Kesehatan Mental

Saat ini sudah mulai banyak orang sadar akan pentingnya kesehatan mental. Menurut American Psychological Association, kesehatan mental adalah keadaan pikiran yang ditandai dengan kesejahteraan emosional, penyesuaian perilaku yang baik, dan kebebasan perasaan dari kecemasan dan gejala melumpuhkan.

Setidaknya beberapa tahun terakhir ini isu kesehatan mental di masyarakat mulai meningkat. Sayangnya jauh di sana mungkin masih banyak orang yang berjuang mati-matian untuk menjaga kesehatan mentalnya karena beberapa alasan.

Dan berikut ini tips cara menjaga kesehatan mental dari hal-hal yang paling sederhana.

1. Olahraga Meningkatkan Kesehatan Mental

article image

Image source: unsplash.com

Olahraga menjadi salah satu cara terbaik untuk mengatasi penyakit mental. Psychology Today menjelaskan apabila seorang dengan gangguan kesehatan mental yang rajin bergerak dan olahraga memungkinkan pelepasan endorfin penghilang stres dan meningkatkan keadaan emosional.

Karena alasan itulah, menggerakkan tubuh menjadi salah satu kunci menjaga kesehatan mental dan melawan emosi negatif seperti cemas, stres serta kesedihan. Mulai dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki dua kali seminggu atau melakukan peregangan setiap hari.

2. Dikelilingi Orang-orang Baik

article image

Image source: dreamstimes.com

Siapa yang selalu didekatmu ternyata memberikan pengaruh cukup besar. Terutama lingkungan keluarga, pertemanan, dan kantor.

Energi positif yang diperoleh dari lingkungan di sekitarmu termasuk orang-orang baik akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental. Berada di sekitar orang yang salah dapat berkontribusi pada penyakit mental dan juga mengundang masalah tambahan dalam hidup.

Jika kamu ingin memastikannya perasaanmu saat bersama orang-orang disekitar, kamu cukup bertanya pada diri sendiri. Apakah orang-orang di sekitar mu menginspirasi atau malah menguras energi? Apakah mereka men-support atau justru menjatuhkan. Pertanyaan itu akan menentukan arah pertemananmu selanjutnya.

3. Utamakan Kebahagiaan Diri Sendiri

article image

Image source: quoteskeren.com

Membahagiakan orang lain tidak ada salahnya, namun mengutamakan diri sendiri juga perlu jadi prioritas. Memuaskan orang lain saja tidak dapat membuat kamu bahagia. Terkadang kamu perlu memikirkan kesenanganmu tanpa peduli dengan omongan orang.

Kesehatan mental mu bisa terganggu karena kamu sibuk memprioritaskan orang lain. Padahal semua hal dalam hidup harus seimbang termasuk kebahagiaanmu.

4. Cukup Tidur

article image

Image source: unsplash.com

Sama seperti olahraga, salah satu yang juga penting menjaga kesehatan dan keseimbangan kita adalah dengan beristirahat dengan cukup. Apalagi tidur malam. Saat kamu tidur otak dan tubuh mendapatkan penyegaran dan bisa merefresh ulang organ-organ lainnya.

Menurut National Institutes of Health, tidur adalah kebutuhan paling umum untuk menjaga fungsi psikologis. Secara konsisten jika kamu mendapatkan kualitas tidur yang baik dan sehat makan peningkatan fungsi belajar dan memori pun semakin baik. Keduanya akan berdampak pada kesehatan mental.

5. Buat Jurnal

article image

Image source: writingfoward.com

Ini adalah cara lama, namun masih sangat efektif untuk mengatur emosi. Kamu bisa tulis apa saja yang kamu pikirkan dan alami setiap harinya. Proses ini bersifat terapeutik dan dapat membantu seseorang memproses emosi.

Menulis jurnal tidak hanya dapat menghilangkan stres namun juga memungkinkan kamu untuk merefleksikan diri. Kamu akan takjub saat melihat seberapa banyak yang kamu pelajari dari membaca jurnalmu sendiri.

6. Kurangi Kebiasaan Buruk

article image

Image source: brainfacts.org

Kebiasaan buruk dapat benar-benar mendatangkan malapetaka pada kesehatan mental. Terkadang kepuasan jangka pendek tidak sebanding dengan konsekuensi buruk dalam dirimu.

Menghilangkan kebiasaan buruk memang susah pada awalnya, namun kamu dapat berterima kasih pada diri sendiri nanti ketika kesehatan mental mulai membaik.

7. Menyibukkan Diri dengan Hobi Baru

article image

Image source: lifehack.com

Melakukan hobi baru juga terbukti efektif untuk menjaga kesehatan mental. Idealnya hobi harus menjadi sesuatu yang kamu nikmati dan dapat dilakukan secara reguler. Kamu bisa melakukan hobi itu bersama teman atau pun secara mandiri.

8. Makan Makanan Sehat

article image

Image source: eatthis.com

Pola hidup termasuk makanan juga memiliki pengaruh dalam kesehatan mental. Karbohidrat dapat meningkatkan hormon yang membangun suasana hati yang lebih positif. Karbohidrat termasuk sayuran dan buah dapat meningkatkan sel tubuh yang nantinya diubah menjadi energi positif.

Sedangkan protein membantu meningkatkan kinerja otak untuk selalu waspada. Kombinasi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mental. Dan satu lagi, pasokan lemak yang cukup dari ikan dan kacang-kacangan akan menyeimbangkannya.

Sekarang saatnya kamu peduli dengan kesehatan mental dan menjaganya tetap baik. Mulai dengan 8 hal sederhana di atas. Lakukan ini juga untuk orang lain di sekitarmu.

Malls

Articles

featured image source: aaghaz.netlify.app