Hal-Hal yang Perlu Diketahui Untuk Menjadi Wanita Milenial Ala Kartini Masa Kini

Ibu Raden Adjeng Kartini, sosok wanita berpengaruh dalam sejarah bangsa yang memelopori kebangkitan emansipasi kaum wanita di Bumi Nusantara. Kontribusinya dalam memperjuangkan kesetaraan hak gender sangat besar bagi kehidupan wanita masa kini. Beliau merupakan sosok inspiratif dan sudah dianggap sebagai simbol emansipasi bagi para wanita modern.

Kartini menempuh perjalanan pelik sebelum mencapai tujuannya. Banyak cobaan dan rintangan yang datang silih berganti hingga menempa dirinya menjadi wanita yang tangguh dan mandiri, tanpa perlu bergantung pada orang lain.

Sudah sepatutnya kaum wanita mengapresiasi perjuangan beliau dan menjadikannya sebagai role model. Banyak sumber pelajaran yang bisa dipetik dari riwayat hidupnya, seperti 7 hal berikut ini:

Ingin Perubahan? Edukasi Diri dan Kembangkan Skill

article image

Image source: hipwee.com

Salah satu hal terbesar yang dilakukan Kartini dalam perjuangannya adalah mengedukasi para wanita agar mereka bisa mengembangkan suatu keahlian. Sudah menjadi rahasia umum jika wanita pribumi pada masa itu diperlakukan berbeda dari laki-laki, terutama dalam hal pendidikan.

Perubahan besar terjadi setelah para wanita mulai teredukasi dan memiliki keahliannya masing-masing. Inilah alasannya mengapa edukasi itu sangat penting jika ingin melakukan perubahan. Tanpa pengetahuan dan keahlian, perubahan itu sama saja dengan mimpi di siang bolong!

Baca Buku, Syarat Wajib Menjadi Perempuan Cerdas

article image

Image source: blibli.com

“Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya” – R.A Kartini

Hal ini berlaku untuk semua gender; jika ingin memperluas cakrawala pikiran, literasi adalah syarat mutlak untuk dipenuhi. Hanya melalui pikiran yang terbuka seseorang bisa mendapat pencerahan. Tanpanya, kita tidak akan pernah benar-benar memahami esensi dari suatu pengetahuan.

Kartini hidup pada masa-masa ketika perempuan hidup dalam sebuah “kandang”. Semuanya serba diatur, tidak seperti sekarang, perempuan punya kebebasan untuk melakukan apa yang dia suka dan bisa memilih jalan hidupnya sendiri. Kenapa bisa seperti ini? Tentu saja karena perempuan sudah dicerdaskan, cakrawalanya sudah diperluas. Bagaimana caranya? Baca buku. Cuma ini syaratnya.

Terlalu Banyak Menuntut Hanya Akan Berujung Kecewa

article image

Image source: narada.id

Pahamilah bahwa dunia ini tidak akan selalu berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Menjadi wanita modern dengan segala privilege-nya memang sering membuat lupa dengan realita hidup yang tidak dirancang untuk menjadi sempurna.

Mungkin ada beberapa orang di sekeliling kita yang mempunyai sifat kurang menyenangkan, mungkin pula ada peraturan-peraturan yang dirasa tidak sesuai dengan prinsip dan idealisme kita, atau misalnya ada kejadian-kejadian sial di mana kita tidak bisa berbuat banyak. Semua itu merupakan sebuah keniscayaan dalam hidup, dan siapa pun tidak bisa menyangkal kenyataannya.

Jika kamu terlalu memaksakan kehendak dan menuntut agar semuanya berjalan sesuai standar, kamu akan berakhir kecewa, karena tidak ada realitas yang dirancang untuk menjadi sempurna. Lapangkan hati, belajar ikhlas, dengan begitu hidupmu akan lebih mudah.

Apa Tujuan Hidupmu?

article image

Image source: pymnts.com

Dengan mengetahui tujuan hidup, kamu tidak akan kebingungan untuk menentukan langkah, karena kamu sudah tahu ke mana arah yang harus dituju. Dan jika hidup membawamu pergi ke entah berantah, kamu akan tiba di tempat terbaik yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Kartini sebenarnya tidak berencana menjadi seorang pendidik, beliau justru bercita-cita menjadi seorang dokter. Meskipun mimpi itu tidak pernah terwujud, takdir mendatangkan sesuatu yang jauh lebih berarti.

Kegagalannya menjadi dokter pada akhirnya membawa nama R.A Kartini dikenang sebagai pahlawan kaum wanita di negeri tempatnya lahir.

Kecantikan Sejati Datang dari Hati, Bukan dari Skincare

article image

Image source: bunganusantara.com

Merawat kecantikan fisik memang penting, sangat penting. Tapi, segala kebaikan dan cinta kasih yang kamu idam-idamkan hanya akan datang jika hati dan pikiran selaras dengan kebaikan pula, tidak peduli apa pun jenis skincare yang kamu pakai.

Berpikir Jernih dan Menjaga Sikap Akan Menjauhkanmu dari Kehancuran

article image

Image source: tes.com

“Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.” - R.A Kartini

Setiap cobaan dan rintangan memang berpotensi untuk menjatuhkan. Tapi yang bisa memberikan dampak paling fatal justru berasal dari diri sendiri. Tidak jarang perempuan selalu menyalahkan pihak luar untuk setiap kesalahan dan kegagalan, tanpa menyadari bahwa pemicu utamanya berasal dari pikiran dan sikapnya sendiri.

Berpikir jernih dan menjaga sikap akan menjauhkanmu dari kehancuran sekaligus mendatangkan kebaikan. Hal ini berlaku dalam segala aspek, meliputi urusan bisnis, sosial, cinta, hingga relasi dengan diri sendiri.


Demikianlah enam hal yang perlu diketahui untuk menjadi wanita modern ala Kartini masa kini. Untuk mendapatkan informasi dan tips menarik lainnya, ikuti terus update-an artikel terbaru lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama di Indonesia dengan sejuta penawaran menarik untuk pengalaman belanja yang menyenangkan.

Malls

featured image source: instagram/therealdisastr/