Pilihan Olahraga Selama Social Distancing yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Selama beberapa pekan terakhir aktivitas masyarakat di seluruh dunia mengalami perubahan drastis akibat dampak pandemi corona. Di Indonesia sendiri angka penyebarannya terus mengalami peningkatan, dan belum kunjung menemui tanda-tanda penurunan.

Akibat dari pandemi ini memaksa seluruh sekolah diliburkan, kaum pekerja melakukan kegiatannya dari rumah, tempat wisata, pusat perbelanjaan, hingga pusat kebugaran harus ditutup sementara terkait imbauan pemerintah untuk melakukan social distancing.

Bagi yang selama ini rajin berolahraga di pusat kebugaran, mau tidak mau aktivitas olahraga harus dilakukan di rumah. Olahraga di rumah merupakan pilihan paling bijak di kala gym dan pusat olahraga tutup. Sebab, gym dan pusat olahraga lainnya disinyalir menjadi salah satu tempat potensial bagi penyebaran virus corona. Olahraga di rumah juga bisa menjadi salah satu upaya social distancing, agar rantai penyebaran virus corona bisa dihentikan.

Sembari menunggu gym atau pusat olahraga favorit kembali dibuka, menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga di rumah adalah salah satu cara untuk mencegah penularan virus corona. Nah, berikut ini ada beberapa pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah:

Yoga

article image

Image source: webmd.com

Yoga merupakan salah satu pilihan olahraga terbaik yang bisa dilakukan di rumah. Tapi ingat, tidak perlu melakukan gerakan yang terlalu rumit demi menghindari risiko cedera karena tidak ada pembimbing yang mengawasi.

Cukup lakukan beberapa gerakan dasar yang simpel atau yang memang sudah pernah dipelajari. Melakukan yoga sederhana juga dapat menjadi solusi untuk tetap sehat. Kamu bisa mencoba beberapa gerakan yoga sederhana seperti tree pose, cat-cow, dan mountain pose.

Selain baik untuk kesehatan fisik, yoga juga bagus untuk menjaga kesehatan mental. Beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan dari yoga adalah menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan kualitas pernapasan, hingga mencegah stres serta meningkatkan perasaan damai dalam pikiran yang mungkin sedang tertekan.

Tali Stretching Yoga Wanita

[[img-7]]

Beli Sekarang

Jogging

article image

Image source: indosport.com

Olahraga jogging tidak selalu harus dilakukan sambil mengelilingi kompleks atau jogging track di taman-taman publik. Lagi pula, di masa darurat pandemi seperti sekarang melakukan jogging di tempat terbuka terlalu berisiko.

Solusinya, kita bisa memanfaatkan area pekarangan di sekitar rumah untuk berlari-lari kecil dalam beberapa set atau putaran, atau jika terdapat mesin treadmill di rumah, kamu bisa menggunakannya.

Aerobik

article image

Image source: health.detik.com

Olahraga seperti aerobik atau zumba memang terasa menyenangkan kalau dilakukan secara beramai-ramai saat berada di tempat latihan. Tapi, bukan berarti olahraga ini tidak bisa dilakukan di rumah juga, apalagi selama melakukan karantina mandiri. Ya, kamu tetap dapat melakukannya, dengan bantuan alat-alat sederhana seperti perangkat audio dan gadget untuk memutar lagu.

Agar tetap menyenangkan dan bersemangat, putar lagu sambil mengikuti panduan aerobik melalui layar televisi atau gawai, untuk membuat suasana yang mirip dengan di tempat latihan. Lakukan aktivitas ini kurang lebih selama 30 menit tiap sore hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Olahraga Kardio

article image

Image source: advantagetennisclubs.com

Olahraga kardio sudah sejak lama dikenal efektif untuk menurunkan dan menjaga berat badan, menjaga sistem kekebalan tubuh, hingga melindungi kesehatan jantung.

Salah satu kelebihan dari olahraga ini adalah bisa dilakukan di mana saja, bahkan tanpa peralatan. Beberapa jenis gerakan kardio yang bisa kamu coba adalah high knees yaitu gerakan yang dilakukan dengan menggerakkan otot utama pada bagian paha dan betis dengan kecepatan tertentu.

Kalau ingin menggerakkan seluruh otot tubuh, kamu bisa coba kombinasi Burpees. Burpees sendiri terdiri dari gerakan squat, menendang kedua kaki ke belakang atau kick feet back, push-up, kembali melakukan squat, dan terakhir berdiri sambil melompat.

Lompat Tali

article image

Image source: kaltim.idntimes.com

Lompat tali bisa jadi pilihan terbaik untuk kamu yang ingin berolahraga dengan gerakan mudah dan simpel. Skipping atau lompat tali bisa dilakukan di mana saja, asalkan terdapat ruang yang cukup untuk mengayunkan tali sambil melompat. Berdirilah di area kosong seluas 2x2 meter untuk melakukan lompat tali.

Olahraga ini tetap bisa membuat kamu berkeringat dan melatih otot. Tapi sebelumnya, lakukan peregangan dengan benar sebelum melakukan lompat tali agar tidak terkilir selama berlatih. Lakukan latihan ini selama 15 sampai 20 menit setiap hari.

Menari

article image

Image source: thetimes.co.uk

Kalau kamu bosan dengan olahraga-olahraga seperti jogging, kalistenik, atau olahraga lainnya, kenapa tidak coba menari saja? Cukup putar musik favorit kamu sebagai lagu pengiring, dan lakukan beberapa gerakan sederhana yang membuat seluruh anggota tubuh bergerak.

Menari bisa melatih fleksibilitas tubuh sambil membakar kalori. Terlebih, aktivitas ini bisa menjadi solusi untuk meredakan stres selama karantina mandiri di rumah.

Products


Itulah beberapa pilihan olahraga selama social distancing yang bisa kamu lakukan di rumah. Tapi jangan lupa, masih ada sejuta informasi dan tips lain yang tidak kalah menarik untuk disimak hanya di Gotomalls.com! Satu-satunya partner shopping terbaikmu untuk pengalaman belanja menguntungkan!

Articles

Malls

featured image source: kahunaverse.com