Articles

## Tradisi Unik Puasa di 7 Negara di Dunia

Ramadhan bukan selalu soal ibadah, melainkan juga soal menjalankan tradisi. Di Indonesia, hampir tiap daerah dengan mayoritas warga muslim memiliki tradisi menyambut Ramadhan atau tradisi yang biasa dijalankan selama bulan suci ini. Masyakarat Jawa biasanya pergi berziarah mengunjungi makam sebelum berpuasa. Masyarakat Pekanbaru pun menjalankan tradisi Petang Megang atau mandi besar di Sungai Siak. Bagaimana dengan tradisi bulan puasa yang ada di negara-negara di dunia? Berikut rangkuman 7 tradisi puasa di dunia paling unik dan menarik:

Sebelum lanjut, ada baiknya kamu cek rekomendasi kupon menarik yang bakal bikin kamu makin irit!

Dan jangan lupa, di Gotomalls kamu juga bisa isi pulsa kapan dan dimana saja. Klik link di bawah ini untuk isi pulsa instant!

Arab Saudi

article image

Image credit: dreamstime.com

Arab Saudi bisa dibilang sebagai pusatnya umat muslim di dunia. Negara Timur Tengah ini memiliki sebuah meriam di Makkah Al-Mukarramah yang khusus dinyalakan sebagai tanda masuknya bulan Ramadhan. Meriam ini juga akan dinyalakan sebagai tanda waktu sahur, imsak, berbuka, serta tanda masuk 1 Syawal dan berakhirnya Ramadhan. Meriam ini merupakan pengganti suara bedug yang biasa dibunyikan pada hari-hari biasa. Selama Ramadhan, meriam ini diletakkan di salah satu bukit di Gunung Meriam. Setelah Ramadhan, meriam tersebut dikembalikan ke Aziziyah dan disimpan hingga Ramadhan berikutnya.

Tradisi puasa unik di Arab Saudi tak hanya menyalakan meriam saja. Warga asli Arab Saudi juga menjunjung tinggi tradisi Siqaya yaitu menawarkan minuman kepada peziarah, tamu, maupun pengunjung Masidil Haram di Mekah dan Masjidil Nabawi di Madinah. Selain itu, menjelang waktu berbuka, biasanya akan digelar alas meja sepanjang 12.000 meter di area Masjidil Haram. Hidangan berbuka puasa ditata rapi di atas alas meja tersebut. Setiap hari selama puasa, pemerintah Arab Saudi dan para donator menggelontorkan dana sekitar setengah juta riyal atau setara dengan 1.2 Miliar untuk mengadakan buka bersama besar-besaran tersebut. Angka yang fantastis ya!

Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah. Yuk lengkapi moment ramadanmu dengan produk-produk pilihan versi Gotomalls berikut ini.
Cek produknya dengan mengklik link di bawah.

Products

Mesir

article image

Image credit: newsweekme.com

Penduduk Mesir menyambut Ramadhan dengan memasang lampu fanous di luar rumah. Jual beli lampu fanous sebelum Ramadhan layaknya jual beli aksesoris Natal sebelum hari raya tiba. Lampu gantung ini juga dikenal masyarakat setempat sebagai lentera Ramadhan. Lampu ini sebagai simbol sumber cahaya kehidupan manusia. Sinar lampu diibaratkan petunjuk bagi umat muslim untuk mengawali langkah menuju jalan taqwa atau jalan yang lebih terang.

Penduduk Mesir biasanya menyantap hidangan khusus bernama Kunafa selama bulan Ramadhan. Makanan yang terbuat dari tepung, kelapa, madu, dan kacang-kacangan ini dipercaya telah ada di Mesir sejak tahun 1250 M. Selain Kunafa, makanan lain yang biasa dikonsumsi penduduk Mesir saat Ramadhan adalah Qatayef yaitu kue sederhana berisi kacang dan kelapa berbalut madu.

