Deretan Lelucon April Mop Oleh Google yang Selalu Bikin Heboh dari Tahun ke Tahun

April Mop atau April Fools dirayakan setiap tanggal 1 April. Perayaan April Mop biasanya diwarnai dengan berbagai lelucon, prank dan kebohongan. Seseorang akan membuat sebuah kabar yang tidak benar untuk mengelabui teman-teman sebagai hiburan.

April Mop tidak hanya dilakukan sebagai lucu-lucuan di kalangan masyarakat, tetapi juga dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk mengerjai pelanggan atau pengguna lho! Salah satu perusahaan besar yang mengerjai penggunanya saat April Mop adalah Google.

Setiap tahun Google kerap membuat prank untuk mengerjai pengguna saat April Mop. Lelucon dari Google ini pun selalu berhasil membuat heboh. Apa saja prank dan lelucon April Mop yang pernah dibuat Google? Yuk simak deretan 'kebohongan' yang pernah dilakukan Google untuk mengelabui pengguna berikut ini.

April Fools Pertama Google (2000)

article image

Image source: firstpost.com

Jebakan April Fools pertama kali dilakukan oleh Google pada 2000. Google mengelabui pengguna dengan meluncurkan Mentalplex Project yang dikatakan sebagai situs pencarian tercanggih yang dapat membaca pikiran orang. Tentu saja ini hanya tipuan dari Google.

Situs ini menampilkan animasi git pinwheel yang seolah-olah dapat menghipnotis pengguna untuk dibaca pikirannya. Ternyata banyak juga yang terjebak dengan Mentalplex Project ini lho!

Google Gulp (2005)

article image

Image source: entrepreneur.com

Google Gulp merupakan minuman fiktif yang diumumkan Google pada 2005. Di sini Google menjelaskan bahwa minuman ini dapat mengoptimalkan penggunaan mesin pencari Google dengan meningkatkan kecerdasan peminum. Perusahaan juga mengklaim bahwa minuman dapat diperoleh dengan mengembalikan tutup botol Google Gulp ke toko.

Padahal bagaimana mau mengembalikan tutup botol kalau minumannya saja tidak ada? Memang ada-ada saja ya Google ini!

Jalan-Jalan ke Mars Bersama Google (2008)

Tahun 2008 Google kembali membuat tipuan yang membuat heboh. Google meluncurkan video yang menampilkan dua pendiri Google yang mempromosikan proyek baru mereka bernama Virgle.

Kali ini tipuannya tidak main-main. Mereka mengklaim telah membangun sebuah tempat di Mars dan ingin merekrut orang untuk pergi bersama mereka. Katanya sih banyak yang sudah mendaftar, tetapi itu hanyalah prank!

Topeka Berganti Nama Menjadi Google (2010)

article image

Image source: blog.powercram.com

Google memang tidak pernah berhenti membuat kehebohan untuk April Mop. Pada 2010, daerah bernama Topeka di Kansas tahu-tahu berganti nama menjadi Google. Hal tersebut dimaksudkan agar daerah tersebut mendapat perhatian dari Google untuk percobaan fiber optic terbaru.

Namun Google bukannya menanggapi pesan tersebut dengan menjadikan Topeka sebagai tempat percobaan fiber optic. Google malah mengganti namanya menjadi Topeka dan mengatakan bahwa semua produk Google akan berganti menjadi Topeka. Google savage juga ya!

Google Translate untuk Hewan (2011)

Google Translate diciptakan untuk memudahkan kita berkomunikasi dengan banyak orang dengan bahasa berbeda-beda. Kamu pasti merasakan betul manfaat dari Google Translate ini kan?

Nah, pada 2011 lalu Google UK membuat tipuan nyeleneh dengan meluncurkan Google Translate gor Animals. Fitur ini digadang-gadang dapat membantu pengguna untuk berkomunikasi dengan hewan. Kira-kira seperti apa ya Google Translate untuk hewan ini?

