Rekomendasi Takjil untuk Buka Puasa Khas Banda Aceh

Tidak terasa bulan Ramadhan minggu pertama sudah kita jalani. Setelah ini semua orang akan disibukkan dengan memikirkan rencana mempersiapkan hari kemenangan setelah sebulan berpuasa. Eits..tapi masih lama ya! Sambil mempersiapkan Lebaran, apakah kamu juga sudah mempersiapkan takjil yang akan kamu santap saat berbuka puasa magrib nanti?

Nah, kalau belum, tepat sekali karena di artikel kali ini topik yang dibahas adalah rekomendasi takjil untuk buka puasa khas Aceh. Meskipun kamu bukan orang asli Aceh, kamu boleh banget mencicipi dan menikmati hidangan Khas Aceh. Keberagaman kuliner Indonesia tentu menambah cita rasa yang ada di dunia kuliner. Yuk langsung saja kita simak apa saja takjil buka puasa Khas Aceh menurut rangkuman dari beberapa sumber:

Mie Aceh

article image

source image: selerasa

Siapa sih yang tidak tahu kuliner yang satu ini. Makanan Khas Aceh yang ini sudah sangat terkenal di semua kalangan. Mie yang dimasak dicampur bersama potongan daging dan juga bermacam jenis seafood menambah nikmat rasa mie Aceh. Pembuatannya cukup mudah namun yang membuatnya istimewa adalah karena ada bumbu-bumbu rahasia dalam sepiring mie Aceh. Coba saja kamu mencicipinya pasti akan ketagihan. Selain itu, yang membuatnya berbeda dengan mie lainnya adalah ukuran mie Aceh yang biasanya sedikit lebih tebal jika dibandingkan dengan ukuran mie yang lainnya.

Selain mie Aceh kamu juga wajib mencoba jajanan khas Aceh yang satu ini

Kue Keukarah Khas Aceh

article image

Beli Sekarang

Ayam Tangkap

article image

Source image: pasangiklangratis

Takjil buka puasa yang kedua adalah kuliner ayam tangkap. Kuliner khas Aceh ini sudah ada sejak turun temurun. Ayam yang dimasak dengan berbagai rempah ini dilengkapi dengan daun temurui khas Aceh. Yang membuatnya dijuluki ayam tangkap adalah adanya daun temurui yang cukup banyak mengelilingi ayam sehingga membuat ayam tersebut terlihat seperti ditangkap oleh dedaunan. Kuliner ini akan semakin nikmat jika disajikan dengan bumbu kecap dan juga sepiring nasi hangat.

Sate Matang

article image

Source image: blogspot

Takjil buka puasa khas Aceh yang ketiga adalah sate matang. Mungkin saat kamu mendengar kata sate matang, di bayangan kamu adalah sate biasa yang biasanya kamu makan. Jangan salah, sate matang khas Aceh ini berbeda dengan sate biasanya ya. Sate matang khas Aceh ini menggunakan bumbu rempah yang khas dan disajikan dengan kuah kaldu yang sangat gurih saat disantap.

Kuah Beulangong

article image

source image: bisniswisata

Jangan lewatkan mencicipi takjil buka puasa yang keempat ini ya. Kuliner yang biasanya dimasak menggunakan belanga besar ini adalah kuah kari khas Aceh. Kuah Beulangong merupakan kari yang dimasak dengan berbagai jenis rempah dan menimbulkan aroma yang sangat sedap.

Yang membuat kari ini berbeda dengan kari pada umumnya adalah kuahnya yang tidak menggunakan santan, namun menggunakan kelapa parut yang kemudian ditumis bersama bumbu lainnya sehingga mengeluarkan aroma yang harum. Setelah itu kuah yang sudah sedap ini disajikan bersama potongan daging ayam, sapi, maupun kambing. Menambah cita rasanya semakin mantap.

Kuah Pliek U

article image

source image: imgglobal

Takjil buka puasa yang kelima ini mirip dengan gulai khas Sumatera. Namun, takjil buka puasa khas Banda Aceh memiliki sedikit perbedaan yang kentara. Kuah Pliek U dari Bka Aceh dilengkapi dengan beberapa sayur dan dedaunan yang khas seperti daun melinjo, kacang panjang, daun singkong, daun pepaya, daun kecombrang, dan juga kacang tanah. Selain itu, yang membuat istimewa Kuah Pliek U adalah adanya tambahan chi yang biasanya disebut dengan siput sungai.

Sejarah kuliner ini dulunya merupakan salah satu makanan khas untuk semua anggota kerajaan Aceh, namun di era yang sekarang semua orang tidak terkecuali boleh merasakan kenikmatan kuliner ini. Terlebih lagi untuk kamu yang sedang mencari takjil buka puasa recommended yang asli berbeda dengan masakan lainnya. Kamu bisa mencoba takjil buka puasa yang satu ini ya.

Jajanan lain khas Aceh yang wajib kamu coba

Products


Itulah tadi beberapa takjil buka puasa untuk berbuka puasa Khas Aceh. Apakah kamu sudah menentukan pilihan untuk berbuka puasa nanti? Pantau terus artikel selanjutnya ya, ada banyak informasi bermanfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan. Sambil menunggu waktu berbuka puasa Anda juga bisa mengakses gotomalls.com untuk info promo, diskon, dan event di mall-mall di Indonesia.

Malls

Brands

Articles