5 Target Tahunan yang Harus Kamu Capai Setiap Tahunnya

Setiap tahun selalu saja ada hal-hal baru yang terjadi dalam kehidupan kita. Entah itu dari aspek sosial, kesehatan, asmara, pekerjaan, atau bahkan dari dalam diri kita sendiri. Dan selayaknya manusia normal yang perlu perubahan dari setiap fase hidupnya, ada upaya tertentu yang mesti dilakukan untuk mencapai apa yang kita inginkan. Baik dari segi moril ataupun materiil.

Salah satu upaya terbaik adalah dengan menetapkan beberapa target yang harus dicapai setiap tahunnya. Cara ini bisa sangat bermanfaat untuk mendorong perubahan baru dalam hidup kita, terutama jika dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan. Pertanyaannya, target apa saja yang perlu kita capai? Jawabannya bisa kamu temukan di bawah ini!

1. Membaca 2 Buku Setiap Bulan

article image

Image source: Shutterstock

I read a book one day and my whole life was changed” Begitulah yang diucapkan Orhan Pamuk, novelis terkemuka asal Turki peraih penghargaan Nobel sastra tahun 2006. Hanya dengan membaca satu buku, kemudian seluruh hidupnya berubah. Kira-kira apa yang terjadi jika kita membaca dua buku setiap bulan? Membaca adalah langkah pertama bagi siapa pun yang butuh perubahan, tidak peduli buku jenis apa pun yang dia baca, selama itu mengandung kebaikan, niscaya perubahan akan datang.
Semakin kamu banyak membaca, maka kamu akan semakin banyak tahu. Dan jika kamu sudah tahu tentang banyak hal, apa pun yang kamu lakukan tidak akan sulit. Termasuk untuk melakukan perubahan. Tidak ada alasan untuk tidak membaca, jadi, segera temukan sebuah buku yang menarik perhatianmu.

Dapatkan buku-buku bacaan yang menarik di toko buku terdekat dan mulailah membaca.

Brands

2. Olahraga Secara Rutin

article image

Image source: uwhealth.org

Apalagi aset yang lebih berharga selain dari kesehatan? Stop cari-cari alasan untuk tidak berolahraga, jangan tunggu jatuh sakit dulu baru mulai berolahraga, justru dengan olahraga kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk berolahraga, tidak melulu soal menghabiskan waktu berjam-jam di gym. Olahraga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Luangkanlah sekitar 15-30 menit sehari untuk sekadar jalan kaki atau jogging keliling kompleks, dan jika kamu tidak bisa beranjak ke luar ruangan, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas kalistenik seperti push up, squat, sit up, pull up, dan lain-lain. Mulailah berolahraga demi kualitas hidup yang lebih baik. Tapi jangan lupa untuk menjaga pola makan dan waktu istirahat. Olahraga, pola makan, dan tidur adalah tiga fondasi yang harus dijaga keseimbangannya. Kalau salah satunya terabaikan, bisa-bisa kondisi kesehatan tubuh & mental kita akan mudah goyah.

3. Menabung 50% dari Gaji

article image

Image source: hdfcbank.com

Membiasakan diri untuk menabung setengah dari gaji memang susah-susah gampang, apalagi kalau kita belum terbiasa untuk menabung. Kamu bisa mulai dengan menargetkan jumlah pengeluaran maksimal dalam satu minggu, gunakanlah sekitar Rp 200.000, kemudian simpan sisanya di tabungan khusus yang tidak bisa kamu tarik, seperti tabungan berjangka misalnya.

Selanjutnya, biasakan diri untuk membawa bekal makanan ketika berangkat kerja. Dengan begitu, jumlah pengeluaran kita bisa ditekan. Paling penting, kita harus punya rencana menabung. Semakin detail rencana yang kamu buat, akan semakin mudah juga prosesnya. Buatlah catatan tabungan secara detail yang bisa kita cek sewaktu-waktu. Tujuan dari menabung adalah untuk mencapai kebebasan finansial sekaligus menjadi aset di masa depan. Ayo mulai menabung sekarang juga!

4. Menjalankan Bisnis Kecil-Kecilan

article image

Image source: Digital Dealer

Dengan menjalankan bisnis kecil-kecilan, kita tidak cuma bisa memajukan diri sendiri, tapi sekaligus memberikan kesempatan kerja untuk mereka yang membutuhkan lapangan pekerjaan. Selain kita bisa membantu orang lain, kita juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak usah bingung dengan jenis bisnis yang akan kita jalankan, mulailah dengan sesuatu yang menurut kamu menarik.

Di zaman sekarang sudah terdapat berbagai media bisnis yang bisa membantu kita berjualan. Kita bisa berjualan melalui platform E-Commerce, marketplace, dan juga media sosial. Sebelum kamu mulai berjualan, sebaiknya kamu menentukan target pasar terlebih dahulu dan sesuaikan dengan niche produk/jasa yang ditawarkan. Cara termudahnya adalah dengan mempromosikan produk/jasa tersebut kepada kelompok tertentu, contohnya anak muda, perempuan, atau ibu rumah tangga.

5. Traveling

article image

Image source: Nomadic Matt

Kenapa harus traveling? Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan melalui traveling. Dengan melakukan perjalanan jauh keluar dari lingkungan sehari-hari, secara tidak langsung kita akan mengalami proses pendewasaan sekaligus pembelajaran. Traveling bisa menjadi alat untuk menambah wawasan tentang budaya, kehidupan sosial, pengetahuan geografis, dll.

Selama kita berada di tempat lain, kita akan melihat kehidupan dari perspektif yang berbeda, dengan begitu kita bisa belajar untuk lebih menghargai perbedaan. Terlebih, traveling adalah aktivitas yang sangat menyenangkan. Selain kita bisa meredakan stres dan melepas beban pikiran, kita juga bisa melakukan aktivitas menyenangkan secara bersamaan.


Untuk mendapatkan apa yang diinginkan, seseorang membutuhkan kesabaran dan konsistensi. Seberapa jauh dan seberapa tinggi tingkat kesulitannya ditentukan oleh mindset masing-masing. Selama kita tidak berhenti di tengah jalan, apa pun yang ingin kita capai niscaya akan tercapai.

Ikuti terus perkembangan informasi tips-tips menarik lainnya hanya di GoToMalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: Medical News Today