Olimpiade Tokyo 2020: 7 Tempat Wisata Di Jepang Yang Bisa Kamu Kunjungi

Tokyo akan menjadi tuan rumah perhelatan ajang olahraga terbesar di dunia, Olimpiade dan Paralimpiade 2020. Ajang olahraga yang akan diselenggarakan saat musim panas ini sudah diprediksi akan dipadati wisatawan mancanegara yang ingin menyaksikan pertandingan sekaligus menikmati keindahan negeri sakura.

Rasanya memang kurang gereget kalau pergi ke Tokyo 'hanya' untuk menonton Olimpiade. Di sekitar venue yang disiapkan untuk pertandingan Olimpiade ternyata ada banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi lho!
Penasaran dengan spot wisata yang bisa kamu kunjungi saat nonton Olimpiade? Yuk, simak deretan tempat wisata di Jepang berikut ini.

1. Kuil Meiji Jingu

article image

Image source: flickr.com

Kuil Meiji Jingu berada di depan Yoyogi National Gymnasium yang menjadi salah satu venue pertandingan Olimpiade. Kuil Shinto ini dibangun pada tahun 1915-1920 sebagai bentuk dedikasi rakyat Tokyo setelah Kaisar Meiji yang berkuasa pada 1867-1912 meninggal dunia.

Di pertemuan jalan sebelah selatan dan utara menuju kuil, kamu akan menjumpai torii raksasa dengan tinggi 12 meter yang menjadi simbol Kuil Meiji Jingu dan merupakan torii kayu terbesar di Jepang. Torii ini menunjukkan batas antara tempat tinggal dewa dan manusia. Kawashima Yasushi, seorang pemilik usaha kayu membangun torii ini sebagai bentuk terima kasih terhadap dewa yang telah memberkati usaha kayu miliknya.

Selain menjadi tempat wisata, Kuil Meiji Jingu juga populer sebagai tempat untuk menyelenggarakan upacara pernikahan. Jika kamu beruntung, kamu bisa melihat prosesi upacara pernikahan di tempat ini.

2. Taman Yoyogi

article image

Image source: foap.com

Kalau kamu capek seharian menonton pertandingan, silakan datang ke Taman Yoyogi yang berada di sebelah selatan Kuil Meiji Jingu. Kamu bisa istirahat sambil menikmati keindahan taman di sini.

Pohon-pohon di Taman Yoyogi dibiarkan tumbuh dengan bebas. Di sini kamu akan menjumpai beberapa fasilitas umum seperti jalur sepeda, lapangan basket dan panggung terbuka. Tiap akhir pekan, kamu akan melihat festival bertema internasional di taman ini, misalnya Earth Day Market, Thai Festival atau pasar barang antik.

Taman Yoyogi terkenal dengan keindahan 4 musimnya. Nah, saat Olimpiade musim panas nanti, kamu bisa melihat keindahan bunga bungur Jepang dan mallow yang akan menampakkan warna hijau menyegarkan.

3. Harajuku

article image

Image source: tokyocheapo.com

Jangan lewatkan kota fashion Jepang ini saat menonton pertandingan Olimpiade Tokyo. Di Harajuku kamu bisa menikmati budaya pop Jepang yang unik dan lucu. Apalagi kalau kamu ingin belanja fashion, di sinilah tempatnya!

Kamu bisa jalan-jalan dan belanja di Takeshita Street yang merupakan pusat budaya Harajuku. Setelah itu, kamu bisa datang ke Omotesando Hills yang merupakan mal tempat berkumpulnya brand pakaian paling modis di Jepang. Capek belanja dan tiba-tiba lapar? Datang saja ke Kawaii Monster Cafe, yakni kafe kekinian dengan konsep kawaii ala Harajuku.

4. Shinjuku Gyoen

article image

Image source: hokurikuandtokyo.org

Tidak jauh dari Tokyo National Stadium, kamu bisa menemukan Taman Nasional Shinjuku Gyoen. Selain Taman Yoyogi, tempat wisata ini juga cocok untuk beristirahat setelah capek nonton pertandingan. Nah uniknya, Shinjuku Gyoen terdiri dari 3 bagian, yakni taman tradisional Jepang, taman khas Prancis dan taman dengan panorama khas Inggris.

