Tips Mengatur THR

Lebaran telah dekat, itu artinya THR mulai cair. THR atau Tunjangan Hari Raya banyak dimanfaatkan penerima untuk membeli kebutuhan menjelang Idul Fitri. Misalnya tiket mudik, pakaian baru, kue lebaran, THR untuk anak dan keponakan, dan masih banyak lainnya.

Sayangnya tahun ini dan kemarin tidaklah sama dengan Lebaran tahun-tahun sebelumnya. Kita masih saja dilarang mudik bahkan melakukan acara kumpul keluarga dengan jumlah besar karena adanya virus corona. Untuk itu penggunaan uang THR pun harusnya bisa dimanfaatkan dengan lebih bijak.

Daripada THR habis gitu-gitu saja untuk membeli hal yang bersifat konsumtif, ada baiknya kamu mulai memikirkan sesuatu yang lebih positif. Dan berikut ini kami punya tips mengatur THR agar kamu tak kalap mata.

1. Sisihkan Sebagian untuk Ditabung

article image

Image source: glints.com

Seperti halnya konsep gajian, THR pun baiknya tidak langsung dihabiskan seketika setelah cair. Kamu bisa langsung menyisihkan sebagian untuk ditabung.

Rumusnya 10:20:30:40. 10% untuk amal atau kebaikan, 20% untuk ditabung, 30% untuk membayar cicilan atau hutang, dan 40% untuk memenuhi kebutuhan khususnya di bulan Ramadhan.

Tips mengatur THR ini akan mencegah terjadinya pengeluaran tak terkendali. Bahkan tabungan tersebut nantinya dapat kamu gunakan untuk kebutuhan lain yang lebih penting dan mendasar.

Oh iya, menyisihkan uang tunjangan juga tidak harus dengan menabungkannya di bank. Kamu juga bisa menyimpannya dengan cara berinvestasi. Misalnya dengan membeli emas ataupun saham.

2. Menentukan Kebutuhan Belanja

article image

Image source: pinterest.com

Kebutuhan akan semakin tidak terkontrol ketika semuanya tidak dicatat dengan rapi. Tidak ada salahnya untuk menentukan terlebih dahulu barang apa saja yang kiranya akan dibeli.

Cara ini cukup membantu memperhitungkan akan seberapa banyak uang harus dikeluarkan. Jika ada kebutuhan yang kurang penting pun bisa langsung dicoret dari daftar belanja.

Pastikan semua kebutuhan pokok ada pada urutan pertama, Dan bila uang masih cukup kamu bisa membeli kebutuhan tambahan lainnya.

3. Membatasi Belanja Online

article image

Image source: pinterest.com

Seperti yang kita tahu, saat ini sistem belanja online mempermudah kita membeli apapun hanya dengan gadget. Beli barang, makanan, sampai jasa hanya perlu satu sentuhan layar ponsel pintar saja.

Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikan dan mengatur semua pengeluaran dengan rapi. Batasi pengeluaran belanja online. Ada baiknya kamu alokasikan terlebih dahulu dananya.

Ingat jangan tergiur diskon, karena setiap tanggal cantik saat ini e-commerce sering memberi diskon serupa. Walaupun kamu harus berbelanja secara online, kamu bisa membandingkan beberapa toko dan juga promo yang mereka tawarkan. Jadi kamu bisa mendapatkan ekstra keuntungan.

4. Sisihkan Untuk Amal

article image

Image source: tokopedia.com

Tidak kalah penting dari memberi makanan, pakaian, atau transportasi, zakat dan beramal saat lebaran harusnya sudah kamu perhitungkan. Ini adalah kewajiban ya.

Bagi umat muslim, sudah sewajarnya menyisihkan 2,5% dari THR untuk diamalkan sebagai zakat harta. Kamu juga bertanggung jawab membayar zakat fitrah. Baik untuk dirimu sendiri, suami atau istri, serta anak-anakmu.


Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Mall

Artikel

Featured image source: youngandtrifty.com