Pilihan Mobil Listrik di Indonesia

Tesla yang belakangan ini sangat tersohor dengan pilihan mobil listrik murahnya, nampaknya harus mulai pasang pertahanan karena tahun 2021 ini sudah mulai bermunculan produk-produk mobil listrik dari pabrikan lainnya yang akan menandinginya. Mulai dari BMW, Hyundai, serta Nissan dengan Kicks e-POWER yang sempat mencuri perhatian.

Lantas, apa saja pilihan mobil listrik di Indonesia yang paling cocok dan terjangkau? Berikut ini Gotomalls akan bagikan beberapa rekomendasinya.

1. Toyota Corolla Cross

article image

Image source: Kompas Otomotif

Toyota Corolla Cross merupakan pesaing utama dari Nissan Kicks e-POWER dalam segmen kelas tersebut. Dari segi tampilan, mobil listrik ini memiliki desain yang terkesan sharp dan maskulin. Ia hadir dengan mesin konvensional 1,8L yang diperkuat dengan jantung pacu listrik bertenaga 138 HP untuk 6.400 rpm.

Torsinya diklaim mampu mencapai 17,5 kgm di 4.000 rpm. Dari segi output, Corolla Cross termasuk kendaraan listrik yang bisa diandalkan. Mobil ini dibanderol seharga Rp460 juta.

2. Nissan Kicks e-POWER

article image

Image source: Kompas Otomotif

Nissan Kicks e-POWER adalah mobil hybrid yang juga cocok untuk menjadi pilihan mobil listrik di Indonesia. Model ini juga belum lama diluncurkan, yaitu pada September 2020 lalu, dengan membawa pengaturan mesin yang cukup memukau lengkap dengan berbagai fitur unggulan dari Nissan. Nissan Kicks e-POWER dibanderol dengan harga OTR Rp449 juta.

Mobil listrik ini menawarkan dapur pacu 3 silinder berkapasitas 1.200 cc. Dengan kekuatan yang ditopang mesin listrik, mobil ini mampu mencapai klimaks di 112 HP dan menghasilkan torsi 260 Nm.

3. Honda CR-Z

article image

Image source: OtoDriver.com

Jika ingin memilih pabrikan Honda untuk mobil listrik, salah satu pilihan terbaiknya adalah Honda CR-Z. Mobil jenis hybrid ini dijual mulai dari Rp535 juta. Honda CR-Z menawarkan setting mesin yang sangat tangguh di kelasnya. Dengan 4 silinder berkatup 16 i-VTEC serta 1,5L SOHC, ia mampu menghasilkan kekuatan 116 HP dengan torsi di angka 144 Nm.

Belum lagi topangan mesin listriknya yang membuat akselerasi mobil ini sanggup mencapai 100 km/h hanya dalam durasi 8,8 detik saja. Sementara kecepatan maksimalnya adalah 200 km/h.

4. Hyundai Kona Electric

article image

Image source: rctiplus.com

Tidak cuma merilis IONIQ, Hyundai juga menawarkan satu model mobil listrik lainnya yang tak kalah kompeten, yaitu Hyundai Kona Electric. Dari segi tampilan, mobil ini membawa nuansa futuristik yang cukup dominan berkat grille unik yang disematkan. Mobil ini dibanderol seharga Rp675 juta.

Hyundai Kona Electric menggunakan baterai Lithium-Ion Polymer berkapasitas 39,2 kWh. Dengan daya tersebut, ia sanggup memuntahkan kekuatan hingga 146 HP.

5. Toyota Prius

article image

Image source: Otomotif - Tempo.co

Toyota Prius adalah pilihan rekomendasi mobil hybrid berikutnya dari Toyota. Mobil ini dijual seharga sekitar Rp800 jutaan. Mobil ini diklaim memiliki performa akselerasi yang sangat mengesankan, serta diperkuat oleh mesin 2ZR-FXE dengan kubikasi 1.800 cc.

Mobil listrik ini sanggup memuntahkan torsi di 142 Nm dan 96 PS. Performa tersebut kian ditingkatkan dengan penyematan mesin listrik berdaya baterai Li-ion 3,7 V dalam setiap cell.

6. BMW i3

article image

Image source: Otomotifnet.com

Meskipun mungil, BMW i3 memiliki spesifikasi yang cukup tinggi. Ketangguhan mobil listrik ini terbukti dengan kebolehan akselerasi mesinnya yang sanggup mencapai 184 HP dengan puncak torsi di 270 Nm. Menariknya lagi, pengisian daya mobil ini juga tergolong cepat. BMW i3 dijual di pasaran mulai dari Rp1,34 miliar.

7. Tesla Model 3

article image

Image source: GridOto.com

Jika Model S dirasa terlalu mahal, pilihan alternatifnya jatuh pada Tesla Model 3 dengan harga pasar sekitar Rp1,5 miliar. Model 3 tersedia dalam 2 varian, yaitu short dan long range. Perbedaan keduanya terletak pada daya tahan baterai mesin, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian. Mobil listrik ini juga merupakan pilihan ideal untuk pengendara yang ingin mulai beralih ke electric vehicle.


Demikianlah 7 pilihan mobil listrik di Indonesia. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Mall

Artikel

Featured image source: caradvice.com.au