Hari Ayah Indonesia

Selamat Hari Ayah Indonesia untuk semua ayah dimanapun kalian berada. Memperingati Hari Ayah, yuk kita cari tahu, sebenarnya bagaimana sih sejarah hari ini terjadi dan kira-kira ada alasan dibalik Hari Ayah nggak ya?

Hari Ayah Indonesia jatuh pada tanggal 12 November setiap tahunnya. Selain Indonesia, beberapa negara lain sebenarnya juga ada yang melakukan perayaan serupa. Hanya saja tanggalnya berbeda-beda. Hari Ayah Dunia bahkan diperingati pada tanggal 20 Juni.

Sejarah Hari Ayah Indonesia

article image

Image source: pikiranrakyat.com

Hari Ayah Indonesia lahir setelah paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) memprakasainya. Pada tahun 2004 PPIP pun mulai menggagas hari spesial ini yang dulu disebut Hari Bapak.

Hari Bapak tercipta ketika PPIP memperingati Hari Ibu di Solo. Saat itu mereka mengadakan lomba menulis surat untuk ibu. Ketika acara berjalan, ada celetuk yang menyabut, “Kapan ada lomba menulis surat untuk ayah? kapan peringatan hari ayah?”.

Ketua PPIP wkala itu, Gress Raja pun mengatakan, gagasan perlunya ada Hari Bapak, bukan karena 'iri' ada Hari Ibu tetapi tidak ada Hari Bapak. Bapak adalah bagian dari keluarga yang memiliki peran sama pentingnya dengan ibu dan tentu saja tidak bisa disepelekan.

Pemilihan Nama “Bapak” atau “Ayah”

article image

Image source: suara.com

Awalnya semua setuju jika kata “Bapak” lebih umum daripada “Ayah”. Sebutan itu dulu dinilai lebih majemuk dan wajar. Akhirnya deklarasi Hra Bapak pun dilakukan pada 12 November 2006 di Solo. Pada saat yang sama salah satu anggota juga menggelar acara Hari Bapak di Maumere, Flores.

Deklarasi Hari Bapak di Solo diadakan di Pendapa Gede Balai Kota Solo yang dihadiri oleh tokoh masyarakat, pelajar, dan pemaku agama. Dalam acara tersebut pula juga diadakan pembacaan Buku Kenangan buat Ayah yang berisi surat 100 anak Indonesia untuk ayah mereka.

Hari Ayah Dunia

article image

Image source: enampagi.id

Seperti yang sebelumnya sudah dibahas, jika Hari Ayah yang diperingati beberapa negara lain memiliki tanggal berbeda. Hari Ayah Dunia diperingati pada 20 Juni. Amerika Serikat justru merayakan Hari Ayah pada 5 Juli.

Dulu pada 1996 Presiden AS Lyndon B Johnson mendeklarasikan jika Minggu ketiga bulan Juni adalah Hari Ayah. Berbeda lagi bukan?

Di beberapa negara Eropa, Hari Ayah diperingati pada tanggal 19 Maret setiap tahunnya. Norwegia, Swedia, dan Finlandia memperingati Hari Ayah pada Minggu kedua bulan November. Kemungkinan sama dengan di Indonesia ya.

Sedangkan untuk Selandia Baru, Fiji, Australia, dan Papua Nugini memperingatinya pada Minggu pertama bulan September.

Menyenangkan ya setiap negara memiliki perayaan Hari Ayah dengan tanggal berbeda-beda. Pasti alasan terbentuknya pun juga unik berbeda dari Indonesia.

Malls

Articles