Meluncurkan Fitur Anti Dimarah Bos (2012)

Mungkin fitur ini akan dipakai banyak orang bila benar-benar diluncurkan. Sayangnya fitur yang dinamakan Jargon-Bot ini hanyalah tipuan yang dilakukan Google pada April Fools 2012 lalu.

Fitur ini dikatakan dapat membantu kamu ketika berhadapan dengan atasan dan membicarakan permasalahan yang sulit. Pokoknya Jargon-Bot ini bisa membantu kamu mengatasi masalah di kantor. Seandainya saja ini bukan prank ya!

Berburu Harta Karun Bersama Google (2013)

Prank yang dibuat Google berikutnya di tahun 2013 adalah fitur bernama Google Maps Treasure Mode. Dengan fitur ini, Google Maps akan membantu pengguna untuk menemukan harta karun.

Kamu pun bisa mendapatkan harta karun apa pun yang kamu mau. Pasti kamu berharap fitur ini bisa diwujudkan Secara nyata kan?

Berburu Pokemon dengan Google Maps (2014)

Pokemon Go sempat menjadi sangat viral dan dimainkan di seluruh dunia. Bahkan ada orang yang mengalami kecelakaan saat 'mencari' Pokemon. Google pun tidak ketinggalan membuat kehebohan saat April Fools 2014 dengan meluncurkan Google Maps Pokemon Challenge.

Google memang jago menarik perhatian banyak pengguna dengan memanfaatkan kepopuleran Pokemon Go ya. Tidak tahu sudah berapa banyak orang yang tertipu saat itu.

Server dari Atas Awan (2015)

Kamu mengalami masalah susah sinyal? Google dapat membantu kamu mengatasi masalah tersebut dengan fitur yang menggunakan awan untuk menransfer data. Teknologi mutakhir dari Google yang diluncurkan pada 2015 ini pun menarik perhatian pengguna.

Sayangnya hal tersebut hanyalah prank yang dilakukan Google untuk merayakan April Fools. Siapa nih, yang tadinya sudah semangat menyambut kehadiran fitur canggih ini?

Google Searchable Socks (2016)

article image

Image source: aprilfoolsdayontheweb.com

Kamu pernah mengalami kehilangan kaus kaki sebelah setelah dicuci atau dilepas? Nah, tahun 2016 lalu, Google Australia meluncurkan aplikasi Google Searchable Socks yang katanya bisa membantu pengguna untuk menemukan kaus kaki yang hilang. Bener nggak sih? Tentu saja itu hanya lelucon April Fools yang sengaja dibuat oleh Google Australia.

Google Self Driving Bike (2016)

Produk Google yang satu ini cukup canggih lho! Sepeda ini dibuat khusus untuk orang yang terlalu sibuk sehingga tidak punya waktu untuk bersepeda dengan anaknya. Ketika dinaiki anak kecil, sepeda ini bisa bergerak sendiri dan orang tua tidak perlu khawatir anaknya akan jatuh atau menabrak.

Sepeda canggih ini bisa kamu atur dari smartphone. Sayangnya, kamu tidak akan bisa menggunakan sepeda ini karena sesungguhnya hal tersebut adalah prank belaka yang dibuat Google Netherlands pada 2016 lalu.

Google Tulip (2019)

Fitur yang diluncurkan Google ini juga bikin geleng-geleng kepala. Pada 2019 Google Assistant meluncurkan fitur terbaru yang bisa berbicara dengan bunga tulip.
Yang bikin kocak, ternyata bunga bisa berpikir seperti manusia. Bunga tulip juga bisa bikin Google Assistant memutar musik lho! Ada yang sampai tertipu enggak sih, dengan lelucon April Fools yang satu ini?


Itulah beberapa lelucon dan prank yang dibuat Google saat April Mop. Dari tahun ke tahun memang ada-ada saja ya yang dibikin raksasa Silicon Valley ini. Cek Gotomalls.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Gotomalls juga menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: wordpress.com