India

article image

Image credit: siddiqbasid.com

Meski bukan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, suasana Ramadhan di India tetap semarak. Ramadhan di India dikenal dengan nama Ramazan. Setiap umat muslim berbondong-bondong membersihkan rumahnya menjelang bulan suci. Sementara itu, tradisi uniknya justru dilakukan olah umat muslim pria di India. Mereka biasanya akan menghias mata dengan kohl, sejenis pensil alis dari India.

Selain itu, hidangan untuk santap sahur dan berbuka di India juga cukup unik. Penduduk muslim India biasa berbuka dengan harir, minuman yang terbuat dari campuran kacang-kacangan. Hidangan khususnya bernama ganghui, yaitu sup yang terbuat dari terigu, beras, dan potongan daging.

Bangladesh

article image

Image credit: themuslimtimes.info

Tradisi puasa di Bangladesh cukup berbeda. Warga Bangladesh memanfaatkan momen Ramadhan untuk membaca buku-buku agama lebih sering. Tak heran jika banyak pameran buku agama digelar menjelang bulan Ramadhan. Selain itu, masjid-masjid besar juga sering mengadakan kajian atau diskusi keagamaan. Ini dilakukan untuk menambah pemahaman umat muslim di Bangladesh tentang agama dan kitabnya.

Tradisi puasa lain yang digelar di Bangladesh adalah festival jajanan di pinggir jalan raya dan lapangan. Mirip dengan festival jajanan yang ada di Indonesia, tetapi sajian makanannya berbeda. Makanan paling populer untuk berbuka bernama Pijavu, yaitu sejenis kacang yang dicampur dengan bumbu bawang dan bubuk kacang.

Tiongkok

article image

Image credit: lifestyle-indonesia.com

Siapa bilang kalau di Tiongkok tidak ada umat muslim? Tiongkok memiliki wilayah Kashgar yang mayoritas penduduknya beragama islam. Untuk menyambut bulan Ramadhan, warga muslim Kashgar biasa menjalankan tradisi Muqam. Tradisi ini merupakan tari-tarian dan nyanyian sebagai bentuk rasa syukur karena dipertemukan kembali dengan bulan puasa.

Mauritania

article image

Image credit: pinterest.com

Mauritania merupakan negara kecil yang terletak di pesisir Atlantik. Negara Islam yang terletak di sebelah Barat Laut Afrika ini juga memiliki tradisi khusus menjelang Ramadhan. Tiap warga muslim di Mauritania akan menyambut bulan suci dengan berkunjung ke setiap rumah di wilayahnya dan minum sejenis teh hijau bersama. Tradisi ini dilakukan sebagai dakwah demi menyebar semangat berpuasa bagi warga muslim di sana.

Liberia

article image

Image credit: Shutterstock/Anton Ivanov

Warga muslim di Liberia menyambut Ramadhan dengan memainkan berbagai peralatan musik tradisional mereka. Denting dan suara indah yang dihasilkan oleh alat musik kayu dari Liberia ini menjadi penanda tersendiri masuknya bulan Ramadhan. Uniknya, Liberia juga memiliki tradisi membangunkan sahur. Tata cara membangunkan sahur di Liberia tidak seperti di Indonesia. Warga muslim di suatu wilayah akan menunjuk satu orang sebagai Papall yang bertugas membangunkan sahur. Papall bertugas mulai pukul tiga pagi. Ia akan menyanyikan lagu religi lokal dan berhenti di depan rumah tiap warga muslim hingga mereka terbangun. Menarik, kan?

Ternyata hampir tiap negara mempunyai tradisi puasa yang unik ya? Menurut Anda, manakah tradisi puasa di dunia yang paling menarik? Kunjungi GoToMalls dan cari tahu rekomendasi agen perjalanan yang bisa membantu menyusun perjalanan Anda kali ini. GoToMalls adalah aplikasi berbasis website yang memberikan informasi diskon, promosi, voucher, merchant, dan event paling up-to-date khusus untuk Anda!

Malls


Brands


Articles