untuk bersantai." Pesisir di kawasan ini dikenal memiliki topografi landai dan menjadi spot terbaik untuk menikmati pemandangan sunrise dengan bayangan Gunung Agung di kejauhan.

Salah satu pantai terindah di Indonesia ini punya garis pantai yang panjang dan lumayan luas. Pasirnya berwarna putih dan coklat muda, sangat cantik berpadu dengan air laut yang biru. Jika diperhatikan saksama, warnanya tampak bergradasi dari biru muda hingga biru tua di tengah lautan. Di pinggir pantai terdapat rimbunan pohon-pohon tropis yang tumbuh subur, seakan menjadi peneduh dari teriknya matahari.


Nah, itulah 5 pantai terindah di Indonesia yang bisa bikin para traveler lupa pulang. Simak juga info menarik seputar tempat wisata yang tak kalah menarik lainnya di Gotomalls.com! Layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Articles

Malls

featured image source: popbela.com