Film-Film Bertema Sepak Bola dan Tentang Lika-liku Kehidupan Atletnya

Dari sekian banyak cabang olahraga permainan, sepak bola merupakan salah satu yang paling sering menjadi topik pembicaraan dunia. Kita tahu bahwa drama kehidupan para pemain sepak bola memang begitu inspiratif sekaligus kontroversial, dan mampu mengundang perhatian besar dari seluruh kalangan penggemar. Bahkan, olahraga ini juga sering menjadi inspirasi bagi para sutradara untuk membuat film bertemakan sepak bola.

Nah, kali ini Gotomalls akan mengulas sedikit mengenai 10 film bertemakan sepak bola dengan kisah-kisah unik dan sarat makna. Penasaran? Mari kita simak ulasannya di bawah ini:

Escape to Victory (1981)

article image

Image source: themoviedb.org

“Escape to Victory” dibintangi oleh pesepak bola legendaris Pele dan Bobby Moore. Selain pemain sepak bola, ada dua aktor laga yang turut terlibat dalam film ini, yaitu Sylvester Stallone dan Michael Caine. “Escape to Victory” mengisahkan sejumlah tawanan perang Jerman semasa Perang Dunia II yang harus menghadapi tantangan bermain sepak bola demi mendapat kebebasan.

Mean Machine (2001)

article image

Image source: bestsoccermovies.blogspot.com

“Mean Machine” juga melibatkan seorang pemain sepak bola, yaitu Vinnie Jones, mantan pemain Wimbledon yang berperan sebagai pemain sepakbola yang tengah mendekam di sel tahanan. Selama menjalani hukuman, Vinnie membentuk sebuah tim untuk bertanding menghadapi tim sepak bola yang terdiri dari sipir penjara. “Mean Machine” sendiri merupakan versi remake dari film “The Longest Yard” yang dirilis pada 1974.

Shaolin Soccer (2001)

article image

Image source: popbela.com

Kamu mungkin sudah pernah menyaksikan film bertemakan sepak bola yang cukup fenomenal ini. “Shaolin Soccer” merupakan salah satu karya terbaik dari Stephen Chow yang mengisahkan seorang pria miskin dengan kemampuan bela diri Shaolin yang ingin mengubah nasibnya melalui sepak bola. Selain menjadi sutradara, tokoh utama film ini juga diperankan oleh Stephen Chow.

Bend It Like Beckham (2002)

article image

Image source: pinknews.co.uk

“Bend It Like Beckham” bercerita tentang obsesi seorang gadis India bernama Jess Bhamra terhadap legenda sepak bola David Beckham. Suatu hari, ia bergabung dengan sebuah tim sepak bola putri dan memutuskan untuk bermain sepak bola secara profesional, tapi ia harus menghadapi rintangan lain ketika impiannya bertentangan dengan tradisi India yang menuntut wanita untuk bersikap anggun dan mengenakan sari.

Zidane: A 21 Century Portrait (2006)

article image

Image source: nabilnet.net

Selanjutnya ada film dokumenter yang menceritakan kisah hidup legenda sepak bola Zinedine Zidane. Film yang dirilis tahun 2006 ini berfokus pada gaya permainan Zidane ketika dirinya menghadapi Villareal bersama Real Madrid. Film ini juga dibuat langsung ketika laga digelar dengan 17 kamera yang menyoroti setiap gerak permainan Zidane.

Purely Belter (2000)

article image

Image source: imdb.com

Film ini bercerita tentang perjuangan dua orang suporter Newcastle United yang bekerja keras demi mendapatkan tiket pertandingan Newcastle United di St. James Park. Film yang dibintangi oleh Chris Beattie and Greg McLane ini diangkat dari novel “The Season Ticket” karya Jonathan Tulloch.

Baca juga artikel lainnya tentang sepak bola di bawah ini:

Articles

Goal! (Trilogy)

article image

Image source: thesefootballtimes.co

“Goal!” mengandung kisah-kisah inspiratif dan lika-liku kehidupan para bintang sepak bola di dunia nyata. Bagaimana seorang pemuda yang hidup serba pas-pasan dan harus bekerja banting tulang demi meraih cita-citanya menjadi pemain sepak bola dunia, bagaimana ia menghadapi berbagai tantangan selama melewati pertandingan-pertandingan berat, sampai menjalani kehidupan bak superstar. Film ini merupakan representasi akurat tentang kehidupan yang dilalui para atlet sepak bola dunia.

Cahaya dari Timur (2014)

article image

Image source: open.spotify.com

Film bertemakan sepak bola selanjutnya berasal dari dalam negeri, yaitu “Cahaya dari Timur”. Kisahnya sendiri diangkat dari kejadian nyata ketika konflik agama sedang berkecamuk di Ambon. Sani Tawainella kemudian berupaya menyelamatkan anak-anak di kampungnya melalui sepak bola. Film ini dirilis pada 2014 dan dibintangi oleh Chicco Jerikho dan Shafira Umm.

There’s Only One Jimmy Grimble (2000)

article image

Image source: gamesradar.com

Jimmy Grimble, seorang bocah berusia 15 tahun memiliki cita-cita menjadi pemain sepak bola bersama Manchester City. Ia melewati kehidupan yang penuh liku, mulai dari menghadapi tukang bully bernama Gordon, menyikapi hubungan asmara ibunya bersama seorang bikers, belum lagi soal gadis bernama Sara. Tapi semuanya mulai berubah ketika seorang wanita tua memberikan sepasang sepatu bekas kepada Jimmy.

Garuda di Dadaku (2009)

article image

Image source: tribunnewswiki.com

Yang terakhir adalah film Indonesia yang diangkat dari novel karya Benny Rhamdani bertajuk “Mimpi Sang Garuda”. Film ini menceritakan seorang bocah SD kelas 6 bernama Bayu yang ingin mewujudkan cita-citanya menjadi pemain sepak bola, walaupun harus menghadapi cobaan yang bertubi-tubi. “Garuda di Dadaku” juga sempat dimainkan di festival film internasional Michel Kinder und Jungen Filmfest 2010 di Hamburg, Jerman.


Itulah 10 film bertemakan sepak bola dengan kisah-kisah unik dan sarat makna. Kalau kamu masih butuh rekomendasi film menarik lainnya, ikuti terus perkembangan informasi terbarunya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: gramho.com