Trik Menghasilkan Uang Lewat Hobi

Kehilangan pekerjaan, pemasukan menurun drastis, hingga sulitnya memenuhi kebutuhan hidup, menjadi cerita-cerita lumrah yang bergaung di sekeliling kita selama pandemi ini.

Orang-orang menempuh berbagai upaya untuk keluar dari situasi sulit ini, termasuk dengan mengandalkan keahlian dan hobinya masing-masing. Ini salah satu cara paling menyenangkan untuk menghasilkan pendapatan.

Meski begitu, ada strategi khusus yang perlu diperhatikan jika ingin menghasilkan uang lewat hobi. Simak baik-baik, ya!

1. Kembangkan Hobi Secara Profesional

article image

Image source: mikeshouts.com

Pertama-tama, pastikan kamu siap untuk berkarya secara profesional. Bukan berarti harus benar-benar mahir. Dalam hal ini, kamu perlu yakin bahwa apa yang kamu berikan akan bermanfaat dan sesuai dengan ekspektasi pasar.

Memang akan lebih baik lagi jika keahlianmu sudah di atas rata-rata. Tapi, urusan ini bisa 'diasah' sambil jalan. Poin pentingnya adalah 'permintaan', karena apa yang kita lakukan tidak lagi sekadar hobi, melainkan produk usaha.

2. Buat Portofolio yang Menarik & Menjual

article image

Image source: weandthecolor.com

Mengingat sumber penghasilan dari hobi sangat bergantung dari skill dan hasil pekerjaan, maka penting sekali untuk memiliki portofolio yang menarik. Portofolio bisa sangat mempengaruhi keputusan calon customer untuk membeli produk/jasa kamu.

Misalnya, jika kamu berencana menjual jasa melukis sketsa lewat media sosial, buatlah posting-an khusus berisi contoh-contoh hasil lukisan yang kamu buat. Cantumkan testimoni dan beri watermark untuk menandai hasil karyamu.

3. Temukan USP (Unique Selling Point)

article image

Image source: Glints.com

USP (Unique Selling Point) adalah keunikan tersendiri yang membedakan bisnis kamu dengan kompetitor lain di bidang serupa. Entah itu dari segi pelayanan, produk/jasa, atau bisa juga dari model bisnisnya itu sendiri.

Bagaimana cara menemukan keunikan tersebut?

Pertama, cari tahu apa yang diinginkan oleh target konsumen. Pastikan untuk memahami secara mendalam terkait hal ini.

Kedua, lakukan evaluasi untuk mengetahui keunggulan bisnis kita dibanding para kompetitor. Terakhir, cari tahu juga keunggulan bisnis kompetitor.

Dengan memetakan tiga hal tersebut, kamu bisa mengetahui lebih jauh seputar keunikan dan keunggulan bisnis. Pastikan keunikan tersebut memang menguntungkan, dan pertahankan secara konsisten.

4. Buat Promo Khusus Untuk Pembelian Pertama

article image

Image source: productmanagementfestival.com

Saat baru memulai, sebaiknya prioritaskan jumlah transaksi alih-alih langsung menargetkan jumlah cuan. Semakin banyak jumlah transaksi, maka semakin kuat pula brand kamu untuk menarik minat pembeli. Nah, jika transaksi dalam periode waktu tertentu sudah semakin meningkat, barulah rencanakan target penjualan.

Bagaimana caranya agar jumlah transaksi meningkat?

Salah satu cara jitu yang bisa kamu coba adalah dengan membuat penawaran atau promo khusus untuk pembelian pertama. Berikan keuntungan lebih berupa bonus dan sebagainya, tanpa harus membanting harga .

Ingat, jika kamu terlibat dalam dunia usaha, ikuti harga pasar yang berlaku. Membanting harga terlalu jauh bisa merusak harga pasar dan merugikan semua pelaku usaha yang terlibat, termasuk kita sendiri.

5. Gunakan Strategi Pemasaran

article image

Image source: Unsplash.com

Perkembangan usaha bisa dipengaruhi banyak hal, salah satu yang paling menentukan adalah strategi pemasaran. Maka dari itu, jangan anggap remeh strategi pemasaran meskipun baru pemula.

Tidak ada aturan baku untuk menerapkan strategi pemasaran. Apalagi, saat ini sudah tersedia banyak saluran dan layanan pemasaran yang bisa diakses lewat gadget.

Beberapa strategi yang bisa kamu coba yaitu dengan memanfaatkan mesin pencari, memasang iklan di media sosial (terutama Facebook & Instagram), memaksimalkan konten, hingga menyewa jasa influencer/KOL.

Jangan khawatir jika strategi yang kamu tempuh gagal atau hasilnya kurang maksimal, hal itu wajar dialami semua bisnis. Kamu bisa coba strategi baru yang lebih cocok.

Demikianlah trik menghasilkan uang lewat hobi, selamat mencoba!

Simak terus update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: travelmamas.com