3 Gerakan Ini Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

Menikmati liburan memang asyik, entah itu traveling ke tempat-tempat eksotis atau pulang ke kampung halaman. Melepaskan penat, mengunjungi tempat-tempat wisata, berkumpul bersama keluarga dan sahabat, serta yang tidak pernah ketinggalan adalah memburu kuliner khas setempat. Belum lagi kecenderungan kita untuk bermalas-malasan, bangun di siang hari atau malas bergerak. Sudah makan tanpa aturan, malas gerak pula. Jika hal-hal semacam ini kita turuti sepanjang liburan, sudah pasti akan menimbulkan masalah di kemudian hari salah satunya adalah masalah perut buncit. Tetapi masalah ini bukan berarti tidak bisa kamu atasi. Beberapa gerakan exercise mampu mengurangi bahkan mengatasi masalah kamu. Berikut ini adalah tiga gerakan latihan yang bisa mengatasi masalah perut buncit akibat liburan sekaligus memperbaiki sistem pencernaan.

Inchworms

article image

Image source : womanista.com

Gerakan pertama yang bisa kamu lakukan adalah gerakan yang dinamakan inchworms. Dilihat dari namanya gerakan ini memang bisa dibilang mirip dengan gerakan seekor ulat atau cacing saat bergerak atau berjalan melintasi permukaan datar. Latihan satu ini tidak memerlukan bantuan alat apa pun sehingga bisa dilakukan di mana saja. Pertama, kamu harus berdiri tegak dengan kaki terbuka sejajar pinggul. Tundukkan tubuh kamu hingga tanganmu mencapai lantai. Jika perlu tekuk lututmu jika kamu merasa kesulitan melakukan posisi ini dengan kaki tegak lurus. Gerakkan kedua tangan kamu ke depan, sampai pada posisi seluruh beban tubuhmu hanya ditopang oleh kekuatan tangan dan ujung kakimu dalam posisi tegak lurus. Posisikan tangan sejajar lalu buka kaki selebar bahu. Tahan posisi ini hingga kurang lebih 10 detik lamanya. Ulangi gerakan ini sebanyak 5-10 kali.

Peringatan:

Untuk mencegah cedera pada punggung saat melakukan kegiatan ini, jaga agar posisi punggung selurus mungkin sepanjang latihan ini. Jangan biarkan punggung bagian bawah terpelintir. Dikarenakan menggerakkan tangan terlalu jauh ke depan kerap membuat lenganmu mengalami tekanan berat, lakukan gerakan yang pendek-pendek saja.

Knees To Chest

article image

Image source : yogaposes8.com

Gerakan latihan ini selain bermanfaat untuk mengurangi perut buncit juga menambahkan lebih banyak ruang diafragma pada tulang belakang bagian bawah yang paling banyak mengalami ketegangan. Gerakan ini juga mampu memperkuat biseps, trisep dan deltoid. Rebahkan tubuh kamu pada posisi terlentang, lalu angkat sekaligus tekuk lutut kamu hingga mencapai dada lalu lakukan gerakan memeluk tubuh. Tarik napas seraya menarik bagian bahu kamu ke bawah, memberikan ruang pada bagian dada. Buang napas, gunakan bagian lengan kamu untuk melakukan tekanan lembut, tekuk sedikit bagian kepala ke depan untuk memberikan peregangan pada bagian tulang belakang leher kamu. Lakukan latihan ini sebanyak dua hingga tiga kali maksimal hingga 10 kali.

Peringatan:

Jangan melakukan latihan ini tanpa pemanasan atau peregangan otot terlebih dahulu. Bahkan mungkin kamu bisa melakukannya selepas workout, karena tanpa peregangan otot maka gerakan ini bisa jadi menimbulkan cedera. Yang pasti jangan memaksakan latihan ini meski terlihat mudah dan segera berhenti jika kamu merasakan ada bagian tubuh yang sakit. Jika ada kondisi medis yang pernah kamu alami, mungkin ada baiknya mengonsultasikan terlebih dahulu gerakan latihan apa saja yang mungkin harus kamu hindari.

High Knees

article image

Image source : workouttrends.com

Latihan ini sudah sangat dikenal sebagai salah satu latihan yang berguna bagi tubuh terutama bagian kaki, paha, bokong dan abs/bagian perut. Seperti dua gerakan latihan sebelumnya yang terlihat mudah, sebaiknya kamu perhatikan langkah-langkah dari latihan ini. Kamu harus berdiri pada permukaan yang datar, membuka kaki selebar bahu dan mulailah melakukan jogging dengan mengangkat lutut senyaman mungkin. Setelah itu, barulah coba angkat lutut kamu lebih tinggi lagi, setinggi pinggang. Namun usahakan bagian paha kamu tetap kokoh sehingga mampu menopang bagian punggung kamu. Seraya melakukan hal ini, ayunkan pula kedua tangan kamu. Saat kaki kanan terangkat, maka tangan kiri harus digerakkan, demikian pula sebaliknya. Usahakan tekuk lengan kamu hingga 9 derajat.

Peringatan:

Jangan langsung menekuk kamu tinggi-tinggi, lakukan jogging biasa terlebih dahulu untuk peregangan atau lakukan aktivitas kardio ringan selama kurang lebih 5-10 menit. Jika kamu memiliki masalah dengan keseimbangan badan, lakukanlah kegiatan ini berdekatan dengan dinding atau sesuatu yang mampu menopang tubuh kamu. Kamu bisa menyentuhkan ujung jari kamu saat melakukan latihan ini ke dinding sebagai penyangga ringan. Jangan memaksakan gerakan, lakukan latihan ini dengan santai dan mengalir.


Itulah tiga gerakan mudah yang bisa kamu praktikkan di rumah untuk mengecilkan perut buncit. Namun jika berbicara soal perut buncit yang diakibatkan karena ‘lupa diri’ saat liburan, sebenarnya terdapat beberapa jenis makanan atau bahan makanan yang berpotensi membuat perut buncit, seperti kacang-kacangan, minuman bersoda, produk susu, gandum dan pemanis buatan. Paling tidak usahakan untuk menghindari bahan-bahan tersebut atau mengonsumsinya sesedikit mungkin ya.

Cek juga toko olahraga favorit kamu di Gotomalls. Aplikasi berbasis website pertama ini juga menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

Brands

Articles