Syarat-Syarat Membuat NPWP Untuk Melamar Kerja

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sudah menjadi salah satu persyaratan penting untuk mengurus berbagai keperluan, mulai dari pengajuan kartu kredit, membuat paspor, bahkan melamar pekerjaan. Ya, sebagian perusahaan memang tak jarang mewajibkan para pelamar kerja untuk melampirkan NPWP sebagai salah satu persyaratan.

Lalu, bagaimana caranya agar seseorang yang belum mempunyai pekerjaan bisa memiliki kartu NPWP? Berikut Gotomalls bagikan tips dan syarat membuat NPWP untuk melamar kerja agar bisa disetujui Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Syarat Membuat NPWP Untuk Melamar Kerja

article image

Image source: nyc.gov

Seperti yang dilansir dari situs resmi Direktorat Jenderal Pajak, ada 4 kategori pribadi yang termasuk Wajib Pajak, yaitu:

  1. Karyawan
  2. Pengusaha atau pekerjaan bebas (freelancer).
  3. Penghasilan dari sumber lain selain yang tertera dalam tempat tinggal Wajib Pajak.
  4. Warisan belum terbagi.

Masing-masing kategori diwajibkan memenuhi beberapa persyaratan berbeda untuk mengajukan pembuatan NPWP. Tapi secara umum, terdapat kualifikasi mutlak yang harus dipenuhi setiap individu, yaitu penghasilan dan pekerjaan (kecuali urusan warisan).

Bagi seseorang yang belum memiliki pekerjaan dan penghasilan, kemungkinan besar pengajuannya akan ditolak oleh KPP selaku penerbit NPWP. Maka dari itu, sebaiknya hindari mengisi kolom pekerjaan dengan status “Belum Bekerja” atau penjelasan serupa lainnya.

Tapi bukan berarti seseorang yang belum memiliki pekerjaan dan penghasilan tidak bisa mendapatkan NPWP. Ada langkah-langkah dan syarat khusus yang bisa ditempuh agar pengajuan NPWP bisa disetujui.
Berikut penjelasannya:

Surat Keterangan dari Kantor Kelurahan

article image

Image source: thebalancesmb.com

Sebelum mengajukan permohonan NPWP, datangi kantor kelurahan sesuai domisili KTP untuk membuat surat keterangan usaha atau pekerjaan bebas (freelance) yang paling sesuai dengan kondisi terkini.

Misalnya Anda memiliki kegiatan-kegiatan menghasilkan seperti berjualan online, membuat desain grafis, atau sesekali menjadi driver transportasi online, Anda bisa menambahkan keterangan tersebut dalam surat keterangan kelurahan.

Jangan lupa untuk menandatangani surat keterangan ini di atas materai Rp6.000, dokumen ini akan dibutuhkan saat melampirkan persyaratan NPWP baik via online atau datang langsung ke kantor perpajakan.

Melengkapi Persyaratan Wajib

article image

Image source: economictimes.com

Setelah mengajukan surat keterangan dari kantor kelurahan, syarat membuat NPWP untuk melamar kerja berikutnya adalah dokumen-dokumen wajib seperti berikut:

• Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
• Fotokopi Paspor dan KITAS/KITAP bagi Warga Negara Asing
• Rekening koran
• Mengisi formulir pendaftaran NPWP di KPP
• Mengisi formulir dan mengunggah berkas pendaftaran NPWP di website ereg.pajak.go.id (untuk pendaftaran online)

Menunggu Status Pengajuan (via online)

article image

Image source: lifewire.com

Bagi pendaftar online, setelah semua syarat membuat NPWP untuk melamar kerja sudah dilengkapi, selanjutnya Anda tinggal menunggu status pengajuan. Anda akan menerima pemberitahuan melalui email yang terdaftar pada formulir pendaftaran. Rata-rata prosesnya akan memakan waktu beberapa hari hingga satu minggu.

Tips Membuat NPWP Untuk Melamar Kerja

article image

Image source: ferenceandco.com

Surat keterangan dari kantor kelurahan adalah syarat mutlak yang perlu dilampirkan jika Anda ingin membuat NPWP untuk melamar kerja. Karena jika tidak ada surat keterangan usaha atau pekerjaan bebas, itu artinya status Anda tidak memenuhi persyaratan Wajib Pajak.

Minta petugas kelurahan untuk melampirkan informasi pekerjaan atau usaha yang Anda jalani dalam surat keterangan serta alasan Anda mengajukan pembuatan NPWP agar prosesnya berjalan lebih lancar.

Apakah persyaratannya selalu sama?

Setiap KPP di masing-masing daerah biasanya memiliki kebijakan atau regulasi yang berbeda-beda. Jadi, sebelum memulai langkah-langkah di atas sebaiknya Anda kunjungi Kantor Pelayanan Pajak di kota tempat Anda tinggal untuk memastikan persyaratan dan peraturan yang berlaku.

Dalam beberapa kasus, petugas KPP akan meminta pendaftar untuk melampirkan bukti asli dari kegiatan wirausaha yang dijalankan. Atau surat pernyataan kerja sama/kemitraan dari institusi atau perusahaan tempat Anda bekerja secara lepas (freelance). Walaupun ketentuan seperti ini jarang ditemukan, sebaiknya Anda selalu bersiap untuk segala kemungkinan.

Bagaimana jika tidak memiliki pekerjaan atau penghasilan sama sekali?

Hindari segala aktivitas yang bersifat memanipulasi/memalsukan dokumen-dokumen persyaratan pengajuan NPWP. Jika tidak ada pekerjaan atau kegiatan yang menghasilkan sama sekali untuk dilaporkan, Anda bisa memulai pekerjaan-pekerjaan ringan via online yang bisa dilakukan secara instan kapan saja dan di mana saja.

Anda harus memiliki bukti nyata dari penghasilan dan status pekerjaan. Tidak masalah berapa lama Anda menekuni profesi tersebut atau seberapa banyak uang yang dihasilkan. Yang terpenting, Anda benar-benar bekerja dan menghasilkan.

Online atau Offline?

Alih-alih via online, proses pembuatan NPWP untuk melamar kerja akan jauh lebih mudah dan cepat jika dilakukan langsung di KPP setempat (offline).

Anda tidak perlu menunggu berhari-hari, karena setelah melampirkan dokumen persyaratan, mengisi formulir pendaftaran, dan setelah melakukan wawancara singkat dengan petugas KPP, kartu NPWP akan langsung diterbitkan saat itu juga.

Dan satu hal lagi, pastikan pendapatan bersih yang Anda terima belum dipotong pajak. Dengan begitu status Anda akan jauh lebih layak untuk mendapatkan NPWP.


Demikianlah tips dan syarat membuat NPWP untuk melamar kerja agar lebih mudah diterima. Untuk mendapatkan tips dan info menarik lainnya, ikuti terus update artikel terbaru di Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: thinkmaverick.com