Merawat Sepatu

Sepatu merupakan salah satu barang personal yang perawatannya kerap dikesampingkan. Padahal, sepatu memiliki peran yang sangat penting melindungi kaki kita.

Ketika kita merawat sepatu dengan baik, maka sepatu pun akan lebih awet dan tetap terlihat menarik saat digunakan. Dan berikut tips merawat sepatu agar awet dan tidak mudah rusak.

1. Semprot Sepatu dengan Cairan Anti Air

article image

Image source: timesofindia.com

Cara ini dapat membuat permukaan sepatu lebih awet dan tidak mudah rusak ketika terkena hujan.

2. Hindari Tempat Lembab

article image

Image source: permanentstyle.com

Sepatu tidak menyukai kelembaban. Ruang penyimpanan sepatu yang lembab menyebabkan pertumbuhan bakteri yang dapat merusak sepatu.

Ada baiknya menggunakan pengering seperti silika atau gel lain agar kelembaban sepatu tetap terjaga dan terhindar dari bakteri. Jika kamu tidak memiliki silika alternatif lain bisa menggunakan koran dan menggantinya setiap minggu.

3. Bersihkan Sepatu dari Debu

article image

Image source: style.com

Tidak disarankan memakai sepatu yang sama secara terus-menerus. Mengapa? karena kamu harus memberi kesempatan untuk sepatu dibersihkan dan diistirahatkan.

Debu yang banyak menempel pada sepatu dapat menyebabkan hilangnya warna alami dari sepatu. Lambat laun sepatu akan cepat terlihat usang.

Cobalah untuk rajin membersihkan sepatu dan simpan sepatu dengan aman jauh dari sandal rumah yang biasa digunakan untuk menerjang debu. Tempat terbaiknya adalah lemari sepatu.

4. Jauhkan dari Sinar Matahari Langsung

article image

Image source: runnerworld.com

Panas matahari yang extrem atau bahkan hanya pantulan sinar matahari langsung dapat menyebabkan pembusukan. Sinar matahari langsung juga dapat merusak warna sepatu dan dapat menurunkan keelastisan sepatu.

5. Jangan Biarkan Orang Lain Meminjam Sepatumu

article image

Image source: stylist.com

Mungkin kamu sangat berhati-hati saat menggunakan sepatu, namun bagaimana dengan orang lain? Belum lagi jika orang yang kamu pinjami membawa sepatumu ke medan yang penuh pasir atau lumpur.

6. Jangan Injak Bagian Tumit Sepatu

article image

Image source: bobo.id

Menginjak bagian tumit sepatu saat menggunakannya adalah salah satu cara memperpendek umur sepatu. Lepaskan ikatan sepatu dan masukkan kaki secara perlahan ketimbang harus menginjaknya. Kalau terlalu malas, kamu bisa memanfaatkan sendok sepatu.

7. Bersihkan Bagian Dalam Sepatu

article image

Image source: wikihow.com

Ini sangat penting jika kamu tidak mau sepatu menjadi bau. Usap dengan alkohol atau setetes minyak tea tree, atau antijamur. Berhati-hatilah untuk tidak memercik agar tidak menodai kulit.

8. Jangan Simpan di Kotak Plastik

article image

Image source: luxooryo.com

Sepatu membutuhkan sirkulasi udara yang baik dan kotak sepatu berbahan plastik tidak bisa memberikan sirkulasi tersebut. Lebih baik kamu menyimpannya dari tas yang terbuat dari bahan breathable fabric.

Dengan cara di atas, sepatu akan lebih awet dan tidak murah rusak.

Malls

Articles

Featured Image Source: derimarket.net