Di Shinjuku Gyoen kamu juga bisa melihat banyak spot menarik. Di antaranya adalah Kyugoryotei atau paviliun Taiwan, gedung pencakar langit Tokyo Tocho, green house dan lain-lain. Kamu bisa meluangkan waktu untuk berkeliling dengan melihat kolam-kolam besar dengan jembatan tradisional di taman Jepang, kebun mawar di taman Prancis dan lanskap Inggris yang tertata baik.

5. Tokyo Imperial Palace

article image

Image source: vipjepang.co.id

Tidak jauh dari Nippon Budokan, venue pertandingan judo dan karate, kamu bisa menjumpai Tokyo Imperial Palace atau Istana Kekhaisaran Tokyo. Tokyo Imperial Palace merupakan tempat tinggal Kaisar dan keluarga secara turun temurun. Istana ini dikelilingi oleh tembok batu tebal yang tinggi dan kanal (parit dalam) yang mengelilingi kompleks istana sebagai pertahanan.

Kamu tidak boleh sembarangan memasuki areal istana. Ada sejenis tur yang bisa kamu ikuti dengan melakukan reservasi terlebih dahulu. Sayangnya, tur ini hanya menyediakan guide berbahasa Jepang. Namun kamu tetap bisa melihat indahnya istana kok, dari Imperial Palace East Garden yang terletak persis di depan Istana Kekaisaran Tokyo. Taman ini juga tidak kalah cantik dengan taman-taman lain di Tokyo.

6. Kastil Tsurugajo

article image

Image source: matcha-jp.com

Di dekat Yokohama Stadium, venue pertandingan bisbol di Prefektur Kanagawa, kamu bisa menjumpai Kastil Tsurugajo. Dinamai Tsurugajo karena bentuk kastel ini menyerupai seekor burung bangau atau dalam bahasa Jepang disebut tsuru.

Kastil Tsurugajo terlihat megah dengan dinding putih dan atap berwarna merah yang merupakan warna yang tidak biasa digunakan pada kastel Jepang. Di dalam kastel, terdapat museum yang menampilkan sejarah kastel Tsurugajo dan di atas terdapat dek observasi dengan pemandangan terbaik di wilayah Aizu.

Kalau kamu ingin bersantai sejenak, kamu bisa mengunjungi Trusuga Castle Park yang berada di areal kastel. Di dalam taman terdapat Rinkaku Tea Room, tempat upacara minum teh tradisional oleh para bangsawan di masa lalu.

7. Tokyo Disneyland

article image

Image source: japan-guide.com

Saat berada di Tokyo rasanya sayang banget ya tidak main ke Tokyo Disneyland. Tempat wisata populer di Jepang ini dekat dengan Makuhari Messe, venue pertandingan taekwondo, anggar dan gulat yang terletak di Prefektur Chiba. Mendengar nama Disneyland, tentu kamu sudah bisa membayangkan bagaimana serunya naik wahana yang ada di sana.

Atraksi favorit di Tokyo Disneyland antara lain Jungle Cruise, Pirates Of Carribean, Big Thunder Mountain, Haunted Mansion, Splash Mountain, Pooh's Honey Hunt dan Micro Adventure. Jangan lewatkan pula kesempatan untuk foto bersama karakter-karakter Disney favorit kamu.

Baca juga artikel lainnya tentang Jepang di bawah ini:

Articles


Nah, itu dia tujuh tempat wisata di Jepang yang bisa kamu kunjungi saat menonton Olimpiade Tokyo 2020. Sayang banget kalau kamu sampai melewatkan tempat-tempat tadi. Siapkan diri kamu untuk menyaksikan perhelatan pesta olahraga terbesar ini dan indahnya pemandangan negeri sakura yang memukau. Kunjungi Gotomalls dan cari tahu rekomendasi agen perjalanan yang bisa membantu menyusun perjalanan kamu ke Jepang.

Brands

Malls

featured image source: befreetour.com