Skincare Remaja Untuk Kulit Berminyak

Usia remaja adalah masa-masa ketika seseorang mulai sering khawatir dengan penampilannya. Apalagi kalau sudah berurusan dengan kulit wajah, masalah-masalah seperti jerawat, komedo, dan juga kulit berminyak seringkali bikin minder. Walau demikian, masalah ini adalah hal yang wajar. Setiap orang pasti pernah mengalaminya.

Solusinya, kamu bisa mulai menggunakan produk-produk skincare untuk melakukan perawatan rutin. Tetapi mesti diperhatikan juga jenis skincare yang kamu gunakan. Tidak semua produk cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit yang gampang berminyak. Oleh karenanya, kali ini Gotomalls akan membagikan 7 tips memilih skincare remaja untuk kulit berminyak. Simak baik-baik, ya!

1. Pilih Produk Non-komedogenik dan Bebas Minyak

article image

Image source: Theeverygirl.com

Menurut dermatologis Melanie Palm, MD, kulit berminyak perlu ditangani dengan produk skincare yang diformulasikan khusus untuk kondisi tersebut, yaitu produk-produk non-komedogenik, tidak menyumbat pori-pori, serta bebas minyak. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan komposisi yang terkandung di dalamnya. Beberapa bahan yang mesti dipertimbangkan adalah asam salisilat, retinol, dan belerang (sulfur).

Produk skincare dengan label non-komedogenik serta bebas minyak dipercaya ampuh untuk mengendalikan minyak berlebih tanpa membuat kulit menjadi kering, dan tidak menyumbat pori-pori sehingga relatif aman dari jerawat.

2. Selalu Gunakan Sunscreen Setiap Beraktivitas

article image

Image source: Qsun.co

Sunscreen akan sangat membantu untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berpotensi merusak kulit, mencegah keriput, bintik hitam, hingga resiko kanker kulit. Namun, untuk tipe kulit mudah berminyak disarankan untuk memilih sunscreen yang mengandung seng oksida (ZnO) dan titanium dioksida (TiO2), tanpa pewangi atau bahan minyak. Hal ini bertujuan untuk mencegah munculnya bruntusan.

3. Memilih Pelembab dengan Tekstur Gel

article image

Image source: Theskincareedit.com

Siapa bilang kulit berminyak tidak perlu memakai pelembab? Nyatanya, skincare yang satu ini tetap dibutuhkan untuk menghidrasi kulit. Namun, pilihlah pelembab berbentuk gel agar lebih mudah menyerap dan juga tidak menyumbat pori-pori. Pelembab yang berbahan dasar minyak sangat tidak dianjurkan untuk kulit berminyak, seperti pelembab yang mengandung lanolin, minyak mineral, atau vitamin E.

4. Oleskan Anti Pimple Gel Jika Berjerawat

article image

Image source: Funderm.com

Skincare remaja untuk kulit berminyak berikutnya adalah anti pimple gel. Skincare ini sangat berguna untuk mengatasi jerawat pada kulit berminyak. Jika jerawat mulai timbul, segera oleskan gel ini pada malam hari. Besoknya, si jerawat nakal tidak akan berani tumbuh lebih besar.

5. Pilih Face Wash yang Lembut

article image

Image source: Fashionlady.in

Banyak remaja yang sering salah pilih ketika menggunakan produk face wash untuk merawat kulit mereka yang mudah berminyak. Menurut saran Lisa Pruett, MD, dermatologis dari Carrollton, Texas, produk face wash yang digunakan pada kulit berminyak sebaiknya berbahan lembut.

Selama ini, kebanyakan orang justru memilih produk face wash yang keras dengan dalih membuat kulit lebih kering. Padahal, minyak pada wajah hanya perlu dikontrol agar tidak berlebihan alih-alih dihilangkan sama sekali.

Skincare remaja untuk kulit berminyak dari produk face wash yang bertekstur keras justru hanya akan merusak kulit, membuatnya rentan iritasi, dan memicu produksi minyak semakin banyak.

6. Mengatasi Minyak Berlebih dengan Masker

article image

Image source: Theeverygirl.com

Salah satu skincare remaja untuk kulit berminyak yang sangat direkomendasikan adalah masker wajah. Pilihlah masker yang terbuat dari bahan-bahan alami yang bisa mengontrol minyak, seperti masker tanah liat (clay mask). Selain clay mask, kamu juga bisa mencoba jenis lainnya seperti white clay mask, black clay mask, dan green clay mask.

Pemakaian masker dan face wash sebaiknya diiringi dengan membilas wajah menggunakan air hangat agar kulit lebih terhidrasi. Selanjutnya, untuk menjaga kesegaran kulit wajah, oleskan sedikit toner atau face mist untuk mendinginkan kulit berminyak.

7. Gunakan Serum untuk Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

article image

Image source: Healthline.com

Serum memiliki kandungan yang kaya antioksidan dan retinol. Serum bisa membantu meremajakan kulit, mengurangi kemerahan, memperbaiki tekstur yang tidak rata, dan menjaga kulit tetap kencang.

Pilihlah serum untuk kulit berminyak yang aman diaplikasikan di wajah setiap malam sebelum tidur. Jangan lupa untuk mencampurkan serum dengan pelembab agar manfaat skincare bisa terserap sempurna untuk memperbaiki kulit yang rusak.

Demikianlah 7 tips memilih skincare remaja untuk kulit berminyak. Simak juga info menarik seputar tips gaya hidup lainnya di Gotomalls.com, layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event. di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

featured image source: Beautyforacause.com.au