Tanaman Hias Indoor

Tanaman hias indoor sedang menjadi komoditas hangat yang banyak diincar berbagai kalangan. Lihat saja bagaimana kafe-kafe dan tempat makan kekinian yang banyak mengusung konsep ruangan asri dengan pajangan tanaman hias indoor. Selain mempercantik tampilan ruangan, tanaman hias juga bisa membuat suasana lebih nyaman.

Kalau kamu sedang mencari tanaman hias indoor yang cantik namun mudah dirawat, berikut Gotomalls rekomendasikan 8 jenis tanaman terbaik untuk dicoba. Tanaman hias ini cocok bagi pemula yang baru mulai merawat tanaman.

1. Bunga Lidah Mertua

article image

Image source: Economy Okezone

Ingin kualitas udara di dalam ruangan jadi lebih segar? Sebaiknya kamu coba snake plant alias bunga lidah mertua. Selain ampuh sebagai penyerap racun, tanaman hias ini juga punya bentuk yang menarik sebagai hiasan. Cukup dengan satu pot kecil di sudut ruangan, sirkulasi udara akan terasa kian segar.

2. Lavender

article image

Image source: Pinterest

Beberapa pot kecil tanaman lavender bisa menghadirkan aroma harum yang akan membuat suasana rumah kian nyaman. Sebagai tanaman hias indoor, tanaman lavender sangat bagus untuk membantu mengatasi rasa cemas dan stres. Selain karena manfaat aromaterapi, penampilannya yang cantik akan memanjakan mata.

3. Aloe Vera/Lidah Buaya

article image

Image source: Trees.com

Aloe vera atau lidah buaya juga cocok dijadikan tanaman hias indoor yang menarik. Tanaman hias sukulen ini bisa kamu simpan dalam pot minimalis yang efisien. Selain itu, kehadiran tanaman hias ini bisa kita manfaatkan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari penyembuh luka bakar, pelembab kulit, dan bahan obat herbal. Perawatannya pun cukup sederhana, asalkan mendapat sinar matahari sesekali dan tidak lupa disiram secara rutin.

4. Bunga Anthurium

article image

Image source: Yates.com.au

Bunga anthurium memiliki bentuk daun yang unik dan tersedia dalam berbagai bervariasi cantik. Cocok sekali untuk dikoleksi sebagai tanaman hias tunggal. Bunga anthurium umumnya berwarna merah terang, namun terdapat pilihan yang berbeda. Ada yang memiliki daun seukuran koin hingga selebar piring. Untuk tanaman hias ruangan, sebaiknya pilih jenis bunga anthurium kecil.

5. Pakis Asparagus

article image

Image source: 99.co

Pakis asparagus termasuk salah satu primadona tanaman hias indoor berkat bentuk daunnya yang pipih dan menyebar seperti rambut-rambut halus, belum lagi warna hijau terangnya yang menyegarkan mata. Pakis asparagus bisa digunakan sebagai tanaman penangkal polusi udara di dalam rumah.

6. Peace Lily

article image

Image source: Botany Land

Tanaman hias ini cocok ditaruh di bagian ruang mana pun di dalam rumah. Asalkan terdapat sumber pencahayaan, peace lily bisa tumbuh subur. Tanaman ini sering dipilih sebagai tanaman dekorasi berkat daunnya yang berwarna hijau pekat dengan bunga berwarna putih. Kombinasi warna cantik ini sangat cocok untuk menghias meja ruangan. Selain itu, peace lily juga punya kemampuan seperti tanaman hias indoor lainnya, yaitu menetralisir polusi udara di dalam ruangan.

7. Chinese Money

article image

Image source: Shopee

Tanaman hias indoor ini cukup lazim digunakan sebagai penghias rumah dan apartemen minimalis. Sesuai dengan namanya, chinese money memiliki bentuk daun mirip seperti koin. Kita bisa memakai pot kecil untuk menanamnya. Simpan di dekat jendela agar selalu mendapat sinar matahari. Untuk pengembangbiakannya, kita hanya perlu menggunakan teknik stek dengan memotong batang terbaiknya dan ditanam langsung di tanah.

8. Cocor Bebek

article image

Image source: FaktualNews.co

Selain tanaman hias outdoor, cocor bebek juga bisa dijadikan tanaman hias ruangan. Pilihlah jenis cocor bebek yang memiliki bunga untuk penghias ruangan., kemudian simpan di dekat jendela agar mendapatkan cahaya matahari.

Selain sebagai tanaman hias, cocor bebek juga menawarkan banyak manfaat. Daun tanaman ini bisa digunakan untuk penyembuh luka, meredakan sakit kepala, mengatasi sakit gigi, hingga menghilangkan jerawat.


Nah, itulah beberapa tanaman hias indoor yang cantik dan mudah dirawat. Simak juga info rekomendasi menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: The Guardian