7 Film Konspirasi yang Diangkat dari Kasus-Kasus Paling Menghebohkan di Dunia Politik

Bosan dengan pilihan film yang itu-itu saja? Sebaiknya kamu coba tonton 7 film konspirasi yang akan kita bahas kali ini. Seperti yang bisa kamu baca pada judul di atas, film-film berikut ini diangkat berdasarkan kasus-kasus politik yang sangat menghebohkan di dunia. Kalau kamu penggemar teori konspirasi, film-film ini adalah rekomendasi terbaik yang pantang untuk dilewatkan. Tidak perlu berlama-lama, langsung saja kamu simak ulasannya:

JFK (1991)

Sutradara Oliver Stone sering membumbui film-filmnya dengan berbagai teori konspirasi. Salah satu filmnya yang dirilis pada tahun 1991 berjudul "JFK", mengisahkan penyelidikan terkait pembunuhan Presiden John F. Kennedy oleh seorang Jaksa bernama Jim Garrison (Kevin Costner).
Ia tidak percaya bahwa seorang pria bersenjata benar-benar “sendirian” membunuh JFK. Teorinya; ada jaringan besar dan sebuah kelompok elit yang mendalangi pembunuhan JFK.

The Parallax View (1974)

Pasca peristiwa pembunuhan JFK, skandal Watergate dan Perang Vietnam membuat masyarakat Amerika merasa gelisah. Film besutan Alan J. Pakula yang rilis pada tahun 1974 ini punya gambaran menarik tentang bagaimana mengungkap sebuah misteri.

Film ini menempatkan seorang reporter Joe Frady yang menyelidiki keterlibatan suatu perusahaan dalam tragedi pembunuhan seorang politisi pada masa-masa genting tersebut. Nalurinya sebagai wartawan muncul setelah ia berhasil memecahkan sejumlah bahasa sandi seperti “ibu”, “negara”, dan “Tuhan” yang kemudian dihubungkan dengan mitos-mitos di Amerika.

Konspirasi ini juga melibatkan nama-nama besar seperti Robert F. Kennedy dan Martin Luther King Jr. Walaupun terkesan seperti ilmu cocoklogi, namun film ini berhasil menempatkan plot-plot logika yang masuk akal. Salah satu film konspirasi terbaik sepanjang masa!

All the President’s Men (1976)

Dua tahun setelah The Parallax View, film konspirasi besutan Pakula berikutnya kembali dirilis. All the President’s Men menceritakan kisah dua jurnalis The Washington Post bernama Carl Bernstein (Dustin Hoffman) dan Bob Woodward (Robert Redford) yang berhasil membongkar salah satu skandal politik paling menghebohkan dalam sejarah Amerika, skandal Watergate.

Berkat keberhasilannya itu, Bernstein dan Woodward menjadi terkenal. Namun di sisi lain, skandal besar yang menyeret partai nasional demokrat Amerika Serikat ini masih sering menjadi bahan perdebatan hingga sekarang.

Frost/Nixon (2008)

Lima tahun setelah skandal Watergate terungkap hingga Richard Nixon harus mundur dari jabatannya sebagai presiden, ia melakukan wawancara eksklusif empat mata dengan salah seorang jurnalis TV dari Inggris bernama David Frost.

Wawancara itu berlangsung intens dan di sepanjang dialog akan muncul fakta-fakta yang cukup mencengangkan. Film ini juga akan menampilkan apa saja yang menjadi pemicu skandal dan bagaimana Richard Nixon dipaksa mundur dari jabatannya.

Nixon (1995)

Masih berkaitan dengan salah satu mantan presiden AS yakni Richard Nixon. Ia tidak jauh berbeda dengan lawan politiknya, John F. Kennedy, Nixon telah menjadi subjek dari berbagai teori konspirasi yang tak terhitung jumlahnya. Dan teori konspirasi tentang Nixon tampak kecil jumlahnya dibandingkan dengan jumlah konspirasi yang menurut Nixon sendiri dirancang untuk menjatuhkannya.

Tidak peduli bagaimana kalian melihatnya, Richard Nixon memang dikenal sebagai sosok yang penuh teka-teki, lebih tepatnya “diselimuti” teka-teki. Bahkan dalam filmnya yang dirilis pada tahun 1995 ini terdapat sebuah kalimat pembuka yang bertuliskan "merupakan upaya untuk memahami kebenaran ... berdasarkan catatan sejarah yang tidak lengkap."

Nixon, diperankan oleh Anthony Hopkins, digambarkan sebagai pria yang brilian sampai perlahan-lahan menyerah pada delusinya. Paranoid ini disebabkan oleh semua rencana yang pernah ia rancang untuk memperoleh jabatan tertinggi, dan sebab keyakinan kalau orang lain sedang mencoba menusuknya dari belakang.

The Conspirator (2010)

Semua orang tahu kalau John Wilkes Booth adalah pelaku penembakan Presiden Abraham Lincoln. Namun, kebanyakan orang tampaknya tidak menyadari fakta kalau ada konspirasi yang lebih besar di belakangnya.

Pada malam yang sama, dua teman Booth mencoba membunuh Wakil Presiden Andrew Johnson dan Sekretaris Negara William Seward untuk mengosongkan kursi kepemimpinan di pihak Union. Hanya Booth yang berhasil tetapi dia kemudian terbunuh ketika tentara menemukannya bersembunyi di gudang.

The Conspirator berfokus pada Mary Surratt (Robin Wright), wanita yang mengelola kontrakan tempat para konspirator bertemu dan tinggal. Surrat sendiri dihukum oleh pengadilan militer sebagai anggota konspirasi, menjadikannya wanita pertama yang dieksekusi oleh Pemerintah Federal Amerika.

Sayangnya, sang sutradara Robert Redford lebih memilih drama daripada akurasi sejarah dalam film ini. Jadi, walaupun sarat akan teori konspirasi, The Conspirator tidak bisa dijadikan acuan untuk menggali fakta sejarah yang sebenarnya.

The Manchurian Candidate (1962)

Novel karya Richard Condon bertajuk "The Manchurian Candidate" sudah dua kali diangkat ke layar lebar. Yang pertama hadir dengan genre thriller berlatar Perang Dingin yang dibintangi Frank Sinatra dan Laurence Harvey pada tahun 1962, kemudian yang terbaru dibintangi Meryl Streep dan Denzel Washington pada tahun 2004.

Frank Sinatra dan Laurence Harvey berperan sebagai tentara yang ditangkap dalam Perang Korea, lalu menjadi sasaran pencucian otak melalui hipnosis. Sementara Harvey kembali ke keluarganya, Sinatra mulai mengalami mimpi-mimpi aneh. Menyadari otaknya telah ditanami ingatan palsu, Sinatra pun mulai khawatir jika Harvey telah dimanipulasi untuk menembak sang calon presiden.

The Manchurian Candidate sangat merujuk pada situasi internasional yang tidak nyaman dan ketidakpercayaan terhadap organisasi rahasia yang didukung pemerintah. Film ini bahkan mengisyaratkan bahwa pemerintah asing dapat menyebarkan pengaruh yang tidak semestinya dalam urusan negara lain dengan menyebarkan disinformasi.


Demikianlah 7 rekomendasi film konspirasi yang diangkat berdasarkan kasus-kasus paling menghebohkan di dunia politik. Tapi jangan lupa, masih ada sejuta informasi dan tips lain yang tidak kalah menarik untuk disimak hanya di Gotomalls.com! Satu-satunya partner shopping terbaikmu untuk pengalaman belanja menguntungkan!

Malls

featured image source: nymag.com