Tips Irit Kuota untuk WFH dan Belajar Daring

Siapapun yang saat ini sedang menjalani sistem work from home (WFH) yang diterapkan kantor maupun kampus/sekolah, konsumsi kuota internet pasti lebih tinggi dari biasanya. Selain untuk keperluan rapat virtual, browsing, upload data, aktivitas di media sosial juga turut meningkat selama di rumah saja.

Belum lagi kebutuhan streaming online untuk menonton film, penggunaan kuota internet pastinya akan lebih boros lagi. Mau tidak mau, kita harus pintar menghemat kuota agar tidak perlu mengeluarkan lebih banyak anggaran.

Nah, berikut ini Gotomalls punya beberapa tips jitu untuk menghemat konsumsi kuota selama WFH dan belajar daring. Simak baik-baik ya!

1. Gunakan Fitur Data Limit untuk Program/Aplikasi Tertentu

article image

Image source: speedify.com

Jika kamu menggunakan internet langsung dari perangkat smartphone atau disambungkan ke laptop via hotspot, gunakan fitur data usage limit untuk mencegah konsumsi kuota yang tidak terkontrol. Hal ini bisa membantu menghemat kuota untuk jangka panjang.

Untuk pengguna smartphone, kamu bisa cek pengaturan, masuk ke menu “connection & sharing”, lalu pilih opsi “data usage”. Pilih aplikasi yang ingin dibatasi, lalu nonaktifkan akses background data. Sedangkan untuk penggunaan hotspot, masuk ke menu “portable hotspot”, temukan opsi data limit, tentukan jumlah konsumsi data maksimal, lalu aktifkan.

2. Aktifkan Data Saver

article image

Image source: Gadgetstouse.com

Selain memanfaatkan fitur data limit, ada satu fitur lagi yang bisa kamu coba, yaitu data saver atau penghemat data. Cara ini juga lebih simpel dibanding menonaktifkan background data secara manual, karena dengan fitur ini semua penggunaan background data akan dihentikan secara otomatis. Hanya saja, data saver akan berdampak pada semua aplikasi sehingga terkadang proses operasi akan terganggu.

3. Matikan Kamera dan Microphone Saat Rapat Virtual

article image

Image source: Candid.Technology

Salah satu konsumsi kuota internet terbesar berasal dari tayangan video dan audio, termasuk saat rapat virtual lewat aplikasi video conference. Meski demikian, kita bisa menekan konsumsi kuota dengan cara mematikan kamera dan microphone selama sesi pertemuan.

Saat peserta lain sedang melakukan presentasi, kamera dan perangkat microphone kita otomatis tidak dibutuhkan. Jadi, gunakan kamera dan microphone saat dibutuhkan saja. Hal Ini dapat menurunkan konsumsi kuota internet secara signifikan.

4. Langganan Wifi di Rumah

article image

Image source: inews.id

Jika semua penghuni rumah melaksanakan WFH atau belajar daring dan butuh akses internet setiap harinya, sebaiknya coba pertimbangkan langganan wifi. Cara ini jauh lebih efisien untuk menghemat anggaran bulanan.

Coba saja bandingkan dengan biaya kuota masing-masing setiap bulannya, langganan wifi jelas lebih hemat untuk dipakai bersama. Pilih paket langganan yang sesuai dengan kebutuhan kerja sehari-hari.


Demikianlah beberapa tips irit kuota untuk WFH dan belajar daring. Simak terus update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: theconversation.com