Tips Sahur Agar Tidak Mudah Lemas

Sepanjang bulan Ramadhan, Muslim di seluruh dunia diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya, di bulan yang istimewa ini pola makan menjadi berbeda dari biasanya.

Seseorang hanya bisa makan dan minum diantara dua waktu yang sudah ditentukan, yaitu pada waktu matahari terbenam sampai waktu fajar yang ditandai dengan adzan subuh.

Sekitar 14 jam sisanya, seseorang akan menahan diri dari lapar dan dahaga. Dalam kondisi seperti itu tubuh menjadi mudah lemas untuk beraktivitas. Oleh karenanya, sangat penting untuk mengatur dan memilih jenis makanan pada saat sahur.

Nah, berikut ini ada 5 tips supaya tubuh kita tidak mudah lemas selama berpuasa seharian. Yuk, langsung simak informasinya!

1. Memilih Karbohidrat Kompleks

article image

Image source: health.detik.com

Sumber makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks tidak mudah diurai. Hal ini akan membuat proses pelepasan energi berangsur secara perlahan. Dengan begitu, tubuh kita akan merasa kenyang lebih lama dan tidak gampang lemas ketika berpuasa.

Adapun jenis-jenis makanan yang menjadi sumber karbohidrat kompleks yaitu gandum utuh, sayuran hijau, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Pastikan kamu memilih jenis makanan tersebut sebagai menu sahur.

2. Menambah Pasokan Air

article image

Image source: Medical News Today

Minum air putih merupakan cara terbaik untuk tetap menghidrasi tubuh selama berpuasa. Meskipun kebutuhan setiap orang berbeda-beda, pada dasarnya orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi air putih sekitar 1,8 liter sampai 2 liter setiap harinya.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan selama menjalani ibadah puasa, kamu bisa menerapkan pola minum 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas pada saat sahur.

Selain itu, sebaiknya hindari minuman-minuman yang bersifat diuretik seperti kopi, teh, atau minuman soda karena bisa membuat tubuh mengeluarkan cairan lebih cepat.

3. Konsumsi Protein

article image

Image source: Scientificamerican.com

Ketika santap sahur, sebaiknya tetap penuhi kebutuhan gizi, utamanya protein. Di antara jenis-jenis makanan sumber protein, telur sangat disarankan untuk dijadikan sumber protein selama berpuasa karena bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Kamu bisa mengkombinasikan telur orak arik dengan bayam untuk memperoleh protein dan serat dalam satu porsi sekaligus. Selain telur, yogurt Yunani juga bisa dijadikan sumber protein lainnya. Yogurt ini bukan hanya mengandung protein, melainkan juga terdapat probiotik yang baik untuk pencernaan.

4. Santap Sahur Menjelang Waktu Imsak

article image

Image source: Harianhaluan.com

Selama bulan Ramadhan, sebagian orang lebih memilih untuk sahur lebih awal. Namun, cara ini sebetulnya kurang tepat jika ingin lebih bertenaga selama berpuasa.

Menurut pendapat ahli, memberikan durasi jeda yang terlalu lama membuat makanan dicerna lebih awal. Semestinya tubuh harus tetap mendapat energi sampai menjelang waktu berbuka.

Namun, sebaiknya diperhatikan agar santap sahur tidak terlalu mepet dengan waktu imsak. Siapkan makanan sejak malam hari, dan santap sahur 10 menit sebelum waktu imsak.

5. Konsumsi Buah

article image

Image source: Mommychi.co.id

Mengonsumsi buah-buahan sangat dianjurkan saat sahur. Selain bisa memenuhi kebutuhan gizi, buah-buahan juga akan memberikan pasokan energi untuk berpuasa. Namun, ada satu jenis buah yang bisa menjadi pilihan terbaik, yaitu alpukat. Alpukat mengandung lemak tak jenuh dan serat. Buah ini bisa membuat tubuh kenyang lebih lama, terlebih, ada banyak kreasi hidangan yang bisa dibuat dari alpukat.


Demikianlah 5 tips sahur agar tubuh tidak mudah lemas. Simak juga informasi dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia!

Malls

Articles

Featured image source: bhg.com