Rekomendasi Makanan Sahur Di Awal Puasa

Bulan Ramadhan telah tiba, umat muslim tentu saja merasa sangat senang dan menyambut bulan Ramadan ini. Bulan puasa di Indonesia dilakukan mulai tanggal Senin 6 Mei 2019 hingga 4 Juni 2019. Jika sudah menyangkut puasa, ada banyak faktor yang dapat dibahas. Mulai dari ibadah yang harus ditingkatkan, olahraga yang teratur, menjaga asupan makanan sampai memilih menu makanan. Untuk itu banyak masyarakat Indonesia yang bersiap untuk menyambut bulan Ramadhan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah mempersiapkan menu untuk buka puasa dan sahur, terutama di awal puasa. Hal ini dikarenakan tubuh masih merasa kaget untuk mengonsumsi makanan ketika masih pagi buta, dan juga mengonsumsi makanan lagi setelah matahari terbenam.

Tidak perlu khawatir, untuk membangkitkan selera makan yang Anda miliki. Berikut ini ada rekomendasi makanan sahur di awal puasa yang bisa Anda gunakan, untuk menyuguhkan makanan kepada keluarga.

Telur

article image

Source image: pexels

Menu pertama yang bisa Anda pilih untuk makanan sahur di awal puasa adalah telur. Seperti yang Anda tahu, telur merupakan salah satu makanan dengan kandungan protein yang cukup tinggi. Bahkan banyak penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi telur, terutama bagian putihnya dapat meningkatkan energi dalam tubuh. Ditambah lagi, telur dapat menekan rasa lapar dalam waktu yang lebih lama.
Alasan ini tentu cocok sekali untuk dikonsumsi untuk sahur dan persiapan untuk berpuasa seharian. sebuah studi terbaru menurut Biomedical Research Center di Los Angeles, Amerika Serikat mengemukakan, bahwa Anda yang mengonsumsi telur atau sarapan dengan telur memiliki nafsu makan yang lebih rendah sehingga telur menjadi menu sahur yang pas untuk awal puasa.

Sup Ayam

article image

Source image : pexels

Memilih menu sahur untuk awal puasa memang tidak mudah, terlebih Anda pasti akan merasa mual atau tidak nyaman ketika pertama kali sahur. Karena harus mengonsumsi makanan di pagi buta, kondisi tubuh pun terasa belum siap karena harus makan sesaat setelah Anda bangun tidur. Nah untuk menyegarkan mulut dan mengisi perut dengan maksimal, Anda bisa mengonsumsi sup ayam sebagai salah satu menu yang direkomendasikan untuk sahur.

Satu mangkuk sup ayam beserta dengan sayuran saat sahur memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap. Sup ayam bisa dikonsumsi oleh semua keluarga, baik anak-anak yang sedang berlatih puasa, maupun Anda yang memiliki kegiatan yang cukup padat. Makanan ini sangat enak jika dikonsumsi bersama nasi hangat dan lauk lainnya. Cara membuatnya pun lebih mudah dibandingkan Anda harus memasak daging atau makanan berat lainnya.

Anda bisa membeli bahan-bahannya di sini:

Brands

Nasi Goreng

article image

Source image : eggsca

Rekomendasi makanan selanjutnya yang bisa Anda suguhkan, untuk menu makanan sahur adalah makanan yang praktis dan juga memiliki rasa yang enak yaitu nasi goreng. Walaupun sederhana tetapi nasi goreng dan juga telur bisa menjadi menu sahur praktis. Khususnya untuk Anda yang terlambat bangun di awal puasa ataupun Anda yang sedang malas memasak.

Nasi goreng yang dibuat sendiri tidak perlu repot, karena Anda hanya tinggal menghaluskan cabai dan beberapa bumbu. Kemudian menggorengnya bersama dengan nasi yang sudah matang. Menu sahur praktis ini bisa menjadi menu sahur favorit Anda selama bulan Ramadan. Nasi goreng juga bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga dan Anda bisa menambahkan beberapa bahan khusus untuk menambah cita rasa.

Jika tidak ingin report Anda bisa membeli bumbu nasi goreng yang sudah jadi.

Nasi Goreng Rempah Jawara.

article image

Abon

article image

Source image : fimela

Menu sahur selanjutnya sangat akrab dengan Anda anak kosan ataupun yang tidak tinggal bersama orang tua yaitu abon. Di awal puasa sering kali Anda beradaptasi untuk mengonsumsi makanan yang mudah dan instan, dikarenakan bangun terlambat atau mungkin tidak terbiasa mengonsumsi makanan pada subuh hari. Untuk itu abon sangat praktis untuk menu sahur. Ada berbagai jenis abon yang bisa Anda konsumsi, mulai dari abon ayam, abon sapi, ataupun abon ikan. Meskipun hanya di santap dengan nasi putih hangat, abon memiliki rasa yang manis dan gurih serta mengenyangkan. Anda harus menyediakan abon cukup banyak di rumah.

Cek produk makanan untuk sahur di bawah ini.

Products

Sarden

article image

Source image : pexels

Menu terakhir merupakan menu sahur di awal puasa yang pasti tidak asing lagi. Sarden merupakan makanan olahan ikan yang diberi bumbu merah agak pedas dan manis. Bagi Anda yang tidak memiliki waktu banyak pasti memasak sarden sebagai solusi utamanya. Selain itu, sarden juga mudah dimasak dan dijual dengan berbagai rasa. Jadi, Anda tinggal pilih sesuai dengan selera. Umumnya produk ini dimasukkan ke dalam kaleng dan nantinya Anda tinggal memanaskan sarden tersebut. Meskipun makanan instan, rasanya tidak mungkin tidak mengonsumsi sarden saat sahur di awal puasa. Apalagi untuk Anda yang tinggal di kos-kosan.


Itulah beberapa rekomendasi makanan untuk sahur yang mudah dan praktis. Tidak perlu banyak waktu untuk menyiapkannya. Anda juga bisa mencari bahan-bahannya di supermarket terdekat. Sebelum belanja cek dulu gotomalls.com. Gotomalls adalah aplikasi berbasis website yang menyediakan informasi seputar promo, diskon, dan event di mall-mall Indonesia. Siapa tahu juga Anda bisa menemukan promo-promo menarik untuk membeli makanan sahur.

Malls

Articles